Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang Talang Air Mobil: 5 Cara Dan Ulasannya

Cara Pasang Talang Air Mobil - Penggunaan talang air memang dapat percantik mobil. Namun terkadang terkendala biaya untuk pemasangan. Lalu bagaimana cara mudah untuk pasang talang air mobil?

Pemasangan sisi ini dipandang dapat percantik mobil sekalian mempunyai peranan yang berguna. Letak pemasangan talang air mobil ini berada dibagian atas pintu. Talang air mempunyai beragam faedah. Faedah intinya adalah merintangi air hujan supaya tidak membasahi sisi kaca mobil. Selanjutnya juga bisa untuk menahan air hujan masuk ke mobil saat kaca dibuka.

Cara pasang talang air mobil ini sebetulnya dapat disebut tidak susah, cukup hanya mempaskan tempatnya dan menempelkan talang air itu ke pintu karena itu anda bisa rasakan peranan talang air mobil.

Untuk penempatannya dapat dilaksanakan oleh mekanik atau juga bisa dilaksanakan sendiri untuk mengirit ongkos penempatan. Lalu bagaimana cara memasang atau pasang talang air mobil ini ? Berikut panduan cara pasang talang air mobil.

cara pasang talang air mobil

Alat dan bahan yang dibutuhkan

Satu set talang air, terang ini adalah bahan intinya. Anda dapat beli talang air di bengkel dikota anda atau lewat cara online pada harga sekitaran 150 ribu perset. Yakinkan anda pun beli talang air yang pnp untuk mobil anda (tiap mobil punyai wujud talang air berbeda).

  1. 3M ganda tape, ini adalah ganda tape yang dipakai untuk memasang talang air. Ganda tape ini berlainan dengan ganda tape biasa, 3M memakai bahan seperti busa yang cukup lebar dengan daya lekat tinggi. Anda dapat memperolehnya di toko ATK.
  2. Gunting
  3. Larutan sabun
  4. Kain lap (kanebo dan lap biasa)

Cara Pasang Talang Air Mobil

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untu pasang talang air pada mobil diantaranya yaitu:

1. Persiapkan talang air mobil yang hendak terpasang

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk pasang talang air mobil adalah dengan menyiapkan talang air yang hendak terpasang. Talang air mobil biasanya dipasarkan per set, terdiri 4 buah talang air untuk di pasang pada masing-masing pintu mobil.

Pisah lebih dulu talang air untuk segi kiri depan dan belakang dan talang air untuk segi kanan depan dan belakang buat menahan kekeliruan penempatan. Kemudian cocokan lebih dulu dimensi talang air dengan dimensi pintu mobil.

Yakinkan, lekukan dan potongan talang air yang hendak terpasang memang pas, tidak kurang kurang. Selanjutnya kerjakan pengukur penempatan supaya Anda dapat mengira-ngira saat proses telah diawali. Disamping itu tipe talang air harus PNP (socket n play) yang maknanya ukuran dan lekukannya telah cocok. Bila tidak sebagai tipe PNP, karena itu Anda harus menggunting talang air saat proses penempatan supaya cocok.

2. Membersihkan tempat penempatan talang air yang berada di pintu

Langkah ke-2 dari cara pasang talang air mobil ini adalah dengan bersihkan tempat penempatan talang air yang berada di pintu. Membersihkan semua permukaan sisi atas pintu tempat penempatan talang air dengan memakai air sabun / shampoo mobil.

Lokasi yang dijadikan tempat pemasangan talang air ini betul-betul bersih dari debu, kotoran, minyak, atau kotoran sisa lem. Bersihkan sampai bersih tempat itu, selanjutnya keringkan dengan memakai kain lap sampai betul-betul bersih, kering, dan permukaan atasnya berasa keset saat digenggam.

Berbagai kotoran ini bisa membuat lem pada talang air tidak bisa merekat dengan prima hingga bisa membuat talang air gampang terlepas.

3. Lekatkan 3M ganda tape pada permukaan talang air

Kita lekatkan 3M ganda tape pada permukaan talang air, sehingga kita tempelkan ganda tapenya di talang air tidak pada permukaan pintunya.Kuncinya ada di ganda tape yang dipakai. Jika anda memakai ganda tape biasa, kemungkinan melekat sebelumnya. Tetapi selang beberapa saat talang air dapat terlepas, ini karena ketebalan ganda tape biasa itu benar-benar tipis dibanding 3M.

Kekurangan 3M ini, cuman satu yaitu saat anda akan menukar talang air. Entahlah karena telah hancur atau terlepas, pokoknya ganda tape ini akan tinggalkan sisa lem sepert stiker . Maka untuk menghilangkan perlu tehnik khusus.

4. Pasang dan tempelkan talang air pada pintu

Selanjutanya cara pasang atau memasang talang air mobil yang keempat adalah pasang dan tempelkan talang air pada pintu.

Untuk menahan lem melekat penuh ke pintu dan status talang air belum lempeng, karena itu membuka beberapa plastik penutup lem ganda tape yang berada di ke-2 ujung talang air yang hendak terpasang. Diamkan beberapa segi plastik penutup lem ganda tape barusan menjuntai disebelah kiri kanan talang air.

Sesudah lem terbuka, statuskan talang air supaya lempeng dan sesuai status di pintu. Sesudah cocok, rekatkan lem di ke-2 ujung segi talang air. Seterusnya adalah ambil keluar segi plastik penutup ganda tape yang menjuntai barusan sekalian tekan talang air ke pintu mobil supaya lem melekat dengan kuat.

Kerjakan cara yang serupa untuk tiap-tiap pintu yang hendak terpasang talang airnya. Masih tetap lihat status kerataan talang air di antara depan dan belakang dan kecocokan di antara talang air segi kanan dan segi kiri.

5. Nantikan sampai lem betul-betul lekat dan melekat kuat

Sesudah semua cara pasang talang air mobil dipasang secara benar dan rata, nantikan sekitaran 30 menit untuk pastikan lem yang dipakai betul-betul melekat dengan kuat dan kuat saat sebelum mobil dipakai.

Dengan demikian, kita dapat pastikan jika lem yang dipasang telah kuat dan menahan peluang talang air lepas dari tempat penempatan.

Diatas adalah beberapa ulasan terkait cara pasang talang air mobil dengan mudah. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Pasang Talang Air Mobil: 5 Cara Dan Ulasannya"