Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Lampu Mundur Mati : 4 Cara Dan Ulasannya

Cara Mengatasi Lampu Mundur Mati - Terkadang kelistrikan kendaraan memiliki permasalahan, salah satunya lampu mundur mati. Terdapat beberapa cara yang diperlukan untuk mengatasi lampu mundur mati. Lalu bagaimana cara mengatasi lampu mundur mati?

Lampu mundur berperan sebagai signal info ke seseorang jika mobil yang kita kendarai akan bergerak mundur. Biasanya, lampu mundur memakai warna putih. Selain ketentuan yang berjalan, warna putih pada lampu mundur berperan untuk menyinari jalan ada di belakang saat keadaan gelap seperti malam ataupun waktu ada di lantai dasar.

Walau lampu mundur ini tidak penting lampu sein dan lampu kepala, tetapi lampu mundur yang mati tetap akan mencelakakan untuk sang pengendara atau seseorang di sekitar kendaraan ini.

Pada artikel ini kali akan diulas secara lengkap mengenai bagaimana cara mengatasi lampu mundur mati. Berikut beberapa cara mengatasi lampu mundur mati seperti di bawah di bawah ini.

cara mengatasi lampu mundur mati

Cara Mengatasi Lampu Mundur Mati

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi lampu mundur mati pada mobil yaitu:

1. Check sekring/Fuse lampu mundur

Langkah awal yang dapat dilakukan cara mengatasi lampu mundur mati dengan mengecek keadaan sekring / fuse. Salah satunya pemicu lampu mundur avanza mati ialah karena sekring lampu mundurnya putus.

Kode sekering berbeda beda setiap mobil, namun untuk avanza memiliki kode IG1/BACK sama ukuran 7.5 Ampere dan warna coklat. Untuk mencari sekering ini maka perlu mencari letak atau posisi dari fuse box. Setiap posisi fuse box berbeda, namun untuk avanza biasanya dibawah dasboard bagian pengemudi.

Sekring yang putus akan menyebabkan saluran listrik dari accu mobil ke arah lampu mundur jadi terputus dan tidak bisa mengucur hingga lampu mundur tidak berpijar. Periksalah sekring itu, bila putus selekasnya tukar dengan sekring yang ukuran sama selanjutnya check kembali apa lampu mundur telah berpijar atau memang belum.

Bila lampu mundur telah berpijar, karena itu permasalahan cuman dari sekringnya saja. Tetapi, bila lampu mundur belum juga berpijar baca cara ke-2 di bawah ini.

cara mengatasi lampu mundur mati

2. Check bohlam lampu mundur

Cara mengatasi lampu mundur mati pada mobil yang kedua yaitu perlu melakukan pengecekan pada bohlam lampu mundur. Hal ini maka diperlukan membongkar bagian rear combination lamp untuk mengecek kondisi sebenarnya dari bohlam lampu mundur.

Bohlam lampu mundur mobil avanza memakai bohlam lampu type wedge base bening atau bohlam jepit. Daya yang dipakai untuk lampu mundur mobil avanza ini ialah sejumlah 16 watt.

Periksalah keadaan lampu mundur dengan jeli, bila kelihatan lampu terlihat menghitam atau kawat filamen didalamnya putus, karena itu anda harus menukarnya dengan bohlam lampu yang baru yang typenya seperti yang telah saya sebut di atas.

Bila, tidak putus, lihatlah status penempatan bohlamnya apa dipasang secara benar atau mungkin tidak, check keadaan socket lampunya, apa cacat atau mungkin tidak. Bila lampu baru telah terpasang tetapi lampu mundur tetap mati, kerjakan cara seterusnya di bawah berikut

3. Check sakelar/switch lampu mundur

Bila lampu mundur masih mati dan belum ingin berpijar, cara selanjutnya dengan mengecek sakelar/switch lampu mundur. Switch ini terletak ada di bagian transmisi. Letak switch lampu mundur avanza ini biasanya berada di segi samping kiri di transmisi. Lihat letak switch lampu mundur avanza sama dalam gambar berikut ini

Untuk pengecekan yang betul, seharusnya kita buka switch dan menghitungnya dengan memakai avometer. Bila sakelar bisa tersambung dan terputus saat diukur, ini mengisyaratkan sakelar pada keadaan baik dan normal.

Selain cara diatas juga dapat mengunakan kabel yang telah dikupas sisi ujungnya atau benda konduktor lainnya. Selainnya lebih gampang, cara ini baik untuk pastikan apa pemicu lampu mundur mati ini dari switch ataulah bukan. Berikut triknya :

  • Yakinkan bohlam lampu mundur telah dipasang.
  • Terlepas soket connector switch lampu mundur di transmisi.
  • Mengecek soket yang menuju ke arah kabel pada lampu mobil
  • Hubungkan ke-2 pin connector dalam socket itu dengan kabel yang telah kita persiapkan awalnya.
  • Putar kunci contact ke status ON.
  • Lihat lampu mundurnya.

Bila lampu mundur berpijar, karena itu sakelar/switch lampu mundur memiliki masalah dan perlu ditukar. Bila tidak berpijar, karena itu teruskan pengecekan paling akhir dengan cara di bawah ini.

cara mengatasi lampu mundur mati

4. Check ground dan lajur kelistrikan lampu mundur

Cara paling akhir sebagai cara mengatasi lampu mundur mati dengan mengecek grounding lampu dan lajur kelistrikan untuk lampu mundur mobil sahabat. Periksalah soket-soket ikatan dan untuk lampu mundur, yakinkan tidak ada yang terputus.

cara mengatasi lampu mundur mati

Diatas adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi lampu mundur mati. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Lampu Mundur Mati : 4 Cara Dan Ulasannya"