Water Jacket Adalah : Fungsi Dan Cara Kerja

Water Jacket Adalah - Water jacket adalah salah satu komponen sistem pendingin pada kendaraan. Fungsi water jacket pada sistem pendingin mobil sangatlah penting. Lalu water jacket adalah?

Fungsi water jacket pada mobil adalah sebagai pengimbang temperatur kendaraan. Setiap mesin kendaraan motor akan hasilkan panas proses dari pembakaran yang sudah dilakukan.

Pemicu mesin mobil cepat panas umumnya karena ada kerusakan pada radiator dan thermostat. Apabila mesin yang memiliki temperatur pasan tetap didiamkan tanpa adanya proses pendinginan maka dapat alami overheat sampai beresiko menghancurkan komponen lain.

Oleh karena itu water jacket harus dapat bekerja dengan baik. Terkait water jacket adalah, baik fungsi maupun cara kerja pada mobil akan diulas pada artikel berikut ini.

water jacket adalah

Water Jacket Adalah?

Water jacket adalah istilah untuk memberikan nama sebuah ruangan dalam mesin mobil sebagai area untuk menyimpan air pendingin.

Sebagai sisi dari mekanisme pendinginan, air ini seterusnya akan bersirkulasi dan mempernyerap panas mesin. Water jacket dibuat melingkari silinder liner mesin. Oleh karenanya, komponen ini terletak di bagian silinder blok dan silinder head.

Apabila ingin melihat bentuk atau wujud dari water jacket yang berada di silinder blok dan silinder head ini ibarat lubang atau ruang 1/2 lingkaran yang bisa digunakan untuk memuat air. Pada ruangan berikut air akan dihimpun dan digunakan untuk menyelimutinya dinding silinder liner mesin langsung.

Fungsi Water Jacket

Fungsi water jacket dalam mekanisme pendinginan adalah sebagai ruang tempat mengucurnya air pendingin saat bersirkulasi dalam mesin.

Water coolant ini akan bersirkulasi dan menyerap kalor panas dari beberapa komponen mesin yang turut serta pada proses pembakaran. Walau kesannya benar-benar simpel, peranan ini sangat penting.

Air pendingin atau coolant akan terletak di water jacket terlebih dahulu ketika selesai menyerap panas mesin. Baru selanjutnya akan disalurkan ke arah radiator sesudah katup pada thermostat terbuka supaya air memperoleh pendinginan.

Setelah coolant di alirkan ke radiator dan mendapat proses pendinginan maka air pendingin akan dialirkan kembali masuk ke water jacket untuk digunakan kembali mempernyerap panas dari mesin.

Cara Kerja Water Jacket

Apabila mesin dibongkar terdapat ruang khusus bernama water jacket. Bagian ini dibuat untuk melingkari silinder liner mesin. Oleh karena itu, ruang water jacket ini dapat kita jumpai langsung di bagian mesin yang namanya silinder blok dan silinder head.

Pada silinder blok (block mesin) dan cylnder head ini, water jacket ada yang seperti terlihat lubang saja dan ada juga yang seperti terlihat sebuah ruang yang melingkari silinder liner mesin. Lihat contoh water jacket mesin pada gambar di bawah berikut.

water jacket adalah

Didalam komponen ini akan berisi penuh oleh air pendingin mesin yang tersambung dengan radiator. Dengan demikian, semua air pendingin mesin akan menyelimutinya dinding silinder liner mesin langsung.

Fungsi water jacket adalah sebagai ruang tempat mengucurnya air pendingin saat bersirkulasi dalam mesin. Air pendingin yang mengucur dalam water jacket ini dipakai untuk mempernyerap panas yang dibuat mesin langsung.

Air pendingin bersuhu panas yang ada di dalam water jacket ini nanti akan disalurkan ke arah radiator sesudah katup pada thermostat terbuka untuk mendapatan proses pendinginan di radiator.

Disamping yang lain, air pendingin yang bersuhu dingin dari radiator akan di alirkan masuk ke water jacket untuk dipakai kembali sebagai penyerap panas mesin.

Perputaran air pendingin dalam mesin ini terus akan berjalan sepanjang mesin bekerja buat jaga temperatur kerja mesin hingga mesin tidak alami overheat karena panas terlalu berlebih.

Diatas adalah ulasan terkait water jacket baik fungsi maupun cara kerjanya. Water jacket adalah komponen sistem pendingin yang memiliki peran sangat penting. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Water Jacket Adalah : Fungsi Dan Cara Kerja"