Cara Servis Mesin Diesel Dongfeng: 11 Cara Dan Ulasan

Cara Servis Mesin Diesel Dongfeng - Terdapat beberapa langkah atau cara yang dapat dilakukan untuk men servis mesin diesel dongfeng. Walaupun secara mekanisme sebenarnya sama dengan mesin diesel yang lain. Lalu bagaimana cara servis mesin diesel dongfeng?

Triknya benar-benar sangat gampang dan dapat dilaksanakan sendiri bila sudah mengetahui mekanisme kerja dari beberapa bagian mesin diesel dongfeng itu. Hal yang terpenting saat sebelum lakukan pembaruan pada mesin diesel dongfeng yakni mengecek lebih dulu keadaan mesin diesel. Supaya bisa ketahui sisi mana yang memiliki masalah pada mesin diesel dongfeng itu dan tidak ada kekeliruan dalam melakukan perbaikan.

Mesin diesel dongfeng adalah mesin diesel rakitan china yang sangat terkenal di kelompok industri permesianan. Mesin diesel ini lebih banyak dipakai untuk beragam jenis tugas. Misalkan di bagian pertanian, perkapalan, project industri, dan beberapa macam usaha yang lain yang mengimplementasikan mesin diesel untuk sumber pendorong mesin.

Pemakaian mesin diesel yang terus-terusan sebagai mesin pendorong harian, makin lama pasti ada permasalahan pada mesin diesel itu. Berlainan bila kita lakukan servis secara benar dan teratur periodik pada mesin diesel itu, karena itu peluang mesin diesel dongfeng itu akan terbebas dari persoalan yang serius dan tentu saja lebih berusia panjang dibanding dengan mesin diesel yang tak pernah dirawat

Karena itu, kesempatan ini akan merinci mengenai bagaimana cara lakukan servis yang betul pada mesin diesel dongfeng. Ada banyak tingkatan yang penting dilaksanakan saat lakukan servis pada mesin diesel dongfeng. Untuk lebih jelasnya terkait cara servis mesin diesel dongfeng akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara servis mesin diesel dongfeng

Cara Servis Mesin Diesel Dongfeng

Saat melakukan proses servis pada mesin diesel, keselamatan dan kenyaman kerja harus betul-betul jadi perhatian supaya tidak ada persoalan yang bisa bikin rugi diri sendri atau lingkungan disekitaran. Yakinkan memakai perlengkapan standar dan masih berperan secara baik. Gunakanlah perlindungan keamanan kerja secara benar dan selalu prioritaskan keselamatan kerja.

Disamping itu, kita perlu memerhatikan lingkungan disekitaran tempat kerja, bila dalam ruangan tertutup, yakinkan ada sirkulasi udara yang berperan secara baik, Karena gas tersisa pembakaran pada mesin diesel bisa berbahaya untuk kesehatan kita. Berikut cara servis mesin diesel dongfeng:

1. Kesediaan Bahan Bakar

Hal pertama kali cara untuk servis mesin dongfeng yakni mengecek tersedianya bahan bakar yang ada dalam tanki bahan bakar. Kemudian check saluran bahan bakar itu yang ke arah bospom (injection pump) dan nozzle (injector). Ke-2 elemen itu sebagai alat pemompa dan pentuplai bahan bakar ke ruangan pembakaran mesin diesel. Bila dalam saluran bahan bakar itu terjadi permasalahan, maka menyebabkan mesin diesel sulit dihidupkan.

2. Pengecekan Nozzle Dan Bosch Pump

Cara servis mesin diesel dongfeng yang kedua yakni memeriksa masing-masing keadaan dari nozzle dan bospom. Lakukan pengujian satu demi satu pada kudua elemen itu untuk ketahui apa masing-masing elemen masih bekerja yang baik atau mungkin tidak. Pastikan penekanan daripada bospom dan nozzle tidak memiliki masalah dan berperan dengan optimal.

3. Cek Tekanan Kompresi

Selanjutnya periksalah penekanan kompresi pada mesin diesel. Triknya yakni dengan memutar kutub engkol secara perlahan-lahan dan tekan decomp lever (choke). Selanjutnya bebaskan decomp lever bertepatan dengan melepas kutub engkol. Selanjutnya lihatlah penekanan yang terjadi saat melepas kutub engkol, bila perputaran mesin seakan ada penekanan balik saat di bebaskan kutub engkol dan decomp lever-nya, pertanda kompresi mesin diesel tersebut bagus. Kita bisa juga memakai alat ukur penekanan kompresi yang diletakkan pada lubang nozzle untuk mendapat hasil lebih tepat.

4. Cek Oli

Seterusnya check keadaan oli mesin masihkah bagus atau tidak pantas dan waktunya untuk ditukar. Check perputaran oli pelumas pada mesin diesel itu dengan menyaksikan apa tanda oli masih berperan atau mungkin tidak saat kutub engkol diputar. Membersihkan sisi filter oli dari kotoran supaya tidak menutup jalannya peredaran oli pelimas.

5. Cek Air Pendingin

Check keadaan air radiator atau hoper. Yakinkan tersedianya airnya memenuhi, karena bila air pendingin itu kurang atau sampai habis, karena itu bisa memunculkan permasalahan yang serius pada mesin diesel yakni mesin akan cepat panas dan lama-lama bisa menyebabkan mesin macet.

6. Membersihkan Filter

Membersihkan saringan atau penyaring udara pada aliran intake dan check keadaan knalpot mesin. Bila ke-2 aliran itu sampai itu oleh kotoran, karena itu bisa mengakibatkan mesin diesel sulit dihidupkan dan perform mesin akan turun.

7. Pembersihan Kerak

Bongkarlah sisi silinder head yang berada pada ujung mesin diesel. Membersihkan permukaan silinder head, sisi atas piston dan sisi depan silinder liner dari kotoran kerak akibatnya karena tersisa gas pembakaran mesin yang melekat pada pada beberapa bagian itu

8. Cek Klep

Check keadaan ke-2 katup/klep/valve pada silinder head. Bila dibutuhkan, kerjakan penyekiran pada klep itu supaya siting klep dan klep kembali rapat bila tutup. Dengan demikian, proses hidupkan mesin semakin lebih gampang dan perform mesin akan bertambah.

9. Cek ring Piston dan silinder

Check keadaan ring piston dan dinding silinder liner apa masing-masing sisi tersebut bagus atau telah aus. Untuk memeriksa keadaan silinder liner, kita dapat saksikan langsung atau meraba permukaan atasnya dengan tangan. Dan untuk mengecek keadaan ring piston yakni dengan menyaksikan dan menghitung sela ring piston saat di masukan ke silinder liner.

10. Cek Metal Jalan  

Check keadaan metal jalan, pen piston, dan stang piston. Jika keadaannya tidak pantas (rusak), karena itu seharusnya tukar sama yang baru supaya perform mesin lebih optimal.

11. Cek Bearing

Cara terakhir untuk servis mesin diesel dongfeng yaitu cek bearing. Check keadaan main bearing masihkah bagus atau mungkin tidak. Check oil seal kruk as dan semua packing adakah kebocoran oli mesin atau mungkin tidak. Bila ada serapan oli pelumas keluar, karena itu lakukan pergantian di bagian yang bocor itu.

Sesudah pengujian pada semua elemen mesin diesel usai, gunakanlah kembali ke tempatnya masing-masing. Janganlah sampai ada yang terlewatkan atau kebalik penempatannya. Bila sudah usai, coba untuk hidupkan mesin diesel untuk ketahui dari hasil servis yang sudah dilaksanakan.

Bila rupanya masihlah ada banyak permasalahan yang ada karena masih tidak cukup dalam pembaruan, kerjakan pengecekan di bagian itu dan selekasnya tangani dengan konsentrasi pada elemen mesin diesel itu yang masih tidak cukup pengatasan.

Diatas adalah ulasan terkait cara servis mesin diesel dongfeng. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Servis Mesin Diesel Dongfeng: 11 Cara Dan Ulasan"