Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rem Cakram Terlalu Dalam: Penyebab Dan Cara Mengatasi

Rem Cakram Terlalu Dalam - Rem cakram terlalu dalam akan berpengaruh jelek pada keselamatan pengendara. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Lalu apa saja yang dapat menjadi faktor penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Oleh karenanya, beri perawatan dengan teratur, supaya elemen itu dapat berperan seperti mestinya. Sama seperti yang telah banyak dijumpai, bila sepeda motor menjadi satu diantara alat transportasi yang sekarang malah makin maju.

Tanpa adanya proses perawatan pada rem cakram maka akan timbul berbagai permasalahan. Untuk lebih jelasnya terkait rem cakram terlalu dalam baik penyebab maupun cara mengatasi akan diulas pada artikel berikut ini.

rem cakram terlalu dalam

Rem Cakram Terlalu Dalam

Pernah merasakan tuas rem carkam terlalu dalam saat kita pencet? Tidak boleh Anda kira remeh. Sekarang malah permasalahan ini harus selekasnya terselesaikan. Hal ini karena perannya yang cukup penting membuat Anda selalu harus lakukan pengujian dengan tepat. Yakinkan rem sepeda motor Anda dalam keadaan sempurna.

Salah satunya permasalahan yang umum terjadi yakni rem susah kita pencet. Ini membuat Anda kurang maksimal dalam lakukan pengereman. Saat permasalahan ini terjadi, kemungkinan di bagian master rem.

Bila master rem kurang maksimal, karena itu mengisyaratkan telah kurang kuat. Permasalahan ini umum terjadi pada kendaraan yang berusia tua. Bila tidak, kendaraan telah lakukan perjalanan jauh. Karena itu, yakinkan Anda lakukan pengujian saat sebelum tentukan master rem yang memiliki masalah.

Saat Anda ingin menukarnya, seharusnya check dahulu apa elemen masih pantas gunakan atau mungkin tidak.

Untuk sepeda motor tua, permasalahan rem cakram terlalu dalam ini umum terjadi. Tetapi bisa juga terjadi pada kendaraan yang kerap kepakai. Permasalahan ini bisa jadi lenyap dan normal kembali.

Cara Mengatasi Rem Cakram Terlalu Dalam

Saat rem cakram terlalu dalam telah Anda kerjakan pengujian dan masih bagus, pasti muncul penyebab lain. Bila kampas masih bagus dan tak perlu Anda tukar, pemicunya datang dari mekanisme hidroliknya.

Bahkan juga ini bisa juga karena minyak rem masuk angin. Tujuan dari masuk angin yakni dalam aliran minyak rem berisi udara. Hingga bisa membuat minyak rem mendidih.

Ini muncul karena gelembung minyak rem meredam dorongan ke sisi kaliper pada selang. Bila keadaannya tidak terlalu kronis, pakai cara bleeding lewat kaliper.

Jika kampas rem belum habis dan belum capai satu tahun penggunaan, penyebab yang lain datang dari mekanisme hidrolik. Bisa disebabkan minyak rem yang menyusut atau aliran yang ‘masuk angin'. Masuk angin di sini maknanya di dalam aliran minyak rem tersusupi udara

Cara Bleeding Rem Cakram

Bleeding ini lumayan gampang tetapi harus berhati-hati agar tidak bungkusukan udara semakin banyak karena triknya salah. Cukup persiapkan kunci ring 8 untuk mengurangi nipple di kaliper depan atau belakang. Putar bersimpangan arah jarum jam sampai kelihatan cairan minyak rem dari dalam akan keluar.

Untuk rem depan, pencet tuas rem sampai habis dan minyak rem menetes keluar dalam nipple. Kemudian, tahan tuas rem dan selekasnya mengencangkan mur pengunci nipple sampai rapat. Kocok tuas rem depan sampai berasa cukup keras yang mengisyaratkan aliran rem sampai kaliper berisi penuh oleh minyak rem.

Cara untuk rem belakang tidak berbeda jauh, lembekkan lebih dulu baut nipple sekitaran 1/2 perputaran agar minyak rem dapat keluar. Seterusnya, pijak pedal rem sampai habis dan minyak rem keluar nipple. Sambil meredam pedal rem, mengencangkan kembali baut nipple di kaliper belakang lalu kocok pedal rem sampai berasa ketahan dan memantul.

Diatas adalah ulasan terkait rem cakram terlalu dalam baik penyebab maupun cara mengatasi. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Rem Cakram Terlalu Dalam: Penyebab Dan Cara Mengatasi"