Bagian Bagian Camshaft: 4 Komponen Dan Ulasan

Bagian Bagian Camshaft - Dalam komponen mesin khususnya proses katup ada komponen camshaft. Lantas apa bagian sisi camshaft?

Apakah yang dimaksud dengan Camshaft ? yaitu sebuah perlengkapan yang sering dipakai pada engine yang berpiston yang berperanan untuk atur bukaan valve. Disamping itu Camshaft sendiri tersusun atas tangkai silindrikal yang membentang dengan sejauh cam dari tiap valve yang ada.

Bagian cam ini sempat keluar di beberapa soal latihan ujian nasional, siapa yang tahu kelak menjadi salah satunya masalah pada ujian nasional. Untuk memperjelasnya berkaitan bagian sisi camshaft akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

bagian bagian camshaft

Bagian Bagian Camshaft

Camshaft terdiri jadi dua bagian, yaitu journal dan lobe. Journal adalah bagian tangkai camshaft yang terkait dengan dudukan laher dan gigi sentrik. Dan lobe adalah benjolan yang berperan sebagai pengontrol membuka tutup klep.

Khusus komponen camshaft lobe, terbagi dalam beberapa bagian. Salah satunya base circle, flank, dan nose atau bagian teratas yang serupa dengan hidung manusia.

1. Lobe Lift

Bagian pertama dari camshaft adalah lobe lift adalah maksimal tinggi angkatan pada camshaft. Tinggi angkatan pada camshaft (Camshaft Lobe Lift) berbeda dengan tinggi angkatan katup (valve lift), meskipun untuk type-tipe tertentu ada yang serupa, karena ada mekanisme rasio pada rocker arm.

2. Duration / Durasi waktu

Disamping itu pada bagian sisi camshaft ada durasi waktu. Durasi waktu adalah waktu buka-tutup katup di dalam 1 transisi kerja yang dihitung berdasar peralihan status kutub engkol yang diukur berbentuk derajat. Besar dan kecil durasi waktu bagus camshaft ditetapkan oleh watak jalanan dan besarnya volume silinder.

3. Overlap

Saat camshaft berputar-putar bisa lebih cepat karena itu ada bagian overlap yang bekerja. Di saat bersambungnya akhir pergerakan buang akan diawali pergerakan menghisap, karena itu di saat torak ada di TMA ke-2 katupnya ada pada kondisi buka. Kondisi di mana ke-2 katup terbuka secara bertepatan itu diberi nama overlap.

Terbukanya katup-katup di saat perpindahan pergerakan dari pergerakan kerja ke pergerakan mengisap, agar gas yang sudah terbakar bisa ke luar semuanya, hingga penghasilan gas baru tidak bersatu dengan gas sisa dalam silinder.

4. Lobe Separation Angle (LSA)

Dalam sebuah design camshaft baik itu intake lobe atau exhaust lobe tentu mempunyai pucuk masing-masing. Bagian bagian camshaft yang berbentuk pucuk dari lobe itu disebutkan lobe center. Pucuk dari intake lobe disebutkan dengan intake lobe centerline dan pucuk dari exhaust lobe disebutkan dengan exhaust lobe centerline.

Di atas adalah pembahasan berkaitan bagian sisi dari camshaft pada kendaraan. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Bagian Bagian Camshaft: 4 Komponen Dan Ulasan"