Mengatasi Karbu Banjir : Penyebab, Tanda, & Cara Mengatasi

Mengatasi Karbu Banjir - Pernahkan anda menyaksikan bensin meluber dari karburator motor anda ? itu namanya karburator banjir, keadaan ini dapat karena beberapa hal tetapi yang terang keadaan ini cukup beresiko. Karena itu sahabat harus ketahui apa pemicunya dan ketahui cara mengatasi karburator banjir.

Sebetulnya karburator banjir tidak mengganggu performa mesin. Tetapi jika bensin mengalir terus, karena itu bahan bakar akan dibuat percuma. Terdapat berbagai faktor yang dapat menjadi penyebab karburator banjir.

Permasalahan karbu banjir ini kerap menerpa terutamanya jika karburator tak pernah diservis. Selain itu posisi karbu yang lebih rendah daripada tangki bahan bakar juga dapat menyebabkan masalah ini.

Tapi, semestinya saluran bensin dari tanki tidaklah sampai luber karena karburator mempunyai mekanisme pelampung yang automatis tutup saluran bensin dari tanki saat keadaan mangkok karbu telah penuh. Untuk lebih jelas mengenai bagaimana mengatasi karbu banjir dan penyebabnya akan diulas pada artikel berikut ini.

mengatasi karbu banjir

Penyebab Karburator Banjir

Penyebab Khusus Karburator Banjir adalah jika ada serapan bensin diarea ikatan selang karburator dengan selang udara, karena itu dapat ditegaskan terjadi kebocoran kaburator. Permasalahan itu dapat mengakibatkan motor susah dihidupkan dan akan keluar berbau bensin dari knalpot.

Kemungkinan sahabat langsung cemas jika alami hal itu karena ketidakjelasan pada penyebab karborator banjir. Nach untuk ketahui apa pemicunya, silakan baca di bawah ini.

Salah satunya penyebab karburator banjir ialah mekanisme pelampung yang salah penempatan atau penyetelan yang tidak sesuai. Pelampung ini memiliki tugas agar tetap menjaga jumlah bensin yang ada diruang pelampung yaitu 1 atm.

Needle valve yang terbuka maka membuat aliran bensin dari bak yang selanjutnya membuat ruangan pelampung berisi bensin. Hal ini akan membuat pelampung akan naik dan menggerakan needle valve untuk menuntup saluran bensin saat ruang pelampung penuh.

Akibatnya saluran bensin berhenti dan penekanan di dalam ruangan pelampung tidak terlalu berlebih. Akhirnya bila mekanisme pelampung alami kerusakan, karena itu bensin tetap mengucur terus dan mengakibatkan kebocoran karburator.

Selain permasalahan mekanisme pelampung, penyebab karborator banjir yang lain ialah karena penempatan buat pembuangan yang kurang kuat, hingga bensin terus menetes. Cara mengatasi karburator banjir itu pasti benar-benar gampang, karena kita tinggal mengecangkan baut tadi telah dikendorkan. Jika didiamkan saja, karena itu automatis motor berasa lebih boros. Sayang beberapa orang yang belum tahu cara mengetahui kebocoran karbu, hingga kerap kali hal itu didiamkan saja

Tanda-Tanda Karburator Banjir

Cara Ketahui Karburator Banjir Kebocoran karbu seharusnya segera diperbaiki.
Selain itu juga dapat dilihat secara visual mengenai karbu bocor. Berikut pertanda atau tanda-tanda karburator banjir atau bocor.

  1. Mesin sudah dihidupkan dan ada brebet.
  2. Saat motor dipanaskan seringkali mati sendiri
  3. Knalpot akan mengeluarkan bau bensin
  4. Konsumsi bahan bakar terasa lebih boros
  5. Bensin menetes dari saluran perputaran karburator
  6. Karburator yang banjir menyebabkan resapan pada ikatan selang udara, sampai seringkali bensin menetes keluar
  7. Saat status stasioner. RPM mesin cenderung mati
  8. Asap kendaraan warna gelap

Tanda karburator bajir di atas harus teman dekat ketahui agar bisa memilih untuk memperbaiki karburator atau menggantinya sama dengan yang baru. Cara mengatasi karburator banjir sebenarnya cukup mudah. Terdapat beberapa tutorial cara mengatasi karbu atau karborator banjir atau bocor yang kami mengumpulkan berikut ini.

Mengatasi Karbu Banjir

Selanjutnya kita perlu mengetahui bagaimana mengatasi karbu atau karburator banjir. Sebetulnya cara mengatasi karbu atau karburator banjir benar-benar gampang.

Untuk memperbaiki karburator bocor, sebetulnya gampang. Tinggal kita overhoule untuk bersihkan sisi mekanisme pelampungnya, mungkin karena yang menjadi penyebab cuman jarum yang mampet kotoran atau hal remeh yang lain.

Tetapi bagaimana jika tidak dapat membedah karburator ?

Anda sebetulnya tak perlu melepaskan karburator dari mesin, cukup bebaskan mangkok karbu yang berada di bagian bawah karbu. Peranan elemen ini untuk memuat bensin dari tanki bahan bakar. Untuk melepaskannya, ada 4 buah skrup yang dapat dilepaskan dengan obeng

Selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi karbu banjir, anda akan menyaksikan pelampung yang dengan bahan plastik. bebaskan pelampung dari dalam karbu needle valvenya. Untuk melepaskan pelampung ini biasaya cuman diambil pin penguncinya saja.

Lalu test pelampung dengan cara mengapungkannya pada air sekalian ditekan-tekan, jika pelampung masih mengambang secara baik itu pertanda pelampung masih tetap baik dan tak perlu ditukar.

Cara selanjutnya untuk mengatasi karbu banjir, membersihkan sisi atas mangkok karbu. Sama seperti yang saya ucapkan awalnya, bisa jadi ini dikarenakan oleh jarum pelampung tertahan kotoran hingga tidak dapat tutup. Untuk menanganinya, membersihkan sisi dalam karbu dapat memakai bensin + sikat gigi atau carburetor cleaner.

Check keadaan needle valve, apa permukaan jarumnya rata atau mungkin tidak. Triknya, pasang jarum dan pelampung seperti umumnya lalu membuka keran bensin sekalian tekan pelampung mengarah atas. Semestinya, didesak sedikit saja bensin tidak dapat keluar.

Tetapi jika bensin masih menetes , itu pertanda needle valve yang telah hancur dan perlu ditukar. Upayakan untuk memerhatikan bahan bakar yang dipakai. Bila motor akan dihentikan dalam waktu yang lama (sampai berbulan-bulan), lakukan untuk tutup keran bensin

Diatas adalah ulasan terkait bagaimana cara mengatasi karbu atau karburator banjir pada kendaraan beserta penyebab dan tanda gejala yang terjadi pada mesin. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mengatasi Karbu Banjir : Penyebab, Tanda, & Cara Mengatasi"