Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memeriksa Dan Membersihkan PCV Valve: Cara Dan Ulasannya

Cara Memeriksa PCV Valve - PCV valve sebagai ringkasan dari Positive Crankcase Ventilation sebagai sisi mesin yang penting dilaksanakan pengecekan. Ini mempunyai tujuan supaya perannya bisa optimal. Lantas bagaimana cara memeriksa PCV Valve?

PCV Valve dipakai untuk tekan dan kurangi jumlah blow by gas yang dibuat dalam mesin karena pembakaran tidak prima, terutamanya Hydro Carbon. Oleh karena itu, udara di dalam bak mesin di alirkan kembali masuk ke intake manifold buat dilaksanakan proses pembakaran ulangi dalam mesin.

Saluran udara yang mengucur ini biasanya memiliki kandungan uap oli dan gas beberapa sisa hasil pembakaran. Hal ini menyebabkan berbagai kotoran pada oli terkadang juga terdorong sehingga menutup saluran pada bagian ini.

Ini dapat menyebabkan persoalan di mesin seperti mesin sulit hidup dan perputaran idle mesin tidak tepat. Untuk memperhitungkan ke-2 persoalan mesin itu, karena itu pengecekan dan pembersihan PCV valve perlu dilaksanakan. Berikut adalah pembahasan berkaitan cara memeriksa dan membersihkan PCV valve yang hendak dibahas pada artikel di bawah ini.

cara memeriksa pcv valve

Keutamaan PCV Valve?

Saat terjadi proses pembakaran BBM di ruangan bakar (combution chamber) ada sebagian kecil kombinasi BBM dan gas hasil pembakaran yang menerobos masuk lewat sela ring piston ke arah Crankcase (Block Mesin).

Jika didiamkan karena itu penekanan dalam block mesin bertambah, dan penekanan ini jika didiamkan bisa membuat oli rembes keluar lewat seal-seal block mesin. Dari sisi "gas" yang menerobos dapat menurunkan kualitas oli yang ada. Karena itu "gas" ini disalurkan keluar Block Mesin.

Saluran PCV Valve

Pada awalnya langsung dibuang ke alam bebas, tapi cara ini memiliki arti mencemarkan udara. Umumnya beberapa mobil sekarang ini menyalurkan kembali gas itu ke intake manifold yang seterusnya disalurkan ke ruangan bakar.

Selain gas, oli dan kotorannya juga terdorong menuju katup ini dan juga intake manifold sehingga mengotori dan menutup saluran. Sebagian orang memodifikasi dengan menambah Oil Catch Can yang perannya tangkap uap oli itu hingga gas yang disalurkan kembali lagi ke intake manifold terlepas dari uap oli.

Letak PCV Valve

Umumnya menempel pada head cover. Untuk Aerio / Next G silakan membuka dahulu cover plastik mesin, hingga mesin terlihat. Katup ini menempel pada head cylinder atau block mesin.

Tinggal ambil ke belakang untuk melepasnya dari block mesin. Untuk melepaskannya dari selang karet tinggal membuka clip gunakan tang dan ambil. Warna PCV valve yaitu abu abu atau orange.

Mengapa PCV Valve perlu dilihat dan dibikin bersih ?

Katup ini bisa kotor oleh uap oli serta dapat membuat mampat. Maka perlu dibikin bersih juga. Apabila PCV Valve ini sampai buntet benar-benar atau hancur, maknanya Block Mesin tanpa sirkulasi.

Contoh selalu tutup yang maknanya sama juga mampet, atau selalu buka yang maknanya saluran udara luar malah masuk ke block mesin. Walau sebenarnya semestinya cuman keluarkan penekanan/gas dari block mesin keluar.

Cara Memeriksa Dan Membersihkan PCV Valve

 Terdapat beberapa cara untuk memeriksa dan membersihkan pcv valve diantaranya yaitu:

1. Cara memeriksa PCV Valve

  • Membuka kap mesin dan lihat letak PCV valve pada tutup kepala silinder
  • Terlepas dan cabut PCV valve dari tutup kepala silinder dan diamkan selang vakum masih tetap dipasang pada PCV valve
  • Nyalakan mesin dan diamkan sampai status idling (langsam)
  • Tutup dengan jemari pas di bagian ujung PCV valve yang terbuka untuk memeriksa kevakuman udara dari intake manifold. Rasakan sedotan udara di jemari. Bila tidak berasa kevakuman, ada peluang PCV valve pada keadaan buntet dan tersumbat.
  • Sesudah pengecekan kevakuman, matikan mesin dan terlepas selang vakum yang melekat pada PCV valve.
  • Goyang-goyang dan kocok PCV valve, selanjutnya dengar bunyi cek needle dalam valve. Bila tidak ada bunyi berderak, ini mengisyaratkan katup dalam valve pada keadaan tersumbat atau buntet.

Keadaan PCV Valve yang dipandang baik dan dapat berperan adalah seperti berikut

  • Ada kevakuman udara yang terjadi saat dilaksanakan test kevakuman
  • Kedengar bunyi berderak saat PCV valve di kocok dan digoyangkan-goyang dengan tangan

Bila saat di test dengan ke-2 keadaan itu PCV valve tidak mengisyaratkan hal yag semestinya, cara seterusnya adalah dengan lakukan pembersihan.

2. Cara membersihkan PCV valve

Sementara untuk cara membersihkan kotoran dalam PCV Valve adalah disemprot seperti Carbon Cleaner. Kemudian pcv valve dikocak terlebih dahulu. Oleh karena itu maka lakukan pekerjaan ini sampai cairan yang keluar kelihatan bersih dan katup dalam PCV valve dapat bergerak.

Sesudah di membersihkan pasang lagi dan melakukan pengujian ulangi untuk pastikan proses pengecekan dan pembersihan CV valve telah dilaksanakan secara benar. Namun apabila katup ini tidak kocak atau macet maka perlu dilakukan penggantian.

Diatas adalah ulasan terkait cara memeriksa dan membersihkan PCV valve. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Memeriksa Dan Membersihkan PCV Valve: Cara Dan Ulasannya "