Power Window Tidak Bisa Naik : 5 Penyebab & Cara Mengatasinya

Power Window Tidak Bisa Naik - Salah satu sistem tambahan yaitu power window yang memudahkan saat membuka dan menutup kaca jendela. Namun sering terjadi kerusakan pada power window yaitu tidak bisa naik. Lalu apa saja penyebab power window tidak bisa naik? Bagaimana cara mengatasinya?

Apa lagi saat akan masuk tol mendadak macet tidak bisa nge-tap kartu tol pasti membuat gugup, apa lagi bisa menyebabkan antrean panjang ada di belakang. Permasalahan itu bisa terjadi pada piranti ini ialah kaca geret atau tidak lancar saat keadaan naik atau turun.

Power window geret telah biasa terjadi pada mobil mobil yang lama khususnya selain daftar kaca yang geret bisa dikarenakan oleh jalinan perkabelan yang tidak bagus khususnya pada socket socket ikatan kabel.

Oleh karena itu perlu pengecekan secara teliti. Berikut ulasan terkait power window tidak bisa naik baik penyebab maupun cara mengatasi.

power window tidak bisa naik

Power Window Tidak Bisa Naik

Power window tidak bisa naik dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu:

1. Permasalahan pada sekering

Cara memeriksa yang termudah dari sekeringnya, tetapi bila rupanya telah ditukar, tetapi masih tetap memiliki masalah atau putus kembali, kita harus dilihat sisi lain, terjadi kemungkinan korslet. Peranan sekering ialah pemutus arus listrik untuk meminimalkan berlangsungnya korsleting. Bila sekering itu hancur bisa mengakibatkan semua power window tidak akan berperan.

2. Kelistrikan dan sakelar power window

Bila sekring telah ditukar tetapi power window tetap tidak bisa naik, coba periksa mekanisme kelistrikan di power window. Apabila tegangannya tidak normal tetapi tegangan accu bagus, maka kemungkinan terjadi kerusakan pada saklar power window.

Hal ini dapat terjadi atau muncul karena ada korsleting yang berpengaruh pada terbakarnya sakelar power window.

3. Motor power window

Jika kelistrikan dan sakelar normal, permasalahan seterusnya yang terjadi kemungkinan ada di motor power window, kemungkinan sudah kurang kuat, atau telah alami aus di geriginya. Motor power window yang kurang kuat harus ditukar.

Motor power window ini terletak dalam pintu mobil. Peranan dari dinamo ini adalah menggerakan regulator, hingga kaca bisa naik dan turun.

Kerusakan pada bagian ini terjadi karena kumparan tembaga dinamo yang terbakar karena korsleting listrik. Oleh karena itu power window tidak bisa bekerja dengan optimal.

4. ​​Regulator power window

Sisi yang ini berperan untuk gerakkan kaca mobil naik dan turun didukung oleh dinamo power window. Elemen ini kerap alami kerusakan yang disebabkan gerigi regulator aus, akhirnya power window tidak berperan normal.

Tetapi bisa karena tempat dudukan kaca pada regulator lepas atau lepas. Hingga di saat regulator bekerja, kaca tidak bisa naik turun seperti umumnya.

Bila regulator itu memiliki masalah karena itu kaca tidak akan bisa turun atau naik. Keausan di gerigi atau penyambung dudukan kaca yang lepas, mengakibatkan kaca tidak bisa naik turun pada sistem power window.

4. Lis karet kaca

Lis kaca yang jaga gerakan kaca mobil bisa aus karena bersinggungan dengan kaca. Apa lagi bila pergerakan kaca berasa berat, kasar, atau bahkan juga keluar lajurnya.

Biasanya lis karet kaca jadi cepat hancur karena sering terserang debu dan air. Oleh karenanya, yakinkan selalu sisi itu terbebas dari debu dan dilapis cairan silikon agar bekerja yang baik.

5. Karet Seling Rusak

Selain itu penyebab power window tidak bisa naik yaitu karet seling rusak. Pada tipe penggerak kawat biasanya kawat seling berguna untuk menggerakkan kaca agar bisa naik dan turun. Namun apabila kawat ini mengalami kerusakan tentu power window tidak dapat bergerak naik dan turun.

Cara Mengatasi Power Window Tidak Bisa Naik

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi power window tidak bisa naik yaitu:

1. Check tegangan di terminal atau socket ke arah power window

Saat kaca jendela naik atau turun maka perlu mengecek voltage drop pada motor power window apabila mencapai 6-8 volt dapat menjadi faktor power window tidak bekerja. Akan tetapi saat mesin hidup power window bisa bergerak naik turun karena tegangan semakin tinggi.

2. Check tegangan pada sakelar power window

Apa turun tegangan datang dari sakelar power window, jika memang ya bisa kerjakan pembaruan atau pembersihan contact sakelar atau alternative lainnya tukar sakelar power window.

3. Check Turun Voltage pada sekring Power Window

Bila terjadi turun voltage atau turun tegangan yang terarah pada sekring power window, check keadaan socket sekring dari kotoran kerak dan kendur bila di dapatkan hal itu membersihkan dan benahi socket sekring.

4. Check Turun tegangan pada Kunci Contact / Socket Yang Dekat Kunci Contact

Bandingkan hasil pengukuran voltage drop saat kunci kontak on, dan tegangan stand-by dari accu dengan tegangan pada terminal IG atau ACC saat kunci contact status ON. Apabila voltage drop lebih dari 0.5 volt perlu dilakukan pengecekan beban kelistrikan pada power window. Ini bisa dilaksanakan pembersihan contact sakelar pada kunci contact atau menukar terminal kabel pada kunci contact.

Jadi pokok dari persoalan ialah karena umur, kontak-kontak kabel atau socket tidak tersambung secara baik hingga terjadi voltage turun pada ikatan-sambungan itu.

Diatas adalah ulasan terkait power window tidak bisa naik baik dari segi penyebab maupun cara mengatasinya. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Power Window Tidak Bisa Naik : 5 Penyebab & Cara Mengatasinya"