Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Selang Hawa Mesin Pada Motor: 3 Peran Dan Ulasannya

Fungsi Selang Hawa - Pada tiap sisi transmisi motor matic ada selang yang yang tersambung atara sisi gear ratio dan penyaring udara. Rupanya fungsi selang ini sangat fital, jadi juga harus dirawat seperti elemen yang lain. Apa fungsi selang hawa?

Elemen CVT (Continuous Variable Transmission) memerlukan selang hawa untuk menyalurkan udara panas. Umumnya selang hawa menyambungkan boks penyaring udara CVT dengan sisi gear ratio.

Sudah diketahui, gesekan yang terjadi di ruangan gear ratio akan memunculkan panas walau sudah diolesi oli. Selang itu menyalurkan hawa panas dari gear ratio untuk dibuang ke boks penyaring udara CVT. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi selang hawa atau pernafasan pada mesin motor akan diulas pada artikel dibawah ini.

fungsi selang hawa

Fungsi Selang Hawa

Adapun fungsi selang hawa mesin pada motor salah satunya yakni:

1. Sebagai Pernafasan Atau Tempat Bersirkulasi

Sebagai pernafasan atau tempat bersirkulasinya udara di dalam kalter mesin, sama seperti yang kita kenali saat mesin hidup, seher di dalam mesin bergerak turun naik di antara TMA-TMB nach di saat itu berlangsungnya kevakuman udara di dalam kalter.

Saat seher naik udara akan terhisap masuk dan saat seher turun udara akan tertiup ketekan keluar. Tentu saja karena ada selang hawa gerak seher ini lancar.

2. Sebagai Penyalur Kompresi Yang Bocor

Sebagai penyalur kompresi yang bocor, di saat apa yaitu di saat seher ada di cara kompresi bukan mustahil ada udara yang sudah bersatu bahan bakar lewat ke kalter yang melalui dinding silinder dan ring seher. Dan akan di keluarkan di saat seher bergerak turun dipompa ke kotak penyaring udara supaya tidak mencemarkan lingkungan.

3. Sebagai Pendingin Mesin Dan Penghangat Udara

Sebagai pendingin mesin dan penghangat udara,tujuan begitu adalah sebagai pendingin saat udara di luar terhisap masuk ke mesin, yang terhisap tentu saja kan udara dingin.

Nach jika berperan sebagai penghangat adalah saat saat udara dipompa keluar mesin tentu saja udara yang hangat atau panas, ini akan menolong menghangatkan udara yang berada di box filter yang hendak terserap ke ruangan bakar.

Efek selang hawa

Jika dampaknya tentunya anda telah terpikir jika sudah tahu fungsi dari selang hawa ini, gerak dari seher akan terhalang tentunya dan akan berpengaruh ke tenaga mesin dan karena di dalam kalter ada sebuah penekanan udara, seal-seal yang ada dimesin juga menjadi bocor.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi selang hawa pada mesin motor. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Fungsi Selang Hawa Mesin Pada Motor: 3 Peran Dan Ulasannya"