Cara Mengatasi Rem Mobil Keras: 5 Cara & Penyebab

Cara Mengatasi Rem Mobil Keras - Terdapat berbagai penyebab rem mobil keras pada kendaraan. Oleh karena itu cara mengatasi rem mobil keras juga terdapat berbagai jenis. Lalu apa saja penyebab rem mobil keras? Dan bagaimana cara mengatasi rem mobil keras?

Harus pastikan semua elemen mobil, khususnya mekanisme keamanannya, berperan secara baik saat sebelum berkendaraan. Salah satunya mekanisme keamanan yang perlu untuk sopir mobil adalah rem. Dengan rem, Anda dapat mengontrol mobil dalam kecepatan yang aman dan tidak mencelakakan seseorang.

Tetapi, ada saatnya sesudah mobil dipakai dalam waktu yang lama, rem alami permasalahan. Persoalan yang umum terjadi terkait dengan elemen pedal rem, membuat jadi keras dan tidak nyaman saat diinjak. Untuk lebih jelasnya terkait cara mengatasi rem mobil keras dan penyebab akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara mengatasi rem mobil keras

Penyebab Rem Mobil Keras

Kadang, pedal rem sangat terasa keras saat diinjak. Berikut ulasan terkait penyebab rem mobil keras yaitu:

1. Minyak Rem Habis

Minyak rem bisa jadi menjadi satu diantara penyebab rem mobil keras saat diinjak. Biasnaya ini muncul karena isi atau volume minayk rem yang ada di aliran pengereman mulai menyusut. Maka sebaiknya selalu check keadaan minyak rem mobil kalian, bila dirasakan telah menyusut silakan isi atau tukar sama yang baru.

2. Booster Rem Hancur

Selanjutnya booster rem yang aus atau bahkan juga hancur karena periode penggunaan yang demikian kerap, menjadi satu diantara pemicunya. Bahkan juga dari jumlahnya kasus yang ada, booster rem menjadi satu diantara penyebab yang tersering dirasakan oleh beberapa pemilik mobil yang berasa pedal rem mobil mereka berasa keras dan tidak pakem saat diinjak.

3. Kampas Rem Habis

Selainnya volume dan keadaan minyak rem yang tidak sesuai standard. Umumnya penyebab rem mobil kerasa saat diinjak bisa juga disebabkan oleh keadaan kampas rem yang telah tipis. Dan umumnya ini akan berasa bila dari ke-4 kampas rem mobil ada yang tipis cuman satu sisi seperti pada sisi roda depan kanan atau kiri dan yang lain.

4. Selang Vakum Bocor

Tidak cuma dari ke-3 permasalahan di atas, keras dan tidak pakemnya rem mobil saat kalian pijak juga dapat di akbibatkan oleh kebocoran di bagian selang vakum. Apabila sudah demikian, karena itu harus kalian harus membawa ke bengkel mobil paling dekat untuk lakukan pergantian selang vakum yang ada sisi booster rem mobil kalian.

5. Cari Penyebab Lain Rem Mobil Keras

Dari keterangan pada beberapa poin di atas, Anda dapat ketahui jika rupanya penyebab rem mobil keras ada berbagai macam. Selain itu, ada pula elemen yang lain dapat mengakibatkan pedal rem jadi keras. Berikut adalah cara untuk ketahuinya.

Matikan mesin mobil. Kemudian, coba pijak dan terlepas pedal rem seringkali. Pijak sampai status paling dalam dan tahan dengan kaki sepanjang beberapa saat.

Sekalian masih tetap meredam pedal rem, hidupkan mesin mobil. Rasakan bagaimana keadaan pedal, apa berasa ada getaran atau ada bunyi yang tidak normal. Bila ada getaran, kemungkinan ada permasalahan pada disc brake.

Tetapi, bila ada berbau yang kurang lezat, seperti berbau hangus dari arah mesin, ada peluang kaliper rem Anda alami kebocoran. Apabila sudah, terlepas pedal rem dan matikan mobil.

Cara Mengatasi Rem Mobil Keras

Setelah mengetahui berbagai faktor penyebab rem mobil keras maka perlu diketahui pula cara mengatasi. Cara mengatasi rem mobil keras diantaranya yaitu:

1. Pengujian Awalnya

Cara mengatasi rem mobil keras yang pertama adalah perlu dilakukan pengujian awal diantaranya:

  • Hal pertama kali yang harus kalian kerjakan jika ingin lakukan pengujian keadaan rem mobil yang dirasa keras adalah dengan mematikan mesin mobil jika keadaan mesin mobil sedang berpijar.
  • Sesudah kalian mematikan mesin mobil itu, lalu pijak dan terlepas pedal rem mobil kalian seringkali untuk pastikan status pedal rem.
  • Bila ditegaskan status pedal rem telah paling mentok, silakan pijak pedal rem itu dan tahan tempatnya dengan memakai kaki kalian.
  • Sekalian kaki masih tetap meredam status pedal rem, silakan kalian nyalakan mesin mobil kalian dan rasakan keadaan pedal rem itu.
  • Jika saat kalian hidupkan mesin dan rupanya kalian rasakan ada getaran atau bahkan juga kalian dengar rem mobil bunyi tidak normal, dapat ditegaskan jika hal itu muncul karena permukaan disk brake tidak rata.
  • Atau bila kalian rasakan ada bau-bau yang tidak nikmat seperti berbau hangus saat kalian mencapai pedal rem. Bisa saja itu karena ada kebocoran yang terjadi di bagian kaliper rem.
  • Dengan lakukan langkah-langkah di atas dengan teratur, karena itu kalian dapat disebut telah lakukan pengujian yang benar dan baik pada keadaan mekanisme pengereman mobil kalian. Walau dapat disebut cukup sederhana, tetapi kalian bisa merasakan hasil yang membuat kalian perlu lakukan servis atau bahkan juga pergantian elemen mekanisme pengereman mobil.

2. Menukar Booster Rem

Bila penyebab rem mobil jadi keras berada pada booster, karena itu cepatlah menukar dengan elemen yang baru. Menjaga booster yang hancur atau aus cuman akan membuat mekanisme pengereman tidak maksimal. Hal ini dapat dilakukan sebagai cara mengatasi rem mobil keras.

Lebih parahnya kembali, bisa saja kerusakan pada booster malah akan merambat pada elemen lain. Bila ini didiamkan, bukan mustahil mobil Anda harus alami pembaruan besar.

3. Menukar Selang yang Bocor

Jika permasalahan Anda berada pada selang vakum yang bocor, karena itu seharusnya selekasnya lakukan pergantian. Tetapi, sebelumnya, ada baiknya kalau Anda lakukan pengujian lebih dulu. Berikut adalah beberapa langkah untuk memeriksa apa selang vakum alami kebocoran atau mungkin tidak.

Nyalakan mesin dan membuka kap mobil. Cabut selang vakum yang tersambung dengan booster, lalu tutup dengan jemari.

Bila Anda rasakan ada penekanan atau daya hirup dari selang, maknanya selang vakum tidak alami kebocoran. Tetapi, bila tidak ada penekanan, dapat ditegaskan ada kebocoran pada selang.

Demikian Anda percaya jika selang vakum memang alami kebocoran, cepatlah cari elemen alternatif yang sesuai detail mesin mobil. Oleh karena itu cara mengatasi rem mobil keras juga dapat dilakukan dengan mengganti selang.

4. Menukar Kampas dan Isi Kembali Minyak Rem

Kampas rem cakram mobil bisa juga memengaruhi ketaknyamanan pada rem mobil yang keras. Cara mengatasi rem mobil keras yang paling akhir adalah menukar kampas rem yang telah habis dengan kampas rem baru. Memakai kampas rem yang telah hancur cuman akan membuat mekanisme pengereman Anda makin cepat hancur keseluruhan. Ubahlah kampas rem lama Anda dengan kampas rem baru yang sesuai standard pabrikasi.

Tetapi, bila penyebab rem mobil keras tiba dari minyak rem yang tipis, cepatlah isi ulangi minyak rem. Jika dirasakan perlu, Anda dapat menukar keseluruhnya minyak rem lama sama yang baru. Kemudian, kerjakan bleeding rem supaya minyak rem bisa mengucur dan bekerja sesuai dengan perannya.

Diatas adalah ulasan terkait cara mengatasi rem mobil keras dan penyebab. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Rem Mobil Keras: 5 Cara & Penyebab"