Cara Pasang Piston Motor 4 Tak: 7 Prosedur Dan Ulasan

Cara Pasang Piston Motor 4 Tak - Sama seperti yang kita kenali awalnya sesungguhnya piston sebagai sisi yang langsung ia akan bersinggungan dengan elemen dinding liner mesin. Lantas bagaimana cara pasang piston motor 4 tak yang betul?

Piston sendiri berperan untuk meredam kompresi yang terjadi di saat proses performa mesin motor dan atur pemulasan dinding linear mesin. Disamping itu ada ring yang penempatan di bagian elemen ini terutamanya pada piston harus benar-benar berhati hati jangan salah atau kebalik.

Maka dari itu ada banyak cara yang perlu jadi perhatian saat cara pasang piston motor 4 tak. Untuk memperjelasnya berkaitan cara pasang piston motor 4 tak akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

cara pasang piston motor 4 tak

Hal Yang Harus Jadi perhatian Saat Pasang Piston Motor 4 Tak

1. Ketahui Ring Piston

Yang pertama kali yang perlu dimengerti saat cara pasang piston motor 4 tak yakni ketentuanya yang penting anda kenali untuk pergantian atau memasang ring piston, anda ketahui dan dalami permukaan,terus code, seterusnya warna, dan paling akhir sisi sudut ring piston permukaan, ring kompresi dan ring oli benar-benar berlainan.

Pembeda ring oli memiliki permukaan bergelombang sementara ring kompresi terlihat datar dan mengkilat. Untuk ring kompresi umumnya ada tulisan N/T, yang tempatnya mengarah ke atas dan sebagai ring kompresi ke 1/atas. Warna yang lebih gelap atau justru ada warna kehitaman sebagai pertanda ring kompresi 2.

Bila anda perhatikan kembali sisi sudut ring kmopresi piston juga terang kelihatan perbedaaanya. Antara ring 1 dan 2 memiliki perbedaan fungsi atau peran. Bila keliru dalam tentukan yang mana ring kompresi 1 dan mana kompresi yang memakai kompresi 2 karena itu peranan yang diharap dari penempatan ring itu tidak tercukupi alias tidak optimal dan yang hendak terjadi pada motor nanti tetap ngebul.

Walau keduanya sama berperan untuk memampatkan kompresi pada bagian ruangan bakar, tetapi setiap ring punyai peranan yang berlainan bila anda ketahuinya. Ring sisi kompresi 1 yang permukaan atasnya rata berperan untuk tekan dinding silinder hingga kompresi bisa menjadi tidak bocor.

Permukaan ring kompresi 2 lebih menyudut. Selainnya berperan untuk jaga kerapatan, berperan untuk bersihkan tersisa sisa susunan minyak atau oli yang ada di dinding silinder.

Karena hal itu akan mengakibatkan berlangsungnya kebocoran kompresi. Disamping itu pun tidak bisa tempatkan ujung ring kompresi pada sela ujung cincin oli.

2. Lihat Sela pada ring piston

Disamping itu sela ring piston harus jadi perhatian saat cara pasang piston motor 4 tak. Ring piston sendiri mempunyai sisi yang terputus. Sela ring piston sendiri ada yang terputus nach disanalah yang perlu kita lihat dan harus juga kita mengatur terletak. Hubungkan Sisi ring pison (sela) jangan segaris, maknanya bila ada 3 ring piston karena itu jarak antara ikatan ring piston itu harus sama yakni 120 drajat.

Bila ada dua karena itu ring piston jarak antara ikatannya adalah 180 drajat. Selain itu, ikatan pada ring piston tidak boleh segaris dengan pena piston.

Cara Pasang Piston Motor 4 tak

Saat sudah mengetahui berkenaan banyak hal yang penting jadi perhatian saat sebelum pasang ring piston pada motor 4 tak karena itu harus dipahami juga cara pasang nya. Secara umum, penempatan elemen pada kendaraan seperti motor dan mobil harus dilaksanakan secara benar, terhitung ring piston.

Untuk memperhitungkan kekeliruan dalam cara pasang piston motor 4 tak, berikut proses penempatannya:

1. Bedah Mesin Saat sebelum Pasang Ring Piston

Saat sebelum memasang mesin karena itu kamu harus membedah mesin sampai capai piston. Supaya bisa memasang dan melepaskan ring piston secara mudah, bebaskan pistn dari tangkainya.

2. Bebaskan Ring Piston Satu Per Satu

Cara ke-2 cara pasang piston motor 4 tak adalah melepas ring piston satu demi satu dari ke-3 tipe ring piston yang dipasang pada kendaraan. Dimulai dari sisi yang teratas sampai yang paling bawah tetapi kerjakan secara berhati-hati ya.

3. Membersihkan Jalur Penempatan Ring Piston Saat sebelum Terpasang

Tahap selanjutnya supaya kamu tidak keliru dalam memasang ring piston adalah bersihkan jalur piston sampai sisa pembakarannya lenyap. Untuk melakukan kamu dapat memakai amplas yang permukaan atasnya lembut dan bersihkan dengan bensin. Maksudnya adalah supaya tidak ada kotoran yang ketinggalan yang dapat menjejal ring piston baru.

4. Pasang Ring Piston Kompresi 1

Saat proses penempatan, pastikanlah kamu lebih dulu memasang ring piston kompresi 1 dengan memerhatikan code huruf yang mengarah ke atas.

5. Pasang Ring Piston Kompresi 2

Seterusnya, kamu dapat memasang ring piston kompresi 2 atau sisi tengah. Kamu dapat mengulang hal sama adalah memastikan code huruf ada di atas atau mengarah ke atas.

Ketidaksamaan ring piston kompresi 1 dan 2 bukan hanya disaksikan secara fisik tapi juga dirasa. Ring piston kompresi 1 mempunyai radius pada bagian diameter luar yang lebih lembut bila disentuh dengan tangan. Dan radius pada bagian diameter luar ring piston kompresi 2 lebih kasar dibanding dengan tipe awalnya.

6. Pasang Ring Oli

Sisi seterusnya yang perlu terpasang adalah ring oli, yakni sisi yang paling bawah. Sekadar info, tipe ring piston ini umumnya mempunyai tiga sisi yakni rail ring sisi atas, spiral atau exander ring, dan rail ring sisi bawah.

Penempatan masing-masing elemen harus sesuai posisi supaya kamu tak perlu membedah dan memasang ulangi ring piston.

7. Pasang Kembali lagi ke Silinder Block

Pastikanlah kamu memasang dengan formasi ring piston yang betul. Selanjutnya kamu dapat meneruskan ke cara seterusnya atau cara paling akhir yakni memasang kembali ring piston itu ke silinder block.

Di atas adalah pembahasan berkaitan cara pasang piston motor 4 tak. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Pasang Piston Motor 4 Tak: 7 Prosedur Dan Ulasan"