Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setel Rem Cakram: 6 Langkah Dan Ulasannya

Cara Setel Rem Cakram - Terkadang ketika kita merasakan rem cakram kadang ada yang pakem namun ada juga yang tidak. Oleh karena itu perlu dilakukan proses penyetelan. Lalu bagaimana cara setel rem cakram?

Menyetel rem memang gampang-gampang gampang, namun bila geprekelan rem ini salah karena itu dapat berpengaruh fatala untuk si pengendara, pasalnya rem tidak berperan secara baik hingga rem itu tidak sanggup meredam pergerakan kendaraan motor yang anda menunggangi.

Selainnya memerhatikan keadaan rem depan, tiap pemakai harus ketahui cara menyetel rem cakram depan motor. Hingga saat alami rem depan keras atau mungkin kurang menggigit, langsung bisa menangani sendiri tak perlu ke bengkel.

Dalam soal setel rem depan atau belakang dengan type cakram tidak memerlukan perlengkapan komplet, jadi kapan pun dan dimanapun langsung bisa ditangani

Nach bila rem cakram pada motor anda memiliki masalah anda diharap sanggup menyetel rem itu hingga dapat berperan secara baik kembali. Berikut ulasan terkait cara setel rem cakram pada kendaraan.

cara setel rem cakram

Cara Setel Rem Cakram

Terdapat beberapa cara untuk setel rem cakram pada kendaraan, diantaranya yaitu:

1. Persiapkan minyak rem

Cara pertama kali yang perlu anda kerjakan dalam setel rem cakram motor ialah persiapkan minyak rem dan perlengkapan untuk menyetel rem cakram itu seperti kunci ring 8 mm, 10 mm, obeng plus (+) dan kunci ring 12 mm. Sesudah menyiapkan perlatan untuk menyetel rem cakram itu anda langsung bisa kerjakan geprekelan rem cakram motor ini dengan berhati-hati tetapi tentu.

2. Membuka tutup minyak rem

Cara yang ke-2 setel rem cakram ialah anda membuka lebih dulu tutup minyak rem yang ada di motor, untuk rem depan biasanya berada di stang motor dan untuk rem belakang umumnya berada di dekat sokbeker belakang. Kemudian bila minyak rem itu dirasakan kurang lebih bagus di isi dahulu, selanjutnya mulai dalam langkah ke-3 dalam geprekelan rem cakram itu.

3. Kedurkan baud kunci 8 yang ada di kaliper

Selanjutnya cara setel rem cakram yaitu kalian perlu mengendorkan baud kunci 8 mm yang ada pada kaliper, lembekkan sampai minyak rem dapat mengucur secara lancar.

4. Mengendorkan baut selang rem yang ada dikaliper

Tidak cuman baud kunci ring 8 mm saja yang kalian kendorkan, namum baud ring 12 mm yang menyambungkan selang kaliper dan selang tempat minyak rem perlu kalian lembekkan. Apabila minyak rem sanggup mengucur secara lancar karena itu selekasnya mengencangkan kembali baud itu.

Tetapi bila mimyak rem itu tidak mengucur ditegaskan ada sumbatan yang merintangi pergerakan minyak rem pada selang itu. Apabila hancur dianjurkan untuk menukarnya sama yang baru.

5. Pacu rem sampai minyak rem keluar secara lancar pada kaliper

Sesudah minyak rem sanggup mengucur secara lancar, karena itu paculah rem itu berulang-kali sampai angin yang keluar bersama minyak rem muncrat secara lancar. Kemudian kecangkan baud ring 8 mm itu dan sesudah rem itu sesuai kenyamanan kalian, secara umum rem harus empuk dan ridak gancet.

6. Check kampas rem

Paling akhir cara setel rem cakram yaitu check kampas rem dicemaskan kampas rem itu sudah aus dan tidak dapat meredam pergerakan motor. Apabila kampas rem telah aus dianjurkan untuk selekasnya menukarnya sama yang baru ingat peranan rem yang penting untuk keselamatan anda dalam berkendaraan.

Cara Perawatan Rem Cakram

Tidak hanyan geprekelan secara periodik saja tetapi rem memerlukan perawatan yang optimal hingga rem dapat berperan secara baik dan tidak cepat hancur. Dan berikut babera cara perawatan rem cakram secara benar.

  1. Yakinkan bila minyak rem masih tetap ada dan upayakan janganlah sampai kekurangan
  2. Yakinkan selalu melakun pengujian dengan teratur setiap kalian lakukan servis pada kendaraan
  3. Check kampas rem masihkah pantas atau mungkin tidak, yakinkan tebalnya
  4. Tidak boleh sering lakukan pengereman secara tiba-tiba

Diatas adalah ulasan terkait cara setel rem cakram pada motor dan cara perawatan. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Setel Rem Cakram: 6 Langkah Dan Ulasannya"