RPM Mesin Diesel Tidak Mau Naik: 3 Penyebab & Cara Mengatasi

RPM Mesin Diesel Tidak Mau Naik - Beberapa pemakai mobil diesel kadang mengeluh keadaan RPM yang tidak stabil atau bahkan tidak mau naik. Hal ini tentu mengganggu fungsional dari mesin diesel tersebut. Lalu apa saja faktor penyebab rpm mesin diesel tidak mau naik?

Penyebab RPM mobil diesel tidak stabil disebabkan karena banyak hal. Imbas yang diakibatkan jadi susah mengontrol pergerakan mobil diperputaran rendah, peralihan tuas transmisi jadi kurang halus. Tidak itu saja, pada beberapa mobil peristiwa ini dapat mengakibatkan mesin mobil diesel mati.

Untuk yang belum mengetahui, air induction sistem ataupun lebih dekat diundang mekanisme penyuplai udara mempunyai peran yang cukup penting di proses pembakaran. Bila udara yang masuk ke ruangan bakar sedikit, karena itu proses kompresi gas juga jadi kurang. Akhirnya, pembakaran yang terjadi tidak jalan normal sampai pada akhirnya RPM mesin lamban atau sulit naik.

Selain itu banyak lagi faktor penyebab rpm mesin diesel tidak mau naik. Untuk lebih jelasnya berikut ulasan terkait rpm mesin diesel tidak mau naik secara lebih lengkap.

rpm mesin diesel tidak mau naik

RPM Mesin Diesel Tidak Mau Naik

Terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab rpm mesin diesel tidak mau naik diantaranya yaitu:

1. Throttle Bodi Kotor

Faktor pertama penyebab rpm mesin diesel tidak mau naik yaitu throttle bodi. Throttle bodi sendiri sebagai tempat untuk atur suplai udara ke ruangan bakar.

Di mana dalam elemen satu ini didalamnya mempunyai beberapa lubang udara memiliki ukuran kecil, hingga membuat gampang kotor dan mampet.

Keadaan ini lumayan banyak terjadi pada mobil yang mesinnya telah menggunakan mekanisme TAC atau drive by wire . Maka tidak kembali memakai kawat kabel sebagai media untuk menyambungkan throttle bodi dengan pedal gas. Tetapi telah dipasangkan motor elektrik pada katup gas, hingga katup ini akan buka dan tutup dengan automatis.

Tetapi, tehnologi TAC ini lebih peka jika terjadi peralihan keadaan. Karena didalamnya ada beberapa sensor. Hingga keadaan throttle bodi yang kotor, menjadi penyebab rpm mesin diesel naik turun karena menghancurkan mekanisme kerja TAC ini. Karena itu, sebagai jalan keluarnya anda dapat dengan teratur lakukan perawatan sekalian pembersihan mesin mobil.

2. Idle Speed Kontrol Memiliki masalah

Selain itu juga terdapat ISC yang dapat menjadi salah satu problem penyebab rpm mesin diesel tidak mau naik. ISC atau idle speed kontrol sebagai elemen dalam mesin mobil, yang berperanan sebagai pengontrol keadaan rpm idle. Dengan elemen satu ini, karena itu rpm idle tetap jalan stabil dan stabil, sesuai perintah dari computer mesin atau mekanisme ECU. Karena biasanya keadaan kerja mesin selalu berbeda, karena itu rpm idle itu selalu harus pada kondisi stabil.

Rpm idle ini penting ada pada keadaan stabil saat mesin mobil alami akselerasi, deselerasi, atau saat AC dihidupkan. Oleh karena itu idle speed kontrol atau ISC sendiri yang disebut pengontrol rpm idle harus juga pada kondisi baik. Bila elemen ini memiliki masalah, tentu saja rpm dapat kacau-balau dan mengakibatkan alami naik turun.

3. Mass Air Flow Kotor

MAF atau mass air flow yang kotor dapat menjadi penyebab terakhir rpm mesin diesel tidak mau naik. Pasalnya elemen ini mempunyai peranan untuk mengetahui berapakah massa udara, yang ditempatkan ke mesin atas dasar kecepatan saluran yang dipunyai. Letak dari mass air flow ini sendiri ada pada tempat penyaring udara.

Hingga elemen itu termasuk gampang sekali kotor, dan akhirnya akurasi membaca pada sensor akan terusik saat harus mengirim data ke mekanisme ECU. Oleh karena itu sangat penting selalu untuk memeriksa sisi ini, supaya tidak sampai terlampau kotor sampai mengusik performa mesin mobil.

Tetapi untuk mengatasi permasalahan itu, anda perlu mengetahui lebih dulu apa permasalahannya memang berada di bagian sensor atau di bagian serangkaian sensornya.

Check kabel dan connector kabel yang tersambung dengan sensor MAF, lalu membersihkan sisi ini dengan carbon cleaner dan semacamnya karena itu penyebab rpm mesin diesel naik turun dapat ditangani.

Cara Memperbaiki RPM Mesin Diesel Tidak Mau Naik

Terdapat beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan untuk mengatasi atau mencegah rpm mesin diesel yang tidak mau naik diantaranya yaitu:

  1. Selalu membersihkan penyaring udara dengan teratur minimum satu bulan sekali karena tiga penyebab di atas dimulai dari filter udara polusi.
  2. Pakai selalu bensin dengan oktane tinggi
  3. Melakukan servis secara berkala atau periodik sesuai penggunaan kendaraan.

Diatas adalah ulasan terkait RPM mesin diesel tidak mau naik baik penyebab maupun cara mengatasi. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

1 komentar untuk "RPM Mesin Diesel Tidak Mau Naik: 3 Penyebab & Cara Mengatasi"

Comment Author Avatar
Normalnya brpa rpm saat digas pada toyota Hilux 2.5 double cabin