Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Penggerak Roda Belakang (FR) : 7 Ciri & Ulasan

Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Penggerak Roda Belakang - Meskipun mobil penggerak roda belakang sangat sering ditemui, namun bukan hal yang tidak mungkin jenis ini memiliki beberapa kelemahan atau kekurangan dari berbagai kelebihan yang ada. Lalu apa saja kelebihan mobil penggerak roda belakang? Dan apa saja kekurangan mobil penggerak roda belakang?

Mobil penggerak roda belakang sudah populer dan terkenal dipakai di beberapa daerah bahkan juga sampai sekarang ini. Sebutlah saja mobil sejuta umat, Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia. Ke-2 type mobil itu sebagai mobil penggerak roda belakang yang cukup sukses dan laku dalam mencatatkan angka pemasaran mobil paling tinggi di Indonesia.

Kesuksesan itu satu diantaranya disokong oleh perform penggerak roda belakang yang mempunyai kelebihan khususnya untuk naik di tanjakan terjal atau untuk mengusung beban yang lebih berat.

Walau mobil penggerak roda belakang mempunyai lumayan banyak kelebihan, tetapi dia mempunyai lumayan banyak kekurangan. Untuk lebih jelasnya berikut akan diulas terkait kelebihan mobil penggerak roda belakang dan kekurangan mobil penggerak roda belakang.

Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Penggerak Roda Belakang

Kelebihan Mobil Penggerak Roda Belakang (FR)

Silahkan kita baca, kelebihan dan kekurangan mobil penggerak roda belakang. Ada 2 kelebihan khusus dari mobil penggerak roda belakang yakni:

1. Desain Simpel

Kelebihan yang pertama dari mobil penggerak roda belakang yaitu desain yang sangat simpel. Hal ini dapat dilihat dari as roda belakang yang kuat. Hal ini menyebabkan ketahanan ketika melewati jalan yang tidak rata serta perbaikan yang murah.

Sebagai contoh, bila anda tanpa menyengaja melalui jalanan berlubang atau polisi tidur dengan kecepatan tinggi, pada mobil penggerak roda belakang seringkali tidak bisa terjadi kerusakan. Kalaupun ada kerusakan maka ongkos untuk perbaikan lebih murah.

Hal ini berbeda dengan mobil penggerak roda depan. Apabila melewati jalan yang tidak rata dalam kecepatan tinggi dapat menyebabkan berbagai kerusakan. Disamping itu, biaya pembaruan as roda tambah mahal di mobil penggerak roda depan.

2. Keseimbangan Yang Baik

Selain itu kelebihan mobil penggerak roda belakang yaitu kesimbangan kendaraan yang lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari keseimbangan mobil ketika melakukan akselerasi dalam kecepatan tinggi. Pemicunya ialah berat kendaraan yang imbang dari depan sampai ke belakang, karena ada as panjang ke roda belakang.

Oleh karenanya, mayoritas mobil balap menggunakan mekanisme penggerak roda belakang. Selain itu, ketika membawa beban berat maka mobil penggerak roda belakang lebih gampang dilakukan pengontrolan.

Kekurangan Mobil Penggerak Roda Belakang (FR)

Terdapat beberapa kekurangan mobil penggerak roda belakang yaitu:

1. Berbobot yang lebih berat

Kekurangan mobil penggerak roda belakang yang pertama ialah mobil penggerak roda belakang sering berbobot yang lebih berat. Ini dikarenakan oleh mobil penggerak roda belakang mempunyai elemen drive train yang lumayan berat seperti misalnya, propeller shaft, gardan, dan kutub as roda.

Walau konstruksi mesin dan drive train kelihatan simpel, tetapi mobil penggerak roda belakang memerlukan semakin banyak elemen, baik yang berperan sebagai drive trainnya tersebut atau sebagai simpatisan (dukungan).

Semua elemen itu pasti harus diikatkan pada chassis mobil atau penunjang tambahan yang kuat supaya tidak gampang berubah. Ada elemen tambahan itu pasti menambahkan berat mobil secara berarti.

2. Akselerasi sedikit lamban

Kekurangan mobil penggerak roda belakang setelah itu akselerasi mobil penggerak roda belakang ini sedikit lamban bila dibanding dengan mobil penggerak roda depan (perbedaan pada type mobil yang serupa ya).

Ini dikarenakan oleh jarak yang diperlukan untuk salurkan tenaga mesin terlampau jauh bila dibanding dengan mobil penggerak roda depan. Disamping itu beban mesin semakin bertambah saat dia harus memutar kutub gardan/differential yang biasanya telah berbobot elemen yang lumayan berat.

Apabila hal ini terjadi maka akibatnya adalah akselerasi yang sedikit terhambat pada mobil penggerak roda belakang.

3. Konsumsi bahan bakar sedikit boros

Kekurangan mobil penggerak roda belakang selanjutnya ialah konsumsi bahan bakar sedikit boros. Ini dikarenakan oleh berat mobil semakin bertambah karena elemen drive train dan berlangsungnya loss power (pengurangan tenaga mesin) karena jarak dan beban yang diputar mesin untuk gerakkan roda belakang.

Ke-2 hal itu pasti mengakibatkan mesin memerlukan tenaga yang semakin banyak supaya mobil dapat bergerak sesuai keadaan yang diperlukan. Saat mesin memerlukan tenaga yang semakin besar ini maknanya, mesin memerlukan bahan bakar yang semakin banyak.

4. Ruangan kaki pada kabin penumpang sedikit sempit

Kekurangan mobil penggerak roda belakang yang setelah itu ruangan kaki pada kabin penumpang akan berasa lebih sempit dibanding dengan mobil penggerak roda depan.

Keadaan ini banyak diketemukan pada mobil penggerak roda belakang berkualitas sedan dan beberapa MPV seperti toyota avanza. Ini dikarenakan oleh ada "terowong" di bagian bawah kabin, berperan sebagai tempat menempatkan kutub propeller shaft yang berperan supaya tenaga mesin bisa diteruskan ke gardan dan roda.

Disamping itu, kabin penumpang sisi belakang (atau bagasi pada mobil sedan) biasanya lebih sempit karena lantai sisi bawah dibikin semakin tinggi buat menampung penempatan gardan (differensial).

5. Condong Oversteer saat menikung

Kekurangan mobil penggerak roda belakang yang paling akhir Ombro kenali ialah mobil penggerak roda belakang mempunyai kecondongan oversteer saat menikung. Oversteer sendiri ialah keadaan di mana body belakang (buritan) mobil kebuang karena perputaran yang terlalu berlebih pada roda belakang hingga membuat mobil condong memelintir.

Perputaran terlalu berlebih ini terjadi karena ban belakang yang tetap salurkan tenaga mesin buat memutar roda supaya mobil terus meluncur, mengakibatkan ban belakang akan condong menggerakkan body belakang terus mengarah luar dan tidak ikuti arah pergerakan roda depan yang telah berbelok.

Diatas adalah ulasan terkait kelebihan mobil penggerak roda belakang serta kekurangan mobil penggerak roda belakang. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Penggerak Roda Belakang (FR) : 7 Ciri & Ulasan"