Komponen Crankshaft: 5 Bagian Dan Ulasan

Komponen Crankshaft - Dalam penggunaannya pada mesin kendaraan terdapat beberapa bagian. Salah satunya komponen mesin yang mempunyai arti khusus dalam menjaga performa adalah kutub engkol atau crankshaft. Lalu apa saja komponen crankshaft?

Dalam penggunaannya, crankshaft merupakan bagian dari mesin yang terletak berada di bagian bawah silinder mesin mobil. Lebih persisnya dipasang di block silinder. Dari sisi peranan, sudah pasti banyak yang dibuat dari komponen kutub engkol (crankshaft) ini. Untuk lebih jelasnya berikut akan diulas terkait komponen atau bagian crankshaft pada mesin kendaraan.

komponen crankshaft

Komponen Crankshaft

Kutub engkol mempunyai beberapa bagian yang perlu yang paling punya pengaruh pada perform mesin. 5 point utama komponen yang menempel pada crankshaft yaitu:

  1. Crank Pin
  2. Balancer Weight
  3. Crank Journal
  4. Lubang Oli
  5. Arm (crank arm / lengan)

Ada banyak bagian dalam crankshaft, yaitu:

1. Crank Pin Journal

Crack pin journal adalah bagian dari crankshaft yang terkait dengan tangkai piston. Didalamnya ada lubang oli yang bermanfaat untuk memulasi sektor gesek dari crank pin dengan tangkai piston. Umumnya terpasang con rod bearing di bagian ini.

Crank pin adalah komponen yang terkait langsung dengan tangkai piston yang ada metal jalan (con rod) yang melekat salah satunya. Metal jalan ini adalah mediator penyambung di antara tangkai piston dengan crank pin. Disamping itu pada Crank Pin ada lubang oli yang berperan untuk kurangi gesekan langsung hingga kurangi atau perlambat keausan.

2. Main Journal

Selanjutnya komponen selanjutnya adalah crank journal yang terkait langsung dengan block silinder. Untuk membuat lancar perputaran kutub engkol pada crank journal ini ada metal duduk (main bearing). Dalam Crank Journal ada lubang oli untuk memulasi di antara metal duduk dengan crank journal untuk membuat lancar perputaran kutub engkol itu

3. Crank Pin Oil Hole

Sama sesuai namanya, memiliki bentuk berbentuk lubang tempat oli mesin mengucur ke semua bagian crankshaft. Lubang oli ini ada di main journal dan crank pin journal yang sama-sama tersambung.

Untuk membuat lancar keseluruhnya bagian kutub engkol untuk berputar-putardidalam block silinder, ada lubang oli. Lubang oli ini dibikin untuk menyalurkan pelumas yang ada di dalam block silinder untuk disalurkan kesemua bagian kutub engkol. Lubang oli ini dibikin umumnya sejalur di antara crank pin dengan crank journal.

4. Konter/Balancer Weight

Komponen ini bermanfaat untuk menyamakan crankshaft yang berputar-putar. Ada beberapa lubang yang menyengaja dibikin untuk atur berat dari tiap konter weight. Hasilnya akan membuat crankshaft imbang.

Balancer Weight adalah bagian yang ada pada kutub engkol yang berperan untuk balancing atau sebagai pengimbang. Perannya adalah saat kutub engkol berputar-putar secara cepat jalan secara mulus hingga getaran yang terjadi akan makin kecil. Pada balancer Weight ini ada beberapa lubang untuk atur titik balance pada kutub engkol.

5. Crank Arm

​​Terakhir ada crank arm sebagai bagian dari crankshaft untuk menyambungkan crank journal dengan crank pin. Kehadirannya membuat bagian crankshaft jadi tersambung secara baik.

Diatas adalah ulasan terkait komponen crankshaft pada mesin kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Komponen Crankshaft: 5 Bagian Dan Ulasan"