Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Minyak Rem Mobil Tidak Mau Turun: 2 Faktor & Cara Mengatasi

Penyebab Minyak Rem Mobil Tidak Mau Turun - Saat menukar minyak rem pada mobil kadang muncul persoalan yang mana minyak rem tidak mau turun. Lantas apa penyebab minyak rem mobil tidak mau turun? Apa ini mengisyaratkan kerusakan pada mekanisme pengereman?

Ingat perlu mengguakan banyak tenagan saat menganti minyak rem mobil, karena itu saat ketahui minyak rem tidak mau turun pasti memunculkan kekecewaan tertentu. Karena, saat minyak rem tidak turun karena itu maknanya bakal ada bahaya yang bisa di munculkan. 

Untuk memperjelasnya berkaitan penyebab minyak rem mobil tidak mau turun dan cara memperbaiki akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

penyebab minyak rem mobil tidak mau turun

Penyebab Minyak Rem Mobil Tidak Mau Turun

Tetapi, ada saatnya performa minyak rem jadi tidak maksimal. Minyak rem tidak bisa terbagi secara baik karena malas turun. Mengakibatkan, mekanisme pengereman juga tidak optimal. Berikut adalah beberapa penyebab minyak rem mobil tidak mau turun salah satunya:

1. Mekanisme hidrolik masuk angin

Penyebab pertama minyak rem mobil tidak mau turun yakni permasalahan pada mekanisme hidrolis. Tidak cuma tubuh manusia, mesin rupanya bisa juga masuk angin. Yang disebutkan dengan "masuk angin" pada mekanisme hidrolik rem adalah satu keadaan saat gelembung udara masuk ke mekanisme pengereman. Molekul udara yang fleksibel akan mengakibatkan penekanan minyak rem teresap habis sampai kaliper rem.

Bagaimana dapat muncul gelembung udara pada mekanisme pengereman? Umumnya ini muncul karena volume minyak rem dalam bak reservoir terlampau sedikit. Mengakibatkan, udara juga masuk dan memimpin bak. Karena itu, selalu yakinkan mobil Anda mempunyai minyak rem yang memenuhi saat sebelum dikemudikan.

Anda bisa juga lakukan bleeding pada pedal rem. Pijak dan bebaskan pedal seringkali sampai berasa berat, lalu membuka bleeder nipple pada kaliper. Tetapi, cara ini cuman berlaku bila kampas rem tipis dan volume minyak rem dalam tingkat normal.​​​​

2. ​​​​​​​Kerusakan pada master rem

Selain "masuk angin", penyebab minyak rem mobil tidak mau turun bisa juga karena rusaknya master rem. Master rem bekerja mengganti penekanan dari pedal rem jadi penekanan hidrolik. Bila elemen ini alami kerusakan, karena itu penekanan hidrolik yang dibuat juga tidak akan optimal. Cirinya adalah pedal rem yang dirasa ambles saat diinjak.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda dapat menukar sisi master rem yang hancur saja (umumnya kerusakan pada seal atau segel penutup). Tetapi, jika tidak percaya mana saja sisi yang alami kerusakan, tidak ada kelirunya untuk menukar keseluruhnya master rem. Bahas dengan teknisi keyakinan Anda untuk memperoleh jalan keluar yang tepat.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda dapat menukar sisi master rem yang hancur saja. Karena umumnya kerusakan cuman terjadi pada seal atau segel penutupnya saja. Tetapi, jika masih tidak percaya mana saja sisi yang alami kerusakan, tidak ada kelirunya untuk menukar keseluruhnya master rem.

Cara Mengatasi Minyak Rem Yang Tidak Turun

Sesudah ketahui penyebab minyak rem mobil tidak mau turun karena itu harus dipahami juga cara melakukan perbaikan. Adapun untuk cara mengatasi minyak rem mobil yang tidak turun yang salah satunya yakni:

1. Trick Hisap

Untuk tehnik ini sering kali dipakai jika melakukan pengisian minyak rem atau sesudah menukar selang dan master rem dan untuk isi kaliper motor yang pistonnya lebih dari dua. Dan cara ini terbukti ampuh untuk mengatasi penyebab minyak rem mobil yang tidak mau turun.

Dan di saat menukar master atau selang rem seterusnya kita isi minyak rem yang melalui tabung minyak rem yang ada di setang karena perlu saat yang lumayan lama menanti minyak rem dapat turun ke bawah.

Dan agara dapat cepat turun,,triknya dengan mengisapnya dari bawah agar minyak rem dapat cepat turun dengan menggunakan selang yang telah dipersiapkan awalnya. Untuk triknya adalah dengan mengendorkan nepel di kaliper dengan memakai kunci 8 atau 10 bergantung dari tipe sepeda motornya.

Selanjutnya hubungkan selang terbuka itu ke nepel seterusnya lembekkan nepel. Jika sudah teruskan dengan isi tabung master rem di atas sampai penuh dan teruskan dengan memompa tuas rem atau handel rem. Sekalian kalian memompa atau mengocak, sedot atau hisap selang yang tersambung dengan nepel yang telah kalian kendorkan barusan.

Dan awas lihat minyak remnya tidak boleh samapi masuk ke dalam mulut,, ini karena makin panjang selang yang dipakai karena itu makin aman. Dan lihat minyak rem yang keluar lewat selang barusan,, dapat masih ada gelembung udara pada selang memiliki arti masih tetap ada angin palsu atau ngangin. Karena itu lakukan sampai minyak rem itu keluar tanpa gelembung apabila sudah teruskan mengencangkan nepelnya.

2. Trick Suntik

Selain itu cara yang ke-2 ini diperuntukkan untuk teknisi yang tidak mau mengisap minyak dari selang seperti trick yang awalnya. Pada ini kali menggunakan alat tolong suntikan yang perlu dihubungkan ke selang terbuka barusan.

Dan awalnya janganlah lupa untuk isi suntikan itu dengan memakai minyak rem sampai penuh selanjutnya hubungkan selang itu dengan nepel di kaliper cakram. Persiapkan kunci sesuai ukuran nepel dan biarlah kunci pembuka nepel stand by lanjut di sana, karena akan sulit dikeluarkan karena kunci itu diapit selang,,triknya lembekkan nepel dan dengan pencet suntikan samapi minyak tergerak ke dalam.

Dan sambil jadi perhatian di tabung minyak rem yang ada disetang janganlah sampai kepenuhan dan minyak rem yang keluar tidak ada gelembung udara. Bila tabung minyak rem telah terlampau penuh,,tutuplah lebih dulu nepel yang ada di bawah dan pakai selang yang tersambung dengan suntikan itu untuk mengisap minyak rem.

Selanjutnya kembali pasang dan suntik sampai udara palsu itu. Cara untuk memeriksanya dengan mengencangkan nepel dan tekas tuas rem, jika didesak keras memiliki arti telah berisi prima minyak remnya.

3. Cara Tekan

Cara ini berlainan dengan ke-2 untuk mengatasi penyebab minyak rem mobil tidak mau turun, trick yang paling akhir ini kerap digunakan di saat bersihkan kaliper sampai melepaskan piston.

Dan untuk menyingkat pembuatan. Saat sebelum kalian memasangkan piston, isi lebih dulu kaliper dengan minyak rem sampai penuh selanjutnya pencet dengan menggunakan piston bertepatan dengan memasangkannya dan untuk selalu masih tetap memerhatikan tabung master rem yang ada di setang jangan sampai terlampau penuh minyak remnya dan tumpah dan sesudah penuh selanjutnya pasang lagi kaliper.

Di atas adalah pembahasan berkaitan penyebab minyak rem mobil tidak mau turun dan cara mengatasi. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Minyak Rem Mobil Tidak Mau Turun: 2 Faktor & Cara Mengatasi"