Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Rem Belakang Motor Macet: 3 Faktor & Cara Mengatasi

Penyebab Rem Belakang Motor Macet - Ada banyak kerusakan pada rem motor, satu diantaranya rem belakang motor macet. Lantas apa penyebab rem belakang motor macet?

Rem yang seret dapat menambahkan beban mesin, karena perputaran roda terhalang. Kaliper rem dan cakram remnya bisa saja panas karena sering bersinggungan . Maka kampas rem selalu melekat ke cakram rem. Paling fatalnya rem cakram dapat macet mengamankan cakram secara penuh, dan itu benar-benar mencelakakan sekali.

Oleh karena itu kita perlu ketahui penyebab berlangsungnya rem motor seret bahkan macet. Perlu dilaksanakan beragam penangkalan secara periodik supaya mekanisme masih tetap pada kondisi yang sempurna. Untuk memperjelasnya berkaitan penyebab rem belakang motor macet akan dibahas pada artikel di bawah ini.

penyebab rem belakang motor macet

Penyebab Rem Belakang Motor Macet

Banyak kejadian kecelakaan yang terjadi yang disebabkan karena rem motor tidak berperan. Penyebab pertama, rem mendadak blong dan tidak sanggup hentikan perputaran roda saat tuas rem diambil. Penyebab lain, rem mendadak macet, dan tidak dapat kembali lagi ke tempat awal sesudah tuas rem diambil.

Akibatnya karena rem macet ini, roda tidak dapat kembali berputar-putar walau tuas rem telah dilepaskan. Ini karena kampas rem tetap menempel di bagian roda, hingga roda tidak dapat berputar-putar. Karena yang lain, kendaraan jadi berasa berat saat jalan atau didorong.

Penyebab rem macet ini ada banyak jenis. Penyebab umum yang umum terjadi ialah karena kotoran yang menempel pada rem, hingga mengakibatkan rem tidak berperan dengan optimal. Berikut penyebab rem belakang motor macet ialah seperti berikut:

1. Kotoran

Kotoran sebagai penyebab khusus dari rem belakang motor yang macet atau seret. Kotoran ini umumnya datang dari debu yang masuk dan pada akhirnya menempel di bagian piringan rem.

Jika debu ini tidak selekasnya dibikin bersih, maka menyebabkan rem cakram jadi seret dan makin lama dapat mengakibatkan rem macet.

2. Karat

Hampir serupa dengan kotoran dan debu, karat umumnya ada di bagian piringan rem. Karena yang diakibatkan sama, rem motor jadi seret, dan pada akhirnya akan macet.

3. Kampas Rem

Kampas rem sebagai sisi luar dari rem. Kampas rem ini nanti yang hendak melekat langsung pada roda kendaraan saat tuas rem diambil. Arah dari pemakaian kampas rem untuk menghindar gesekan langsung di antara piringan cakram dan sisi roda kendaraan.

Karena bersinggungan langsung dengan sisi roda, kampas rem akan aus dan habis. Mengakibatkan rem tidak berperan prima, dan akan memunculkan suara berdecit di saat tuas rem diambil. Di saat itu, kampas rem harus ditukar sama yang baru untuk menghindar kondisi rem blong.

Rem macet bisa juga disebabkan karena kampas rem yang baru terpasang. Penyebab yang lain ialah penempatan kampas rem yang tidak cocok dan juga bisa suku cadang tidak asli. Oleh karenanya, dianjurkan, penempatan kampas rem atau rem dilaksanakan oleh pakarnya di bengkel sah, untuk menghindar beberapa hal yang tidak diharapkan.

Cara Mengatasi Rem Macet atau Seret

Sesudah ketahui penyebab rem belakang motor macet karena itu harus dipahami juga cara mengatasi rem macet pada motor, berikut penjelasannya:

1. Bongkar part kaliper rem/tromol

Untuk mengatasi persoalan ini agan harus membedah semua part yang ada di kaliper rem/tromol. Dimulai dari melepaskan kaliper dari pegangannya, kampas remnya, link kaliper, s/d keluarkan piston rem di dalamnya. Jika menggunakan tipe rem tromol karena itu perlu membedah roda belakang lebih dulu.

2. Membersihkan dengan kombinasi air sabun bersihkan piring

Membersihkan semua elemen dengan kombinasi sabun dan air bersihkan untuk bersihkan kotoran. Agan bisa juga menghampelas sisi silinder rem dan piston rem jika muncul karat.

3. Amplas sisi yang berkarat

Yakinkan memakai hamplas lembut supaya tidak ada baret pada permukaan atasnya. Pasang lagi semua part rem cakram dan lumasi piston dan link kaliper memakai grease atau gendut.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab rem belakang motor macet dan cara mengatasi. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Rem Belakang Motor Macet: 3 Faktor & Cara Mengatasi"