Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kompresi Motor Dan Jenis Bahan Bakar: 4 Macam & Kompresi Yang Pas

Kompresi Motor Dan Jenis Bahan Bakar - Kompresi pada motor sangat berperan untuk menentukan penggunaan jenis bahan bakar. Apabila salah dalam penggunaan biasanya mesin tidak dapat bekerja maksimal. Lalu apa hubungan antara kompresi motor dan jenis bahan bakar?

Kompresi adalah satu diantaranya komponen yang penting untuk dipahami untuk setiap pemilik kendaraan. Hal ini dikarenakan kompresi menunjukan nilai tekanan pada sebuah motor. Semakin tinggi kompresi motor maka jenis bahan bakar yang digunakan juga harus semakin bagus. Hal ini berlaku sebaliknya.

Apabila kompresi motor dan jenis bahan bakar dihiraukan biasanya akan muncul berbagai masalah seperti tenaga kurang dan lain sebagainya. Berikut ulasan terkait kompresi motor dan jenis bahan bakar.

kompresi motor dan jenis bahan bakar

Pengertian Kompresi Motor

Kompresi motor sebagai pertanda yang menunjukkan jumlah penekanan yang ada dalam silinder motor. Ketika piston pada motor mulai menyemprotkan bahan bakar yang seterusnya akan ditangkap oleh api busi merupakan proses timbulnya kompresi.

Untuk menghindari kebocoran kompresi pada motor maka perlu pemeriksaan secara periodik. Dari segi itu, pemilik kendaraan harus dapat ketahui banyak hal yang bisa menyebabkan berjalannya kebocoran kompresi pada motor.

Satu diantaranya penyebab berjalannya kompresi pada silinder adalah ada keluasaan jarak antara liner dan seher. Dari segi itu, kompresi juga bisa berjalannya karena ring seher yang lemah, sampai tidak dapat bekerja maksimal dalam penekanan di silinder mesin.

Kebocoran mesin yang tidak sesegera ditangani dengan baik akan berpotensi menyebabkan kerusakan yang akut. Mengakibatkan karena kebocoran ini adalah perform mesin semakin turun atau bahkan tidak bisa dihidupkan sama sekalinya. Di atas sebagai pembahasan berkaitan apa itu kompresi motor.

Pengertian Rasio Kompresi

Rasio kompresi adalah perbedaan yang timbul antara volume silinder saat piston ada di titik mati bawah dan atas. Jika perbedaan yang berada di piston ini makin tinggi karena itu bisa disimpulkan jika bahan bakar yang dipakai dengan jumlah besar.

Banyak yang mendefinisikan rasio sebagai proses pembuangan gas yang terjadi saat mesin mobil sedang bekerja. rasio pada kompresi ini dipandang terkait dengan tipe bahan bakar yang digunakan untuk mesin motoritu.

Rasio kompresi motor yang tinggi dan memengaruhi jenis bahan bakar yang dipakai. Jika research octane number ini dengan jumlah besar karena itu mesin pada mobil akan rawan alami detonasi.

Perbedaan rasio ini bisa disaksikan dari besar silinder yang ada di mobil. Tiap mobil memiliki besaran silinder yang lain, hingga pengukur rasio ini harus dilaksanakan dengan cermat. Penyeleksian bahan bakar yang pas untuk mobil tentukan perbedaan piston itu.

Hubungan Kompresi Motor Dan Jenis Bahan Bakar

Kendaraan motor jangan memakai bahan bakar yang asal-asalan. Ada banyak tipe bahan bakar untuk kendaraan motor tetapi pada pemakaiannya harus disamakan dengan karakter mesin.

Tipe bahan bakar kendaraan motor yang berjalan setiap negara berbeda. Di Indonesia ada 4 tipe bahan bakar kendaraan motor yang bisa dipakai. Bahan bakar kendaraan motor yang berjalan di Indonesia diantaranya adalah pertalite, Pertamax, premium, dan pertamax turbo.

Tiap bahan bakar kendaraan motor yang berjalan di Indonesia disamakan dengan detail mesin semasing. Kesesuaian bahan bakar dengan detail mesin ini bisa ditetapkan lewat oktan yang diukur dengan memperbandingkannya dengan rasio pada kompresi.

1. Penilaian Memakai Oktan

Saat sebelum itu, kita harus tahu pengertian dari Nilai Oktan pada bahan bakar. Perlu diketahui bahwa nilai oktan menunjukan besarnya penekanan yang dapat diberi saat sebelum bensin terbakar secara spontan.

Besarnya penekanan ini, kombinasi udara dan bensin bisa juga terbakar secara spontan saat sebelum recikan api dari busi keluar. Apabila campuran dapat terbakar hanya karena tekanan kompresi maka dapat timbul knocking. Knocking ini yang hendak mengakibatkan mesin cepat hancur.

Makin tinggi nilai oktan, makin besar penekanan yang diperlukan bahan bakar untuk terbakar. Bila bahan bakar berharga oktan rendah dipakai di mesin yang direncanakan untuk oktan tinggi, bahan bakar dapat meletus atau mengakibatkan ketukan luar biasa yang dapat menghancurkan mesin. Oleh karena itu kompresi motor dan jenis bahan bakar harus disesuaikan agar mesin tahan lama.

2. Kompresi Dan Jenis Bahan Bakar Yang Pas

Secara umum tiap pabrik telah memberikan tipe bahan bakar yang bisa dipakai untuk kendaraan. Ini membuat pemilik semestinya ikuti saran bahan bakar yang telah ditetapkan dari pabrik itu.

Kesesuaian bahan bakar dengan mesin sebagai hal yang penting supaya kendaraan tidak alami masalah. Berikut adalah beberapa macam opsi bahan bakar untuk mesin mobil yang dapat disamakan dengan detail dari pabrik.

a. Premium

Tipe bahan bakar pertama kali yang bisa dijadikan opsi untuk menghidupkan mesin mobil adalah premium warna kuning. Bahan bakar premium termasuk mempunyai oktan dengan nilai yang terendah yakni cuman 88 saja.

Jumlah rasio pada kompresi mesin mobil yang memakai bahan bakar bensin adalah 9 : 1. Kecepatan mobil yang memakai bahan bakar bensin untuk mesinnya termasuk benar-benar rendah. Dari sisi itu emisi yang dibuat proses dari pembakaran termasuk tinggi.

b. Pertalite

Pertalite sebagai tipe bahan bakar ke-2 yang dapat dipakai untuk mesin mobil dengan oktan 90. perbedaan kompresi pada mesin mobil yang memakai bahan bakar pertalite adalah di antara 9 : 1 sampai 10 : 1.

Bahan bakar pertalite sama dengan warna hijau yang condong gelap. Pertamax sebagai bahan bakar yang dapat hasilkan tarikan mesin lebih lembut bila dibanding dengan premium.

c. Pertamax Biru

Bahan bakar Pertamax sebagai tipe yang umum dipakai untuk mobil. Ini karena Pertamax dipandang sebagai bahan bakar yang bagus. Besaran oktan pada mesin mobil yang memakai bahan bakar Pertamax adalah sebesar 92.

Kendaraan yang dapat memakai bahan bakar Pertamax adalah kendaraan yang mempunyai rasio 10 banding 1 sampai 11 banding 1. Besaran hasil ini bisa disaksikan dari detail kendaraan yang telah ditetapkan dari pabrik.

d. Pertamax Racing

Pertamax Racing sebagai tipe bahan bakar yang dapat dipakai untuk kendaraan dengan kecepatan tinggi sekali. Bahan bakar ini umumnya diputuskan untuk mobil yang yang dipakai untuk tempuh perjalanan jauh dengan kecepatan tinggi.

Besaran akan kendaraan yang memakai bahan bakar Pertamax Racing adalah di atas 100. Sementara untuk perbedaan rasio yang ada di kompresi adalah di atas 13 : 1.

Diatas adalah ulasan terkait kompresi motor dan jenis bahan bakar yang digunakan. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Kompresi Motor Dan Jenis Bahan Bakar: 4 Macam & Kompresi Yang Pas"