Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Kompresi Motor: Pengertian Dan Cara Mengukur

Apa Itu Kompresi Motor - Kompresi adalah tanda yang memperlihatkan jumlah penekanan yang berada di dalam silinder mesin kendaraan. Lalu apa itu kompresi motor?

Kompresi adalah salah satunya elemen yang perlu untuk dimengerti untuk tiap pemilik kendaraan. Tetapi, ada banyak pemilik kendaraan yang menduga kompresi dan rasio kompresi itu sama. Walau sebenarnya di antara kompresi dan rasio memiliki ketidaksamaan yang cukup berarti.

Oleh karena itu perlu dipahami terkait apa itu kompresi pada mesin motor. Berikut ulasan terkait apa itu kompresi motor.

apa itu kompresi motor

Apa Itu Kompresi Motor?

Apa itu kompresi motor? Kompresi motor sebagai tanda yang memperlihatkan jumlah penekanan yang berada di dalam silinder motor. Proses kompresi ini terjadi di saat piston pada motor mulai menyemprot bahan bakar yang selanjutnya akan diamankan oleh api busi.

Pengujian penekanan yang berada di dalam silinder perlu dilaksanakan secara periodik untuk menghindar kebocoran kompresi pada motor. Dari sisi itu, pemilik kendaraan harus juga dapat pahami beberapa hal yang dapat mengakibatkan berlangsungnya kebocoran kompresi pada motor.

Salah satunya pemicu berlangsungnya kompresi pada silinder adalah ada keluasan jarak di antara liner dan seher. Dari sisi itu, kompresi bisa juga berlangsungnya karena ring seher yang kurang kuat, hingga tidak bisa bekerja optimal dalam penekanan di silinder mesin.

Kebocoran mesin yang tidak selekasnya diatasi secara baik akan mempunyai potensi mengakibatkan kerusakan yang kronis. Akibatnya karena kebocoran ini adalah performa mesin makin menurun atau bahkan juga tidak dapat dihidupkan sama sekalipun. Diatas merupakan ulasan terkait apa itu kompresi motor.

Cara Mengukur Kompresi Motor

Setelah mengetahui apa itu kompresi motor maka perlu diketahui bagaimana cara mengukurnya. Alat yang dipakai untuk mengukur kompresi adalah compression gauge yang disambungkan ke lubang besi lewat adaptor. Cara yang seterusnya adalah tekan elektrik starter supaya mesin kendaraan dapat berpijar.

Hal selanjutnya yang penting jadi perhatian dalam mengukur kompresi mesin adalah besaran penekanan pada silinder. Anda perlu memerhatikan jarum petunjuk yang ada di compression gauge untuk pastikan penekanan sesuai keperluan silinder.

Penekanan silinder yang makin akan bawa imbas baik untuk kendaraan motor. Ini karena penekanan itu akan hasilkan tenaga yang besar untuk mesin kendaraan. Mobil bisa bergerak dengan kecepatan tinggi jika penekanan pada silinder sejumlah besar.

Elemen yang lain perlu dilihat saat ingin memerhatikan kompresi mobil adalah karbu dan kopling. Pengujian elemen ini perlu dilaksanakan saat penekanan dalam silinder dengan jumlah yang besar, tetapi kompresi tetap alami kebocoran dan performa tidak optimal.

Diatas adalah ulasan terkait apa itu kompresi motor dan bagaimana cara mengukur kompresi motor. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Kompresi Motor: Pengertian Dan Cara Mengukur"