Cara Memperbaiki Seat Belt Macet: 3 Cara Dan Ulasan

Cara Memperbaiki Seat Belt Macet - Walaupun terkesan sepele, namun seat belt yang macet akan menimbulkan berbagai masalah. Permasalahan ini kerap dirasakan pemilik mobil. Lantas bagaimana cara memperbaiki seat belt yang macet?

Seat belt atau sabuk pengaman sebagai salah satunya elemen yang ada di mobil. Elemen itu direncanakan khusus untuk meredam pemakainya supaya tidak terpental.

Hingga saat terjadi kecelakaan atau mobil stop tiba-tiba, sopir atau penumpang masih tetap aman. Sabuk pengaman berada di bagian depan dan belakang. Untuk memperjelasnya terkai cara memperbaiki seat belt macet akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

cara memperbaiki seat belt macet

Cara Memperbaiki Seat Belt Macet

Pemilik kendaraan beroda 4, pasti harus dapat mengatasi beragam permasalahan yang terjadi. Begitupun saat pada kondisi genting sekalinya.

Misalkan seat belt yang macet secara mendadak, hingga bisa susah saat melepaskannya. Saat permasalahan ini anda rasakan, pasti harus ketahui bagaimana cara menanganinya. Berikut ada banyak cara memperbaiki seat belt atau sabuk pengaman macet yaitu:

1. Bersihkan Sabuk

Cara pertama kali yang dapat dilakukan saat seat belt alami kerusakan atau macet yakni dengan membersihkan. Anda sebaiknya selalu lakukan pengujian keadaan sabuk.

Karena, ada faktor-faktor yang memunculkan elemen memiliki masalah. Satu diantaranya karena ada kotoran yang menimbun hingga menyebabkan elemen susah terlepas. Anda perlu membersihkan dengan cairan pencuci karpet atau kain.

2. Retractor yang Terkunci

Saat seat belt macet dan tidak dapat diambil keluar, ini karena retractor yang terkunci. Permasalahan ini dapat anda tangani dengan beberapa cara.

Untuk langkah awal, anda perlu menariknya sampai tidak dapat keluar kembali. Hentakkan sabuk supaya retractor yang terkunci dapat terlepas.

Bila belum juga bisa, anda perlu keluarkan retractor dari mobil. Seterusnya benahi dengan obeng atau mungkin tidak dapat anda membawa ke bengkel.

3. Pakai Alat Pemotong

Sabuk pengaman dibuat berbahan khusus yang tidak dapat dipotong dengan gunting. Anda perlu mempunyai seat belt cutter yang dibuat bermaterial kuat.

Anda bisa juga beli perlengkapan itu komplet dengan palu untuk memukul kaca. Hingga saat terjadi beberapa hal jelek, anda dapat selekasnya bertindak.

Pemilik kendaraan, anda harus ketahui peranan dan cara mengatasi seat belt macet. Hingga elemen dapat berperan dengan optimal.

Diatas adalah ulasan terkait cara memperbaiki seat belt yang macet. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Seat Belt Macet: 3 Cara Dan Ulasan"