Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spesifikasi Kekencangan Tali Kipas Adalah : Ukuran & Cara Mengencangkan

Spesifikasi Kekencangan Tali Kipas Adalah - Pada beberapa tipe kendaraan masih diperlukan pengecekan kekencangan tali kipas. Terdapat spesifikasi kekencangan tali kipas pada mesin kendaraan. Lalu berapa spesifikasi kekencangan tali kipas adalah?

Pada beberapa kendaraan yang kipasnya belum memakai kipas elektrik, karena itu untuk gerakkan kipas yang dipakai untuk mendinginkan mesin memakai belt yang tersambung dengan pully kutub engkol.

Sebetulnya meskipun kipasnya telah memakai kipas elektrik, masih tetap ada yang namananya v-belt atau fan belt ini, perannya untuk gerakkan alternator, pompa air, pompa power steering atau compressor ac.

Berikut akan diulas mengenai spesifikasi kekencangan tali kipas pada mesin. Selain itu juga dibahas terkait cara memeriksa dan menyetel kekencangan tali kipas pada kendaraan.

spesifikasi kekencangan tali kipas adalah

Memeriksa Kekencangan Tali Kipas

Untuk memeriksa kemelut tali kipas bisa memakai tangan atau memakai alat yang namanya spring scale, tetapi agar semakin tepatnya tentu saja memakai alat. Sementara untuk memakai tangan cuman beberapa orang tertentu saja yang telah terlatih atau akrab dengan hal itu.

Spesifikasi Kekencangan Tali Kipas

Berdasar buku panduan untuk mengetahui spesifikasi kekencangan tali kipas adalah jika memakai spring scale karena itu didesak/diambil dengan beban 10 kg, dengan spesifikasi 7 - 11 mm.

Cara Menyetel Kekencangan Tali Kipas

  1. Untuk keluarkan tali kipas, hal pertama kali yang harus dilaksanakan adalah mengendorkan baut pemegang alternator (bawah), bila macet pakai kunci 12 2 buah untuk mengendorkannya.
  2. Selanjutnya dituruti dengan mengendorkan baut geprekel alternator (atas), sama dengan saat mengendorkan baut pemegang alternator, bila macet pakai kunci 12 2 buah.
  3. Sesudah di kendorkan, terlepas tali kipas secara perlahan-lahan dan keluarkannya dari engine.
  4. Cara selanjutnya adalah memeriksa kualitas dari tali kipas tersebut. Triknya tekuk tali kipas secara detail saat lagi di check adakah sisi dari tali kipas yang rengat. Kemudian balik tali kipas untuk memeriksa retakan yang berada di tali kipas sisi dalam. Bila ada retakan, tali kipas harus selekasnya ditukar. Ini dilaksanakan untuk memperhitungkan bila setiap saat tali yang rengat itu akan alami putus saat dipakai.
  5. Apabila sudah usai di check, pasang lagi tali kipas itu pada tempatnya sebelumnya. Untuk memudahkan penempatan, pakai kunci T antara alternator dan mesin selanjutnya ambil ke bawah hingga tali itu menegang dan mengencangkan baut pemegang alternator dan baut geprekel alternator.
  6. Apabila sudah dipasang, check kekencangan tali kipas dengan spring scale selanjutnya diambil dengan gaya 10 kg, sabuk kipas yang bagus akan merenggang di antara 6-11 mm.

Diatas dibahas terkait spesifikasi kekencangan tali kipas adalah pada kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Spesifikasi Kekencangan Tali Kipas Adalah : Ukuran & Cara Mengencangkan"