Fungsi Drive Lever Pada Motor Starter: Peran Dan Ulasannya

Fungsi Drive Lever - Didalam motor starter terutama yang konvensional memiliki beberapa bagian, salah satunya drive lever. Bagian ini memiliki fungsi penting dalam sistem starter. Lalu apa fungsi drive lever?

Pemakai mobil atau motor sedikit yang pahami mengenai komponen motor starter. Ada beberapa komponen yang memberikan dukungan kerja dari motor starter. Dengan mengenali beberapa macam dan fungsi dari komponen ini, akan bermanfaat bila kelak kendaraan alami permasalahan pada starter.

Dalam motor starter ada yang bernama sistem starter. Sebuah perangkat mekatronika yang menjadikan satu mekanikal dan energi kelistrikan supaya mesin motor jadi hidup. Cara kerjanya yakni memutar kutub engkol supaya transisi mesin terpicu, hingga pembakaran dalam mesin terjadi.

Pada umumnya, sisi motor starter dibagi jadi 2 sisi, yakni sisi motor starter yang hasilkan style putar dan sisi motor starter sebagai proses pemindah tenaga. Didalam proses pemindah tenaga terdapat drive lever yang akan menggerakkan pinion gear sehingga tenaga putar dapat disalurkan ke bagian flywheel.

Untuk lebih jelasnya terkait fungsi drive lever pada motor starter akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi drive lever

Fungsi Drive Lever

Terdapat dua fungsi utama dari komponen drive lever pada motor starter diantaranya yaitu:

1. Penghubung Pinion Gear Dengan Flywheel

Komponen yang seterusnya ini mempunyai wujud yang unik dan berlainan dari sisi lain. Peran Drive lever mempunyai wujud seperti garpu adalah untuk menggerakkan pinion gear dari perkaitan ring gear yang ada pada fly wheel.

2. Melepas hubungan pinion gear dengan flywheel

Peran lain dari drive lever adalah melepaskan perkaitan pinion gear dari perkaitan ring gear saat mesin motor pada kondisi telah hidup atau berpijar. Sisi ini mempunyai konsep kerja tuas yang mana ungkitan ke pinion gear saat ujung yang lain telah tergerak ke wilayah yang bersimpangan.

Drive lever akan mengungkit pinion gear supaya tergerak ke bersimpangan. Komponen yang seperti garpu ini fungsi intinya untuk gerakkan pinion gear.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi drive lever pada motor starter. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Fungsi Drive Lever Pada Motor Starter: Peran Dan Ulasannya"