Penyebab Setir Mobil Tidak Lurus: 6 Faktor Dan Perbaikan

Penyebab Setir Mobil Tidak Lurus - Ada banyak penyebab kemudi mobil tidak lurus yang penting dicurigai untuk jamin keselamatan saat berkendaraan. Lalu apa saja penyebab setir mobil tidak lurus?

Memang, mempunyai kendaraan individu benar-benar nyaman untuk melancong ke berbagai tujuan. Tidak perlu menanti, panas-panasan, atau berdempet-dempet dengan pemakai kendaraan umum lainnya.

Tetapi tentu saja ada usaha lebih yang perlu di kerjakan supaya kendaraan masih tetap pada keadaan yang sempurna dan selalu siap untuk dipakai. Misalkan untuk bawa mobil secara periodik ke bengkel. Bila tidak begitu, bakal ada sisi mobil yang aus karena dipakai terus-terusan dan mengakibatkan akan mengusik keselamatan.

Satu diantaranya adalah aus yang terjadi di bagian yang terkait dengan kemudi mobil. Maka dari itu sisi kemudi dan kaki-kaki mobil yang aus tidak bisa dipandang sepele. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab setir mobil tidak lurus dan cara memperbaikinya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

penyebab setir mobil tidak lurus

Penyebab Setir Mobil Tidak Lurus

Berikut adalah beberapa penyebab setir mobil tidak lurus yang penting dicurigai supaya tidak terjadi diantaranya yaitu:

1. Keadaan Jalan yang Hancur

Penyebab pertama setir mobil tidak lurus yaitu jalan yang jelek. Saat Anda berkendaraan di jalanan, tidak bisa disangkal ada banyak yang keadaannya sangat jelek. Banyak lubang, jalanan tidak rata, dan lain-lain. Kendaraan yang meluncur pada jalan semacam ini dapat membuat sisi rak steer aus.

Rak steer sendiri adalah satu bagian utama yang menyambungkan kemudi dengan sisi kaki-kaki mobil. Saat rak steer aus, kemudi mobil dapat benar-benar susah untuk dikontrol jadi lurus.

2. Mengerem saat tidak Dibutuhkan

Selain itu penyebab setir mobil tidak lurus yaitu selalu mengerem. Terkait dengan point awalnya, rak steer dapat aus saat mobil terus meluncur kuat ketika berada lubang. Walau sebenarnya semestinya Anda coba mengerem supaya mobil meluncur perlahan saat melalui jalanan yang berlubang. Tidak cuma rak steer yang hendak aus saat Anda terus menerobos jalan berlubang, sisi mesin yang lain bisa juga aus, bahkan juga hancur.

3. Jarang Spooring

Jarang sporing juga dapat menjadi faktor penyebab setir mobil tidak lurus. Kemudi mobil yang tidak lurus dapat disebabkan karena Anda jarang-jarang membawa ke bengkel sah untuk lakukan service. Saat mobil diservis, semua sisi pasti dilihat, terhitung sisi kaki-kaki mobil. Tapi pikirkan bila Anda tidak membawa ke bengkel, kaki-kaki mobil yang semestinya dispooring malah jadi tidak terurus dan akan beresiko saat berkendaraan.

Spooring sendiri memiliki arti proses rekonsilasi ulangi roda-roda mobil, supaya kembali lagi ke penataan pabrik. Ini dilaksanakan untuk kembalikan beberapa sudut roda yang mulai berbeda karena penggunaan yang kerap.

4. Menyusutnya Cairan pada Power Steering

Selain itu cairan yang kurang dapat menjadi penyebab setir mobil tidak lurus. Power steering adalah sistem yang bermanfaat menolong Anda dalam berbelokkan kemudi secara nyaman dan gampang.

Untuk lakukan ini, power steering membutuhkan cairan yang hendak memberi penekanan pada piston dalam rak dan pinion. Saat cairan menyusut, karena itu penekanan yang diberi akan makin sedikit atau menurun. Mengakibatkan kemudi mobil jadi tidak dapat lurus sesudah dibelokkan.

5. Memakai Suku Cadang Tidak Orisinal

Untuk berkendaraan pada keadaan yang aman, tiap sisi mobil perlu memakai suku cadang asli. Saat ada banyak sisi yang ditukar karena hancur tapi dengan suku cadang yang tidak asli, kemungkinan bisa terjadi malfungsi. Memang, wujud suku cadang tidak asli dan yang asli kelihatan persis sama.

Tetapi pada pemakaiannya, suku cadang asli akan memberi kualitas yang lebih bagus dibanding yang tidak asli. Tidak bingung kemudi mobil Anda tidak dapat kembali lurus bila ada sisi kemudi dan kaki-kaki mobil yang memakai suku cadang tidak asli.

6. Sudut Caster Berbeda

Penyebab terakhir setir mobil tidak lurus adalah sudut caster yang berbeda. Sudut caster tentukan keringanan dalam arahkan roda kemudi dan kestabilan kendaraan. Saat sudut ini berbeda, sudah pasti kemudi mobil jadi tidak dapat lurus kembali.

Sudut ini penting karena sudut ini adalah ukuran jarak ke belakang dan ke depan sumbu kemudi pada sumbu vertikal. Sumbu itu menyambungkan titik pivot bawah dengan atas, dan membuat sudut dengan garis vertikal yang melalui titik pivot bawah.

Cara Memperbaiki Setir Mobil Tidak Lurus

Selain penyebab setir mobil tidak lurus juga perlu diketahui cara memperbaiki setir mobil tidak lurus. Banyak hal yang pantas jadi perhatian supaya status kemudi selalu pada kondisi oke dan lurus. Tentunya akan menggelisahkan saat berkendara mobil Anda, kemudi berasa lari ke kanan dan ke kiri. Keadaan kemudi memberikan indikasi jika keausan pada tiap ban tidak rata, dan dibarengi dengan tanda-tanda getaran pada permukaan ban.

Saat sebelum lakukan pengujian melalui alat, saksikan kembali data dan spesifikasi spooring dari tiap manufacturing kendaraan, alat spooring yang sudah dikalibrasi, pakai alat pengukuran ban, lihat detail ban, kerjakan balancing, check tie rod dan ball joint. Berikut cara memperbaiki setir mobil tidak lurus:

1. Data spooring dari manufacturing kendaraan.

Untuk pastikan supaya hasil spooring prima. Saat sebelum pembuatan itu dilaksanakan perlu meminta mekanik spooring untuk menginput angka data spooring yang dapat diperoleh dari tiap manufacturing kendaraan ke piranti alat spooring. 

Dengan proses tersebut bisa menjadi patokan jika hasil spooring-nya juga lebih tepat. Ini karena angka spesifikasi spooring pada tiap kendaraan sudah disamakan dengan konstruksi dan susunan design di bagian kemudi di mobil Anda. Bila hal itu telah dilaksanakan, biasanya pembuatan spooring bisa dituntaskan dalam saat yang relatif pendek.

2. Check keadaan kaki - kaki.

Yakinkan keadaan kaki - kaki seperti tie rod, ball gabung dan link stabilizier pada keadaan yang prima. Tanda-tanda kerusakan di bagian itu bisa teridentifikasi dari ikut terdengar suara kasar saat melewati keadaan permukaan yang tidak rata ataupun waktu mendongrak mobil Anda lalu pergerakan status roda depan atas dan ke bawah. 

Apabila ada yang goyang maka dapat dipastikan terjadi kerusakan. Bila proses pembuatan spooring sudah dilaksanakan sama sesuai proses, tetapi status kemudi masih tetap tidak lurus pada permukaan jalan yang tidak rata. Karena itu check kembali keadaan kaki - kaki pada mobil Anda.

3. Detail ban.

Bila berpikir untuk menukar ban, sebaiknya Anda harus mengenal calon ban yang hendak dibeli tidak berarti ban yang dipampang maupun yang hendak dibeli. Tidak berarti ban yang dipampang maupun yang hendak dibeli betul - betul baru, tetapi saksikan dahulu code tanggal produksinya. Sebagai contoh C4304. Untuk 4 digit paling akhir memiliki kandungan arti, 43 = minggu ke-43, 04= tahun 2004. Disamping itu Anda harus ketahui spesifikasi mobil Anda.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab setir mobil tidak lurus dan cara memperbaikinya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Setir Mobil Tidak Lurus: 6 Faktor Dan Perbaikan"