Nama Lain Poros Engkol: 2 Istilah Dan Ulasannya

Nama Lain Poros Engkol - Poros engkol sebagai elemen mesin yang berperan untuk mengganti gerak turun naik piston (torak) jadi gerak putar yang pada akhirnya bisa gerakkan flywheel (roda edan). Dalam penyebutannya, poros engkol mempunyai nama atau istilah lain. Lantas apa nama lain poros engkol?

Perputaran yang terjadi pada poros engkol ini selanjutnya akan di lanjutkan ke transmisi sampai ke roda hingga mobil dapat bekerja maju atau mundur.

Untuk mengganti pergerakan turun naik piston, sebuah poros engkol memerlukan pena engkol (crankpin), bearing tambahan yang terpasangkan di ujung tangkai piston pada tiap silindernya. Untuk memperjelasnya berkaitan nama lain poros engkol akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

nama lain poros engkol

Nama Lain Poros Engkol

Dalam pemakaiannya ada istilah atau nama lain dari poros engkol yaitu:

  1. Kruk As 
  2. Apabila bahasa inggris dikenali dengan crankshaft.

Elemen ini sebagai salah satunya bagian utama yang berada di mesin pembakaran dalam kendaraan. Sisi ini biasa disebutkan dengan crankshaft. Peranan intinya yaitu jadi poros gerakan tiap piston.

Tiap gerak yang terjadi pada piston nanti akan dilanjutkan ke transmisi kendaraan. Demikianlah proses teknisi mesin sampai kendaraan dapat jalan. Berikut ini adalah info sekitar poros engkol yang penting Anda kenali.

Poros engkol adalah salah satunya sisi mesin kendaraan yang dapat mengganti gerak horizontal atau vertikal dari piston hingga jadi gerak perputaran (perputaran). Kruk as itu dipasang di bawah block silinder mesin. Manfaat elemen satu ini cukup penting pada mesin kendaraan.

Keseluruhannya letak elemen ini ada di mesin pembakaran sisi dalam. Peranan intinya jadi pusat gerakan piston. Poros engkol biasanya dibuat berbahan besi cor yang telah diperkokoh hingga bisa meredam beban dan peristiwa yang besar dan cepat saat mesin berputar-putar pada kecepatan dan beban tinggi.

Poros engkol berada di bagian dalam mesin mobil pas di bawah silinder mesin yang dipasang pada block silinder. Supaya poros engkol dapat berputar-putar dalam silinder block, karena itu pada beberapa bagian poros engkol yang terkait dengan silinder block terpasangkan main bearing (metal duduk), dan yang berkaitan dengan piston dan connecting rod, poros engkol terpasangkan con-rod bearing (metal jalan).

Di atas adalah pembahasan berkaitan nama lain dari poros engkol pada kendaraan. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Nama Lain Poros Engkol: 2 Istilah Dan Ulasannya"