Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Pitman Arm Pada Sistem Kemudi: Peran Dan Ulasan

Fungsi Pitman Arm - Pada mekanisme kemudi kendaraan niaga sedikit berbeda karena letak mesin yang berada dibawah jok. Oleh karena itu perlu tambahan beberapa komponen seperti pitman arm dan drag link. Lalu apa fungsi pitman arm?

Pitman arm sebagai sisi yang cukup penting dalam steering kendaraan lama maupun truk berat. Sisi inilah yang dapat menolong kemudi mobil berperan seperti yang telah kita kenali. Oleh karena itu fungsi pitman arm sangat penting.

Mekanisme setir atau Steering sistem berperan untuk mengontrol arah kendaraan sama sesuai kehendak sopir. Biasanya yang dikontrol adalah ke-2 roda depan, walau saat ini sudah diperkembangkan dengan mekanisme pengaturan keempat roda.

Walau begitu, kendaraan harus bisa dikontrol secara mudah supaya roda tidak terbawa saat kendaraan sedang membelok. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi pitman arm pada sistem kemudi kendaraan akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi pitman arm

Fungsi Pitman Arm

Pitman arm dipakai pada steering gear box yang memakaia tipe recirculating ball and nut seperti pada kendaraan ST 100 atau SJ 410. Fungsi pitman arm ini adalah untuk menyambungkan pergerakan sector shaft ke darg link. Pergerakan sector shaft berbentuk pergerakan putar dari drag link jadi pergerakan aksial.

Pitman arm adalah ikatan transfer kotak setir dalam proses setir kendaraan tipe Pitman. Bagian ini merupakan komponen pertama dari jalinan putaran sudut yang mentransfer input kotak setir ke trek rod. Hal ini akan gerakkan tie rod kiri dan kanan dan rodanya masing-masing.

Dua ikatan yang lain adalah idler arm yang terpasang pada ujung trek rod sebagai stabilizer. Berdasarkan fungsi dari pitman arm diatas merupakan sisi penting dari mekanisme setir kendaraan. Hingga jika alami keausan atau rusak, bisa mengakibatkan kehilangan kendalian setir yang mempunyai potensi memunculkan musibah.

Mekanisme setir Pitman tersering diketemukan pada kendaraan tua dan truk berat. Mayoritas mode yang lebih baru tampilkan macam proses setir type rak dan pinion. Mekanisme Pitman lumayan kuat dan bisa dihandalkan jika dipiara secara benar. Mekanisme ini umumnya terbagi dalam tangkai yang jalan dari roda setir, lewat firewall depan, dan ke kompartemen mesin.

Pitman arm akan masuk kotak setir di mana sumbu pergerakannya diputar pada 90 derajat untuk gerakkan poros transfer pendek lewat penataan roda gigi cacing, mur, atau roller.

Gejala Pitman Arm yang Jelek

Setelah mengetahui fungsi dari pitman arm, maka penting supaya pitman arm ada pada keadaan yang bagus. Lihat beberapa gejala yang dapat memberikan keadaan pitman arm yang jelek atau tidak berhasil di bawah ini.

1. Setir yang Jelek

Bila Anda berasa setir mempunyai fenomena, seperti roda berputar-putar lebih dari yang semestinya saat sebelum kemudi bergerak, karena itu peluang pitman arm Anda perlu untuk dilihat.

2. Kemudi narik (bergerak sendiri)

Apa kendaraan Anda mendadak bergerak sendirinya ke satu sisi? Pitman arm yang jelek atau rusak bisa mengakibatkan kendaraan tidak memberi respon secara tepat saat Anda memutar kemudi. Hingga kendaraan bisa bergerak sendirinya ke yang tidak diharapkan.

3. Ketidakmampuan Untuk Menyopir

Saat Pitman arm betul-betul tidak berhasil, Anda akan kehilangan semua setir di kendaraan. Pitman arm harus ditukar saat sebelum permasalahan sampai di titik ini. Ini adalah keadaan yang beresiko, maka bila Anda menyaksikan salah satunya gejala di atas, karena itu sangat harus periksakan ini.

Diatas adalah ulasan dari fungsi pitman arm pada sistem kemudi kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Fungsi Pitman Arm Pada Sistem Kemudi: Peran Dan Ulasan"