Cara Cek Kabel Busi Mobil : 2 Cara Dan Ulasannya

Cara Cek Kabel Busi Mobil - Hal sepele pada kendaraan termasuk kabel busi mobil perlu di cek. Terdapat beberapa cara cek kabel busi mobil. Lalu apa saja cara cek kabel busi mobil?

Pada intinya, manfaat kabel ini untuk salurkan arus listrik supaya ke arah busi dengan prima. Bila listrik bisa dihantarkan dengan prima oleh kabel, maka muncul recikan api pada bagian busi.

Arus listrik yang dihantarkan ini awalnya datang dari koil. Munculnya arus listrik disebabkan oleh proses pembakaran hingga bisa muncul cuman saat mesin dihidupkan.

Walau kecil, busi dan kabelnya tidak dapat disepelekan karena menggenggam peranan penting dalam performa mesin.

Berdasar paparan berkaitan kabel busi sama seperti yang sudah disebut sebelumnya, peranan kabel ini cukup kompleks. Untuk lebih jelasnya terkait cara cek kabel busi pada mobil akan diulas pada artikel berikut ini.

cara cek kabel busi

Gejala Kabel Busi Rusak

Bila kabel busi mobil rusak, akan banyak imbas jelek yang kemungkinan terjadi. Hal itu sebaiknya dijauhi supaya performa mobil masih tetap konstan, dan Anda bisa berkendaraan dengan aman.

Penting untuk ketahui imbas apa yang kemungkinan terjadi supaya meminimalkan kerusakan pada kabel busi ini. Beberapa imbas yang dapat terjadi jika kabel ini alami kerusakan ialah seperti berikut.

1. Pecahnya Keramik Busi

Busi mempunyai elemen khusus berbentuk keramik yang ada didalamnya. Keramik itu menjadi pecah karena terkena arus listrik secara terus-terusan. Arus listrik ini bisa berkenaan keramik busi karena kabel tidak bisa mengantarkannya dengan prima.

2. Arus Pendek Listrik

Tidak cuman pada listrik rumah tangga yang bisa terjadi arus pendek, tetapi listrik pada kendaraan juga begitu. Arus pendek listrik yang terjadi pada kendaraan motor seringkali disebabkan oleh rusaknya kabel ini.

Kerusakan itu biasanya karena kabel terkupas. Akibatnya arus yang bertegangan tinggi tidak dapat mengalir ke massa atau ground. Akibat telah putus di jalan saat sebelum sampai ke besi.

3. Idling Mesin Terusik

Rusaknya kabel pasti punya pengaruh langsung dengan performa mesin. Ini diikuti dengan kekuatan idling yang tidak bisa bekerja dengan optimal.

Tanda yang lain yang kemungkinan muncul karena idling mesin terusik ialah muncul suara kasar saat mesin sedang bekerja. Suara itu dikarenakan oleh perputaran mesin yang turun naik.

Cara Cek Kabel Busi Mobil

1. Cara Memeriksa Kabel busi secara visual 

Cara memeriksa kabel busi yang pertama dengan lakukan pengecekan visual. Pemerisaan ini maknanya pengecekan yang cuman memercayakan panca indra tanpa memakai alat apa saja. Dalam pengecekan ini ada tiga cara yang penting dilaksanakan.

cara cek kabel busi
  • Langkah awal pasti melepas kabel busi dari busi dalam ruangan mesin. Bebaskan kabel busi secara perlahan-lahan dan berhati-hati. Triknya dengan menggenggam sisi pemegang (holder) kabel busi yang umumnya berada pada ujung-ujung kabel busi.
  • Anda bisa memperhatikan kemungkinan dari kabel busi alami perpecahan, terbakar, dan peluang isolasi kabel hancur.
  • Mungkin Anda akan mendapat masalah secara visual pada kabel busi. Jika memang begitu, kabel busi harus ditukar. Ingat tenggangan yang diusung oleh kabel busi sangat tinggi hingga bisa beresiko bila ada kerusakan fisis dan Anda memaksakan untuk menyambung seprti kabel listrik biasa (220 volt) yaitu dengan isolasi. Ini benar-benar beresiko!

2. Cara memeriksa kabel busi dengan Alat ukur 

Cara memeriksa kabel busi yang ke-2 dengan alat ukur. Alat ukur yang digunakan ialah multimeter atau AVO-meter. Ada tujuh cara yang perlu Anda kerjakan untuk lakukan pengecekan kabel busi dengan cara ini.

cara cek kabel busi
  • Mengambil multimeter atau AVO-meter dan set lah pada rasio 1 kilo Ohm. Baca Cara memakai AVO-meter bila Anda belum memahami.
  • Langkah awal sudah pasti melepas kabel busi dari busi.
  • Setelah itu maka tinggal menyambungkan kabel busi pada ujung-ujung probe multimeter, seperti diperlihatkan pada gambar ini.
  • Baca nilai yang terarah pada layar yang terdapat pada AVO-meter.
  • Hasil pengukur setiap kabel busi jangan melewati 25K Ohm. Bagaimana bila lebih dari nilai ini? Bila tidak besar bedanya, sebetulnya tidak jadi masalah. Tapi dampaknya ialah arus listrik dengan daya besar akan menyusut mencolok karena kendala yang terlampau besar. Ini menyebabkan recikan bunga api pada busi akan kecil dan pengapian tidak normal. So, jika Anda menjumpai nilai ketidaksamaan yang tinggi sekali, silakan tukar dengan kabel busi yang baru.
  • Kabel busi yang mempunyai kendala di bawah 25K Ohm sebagai kabel busi yang bagus.
  • Kerjakan pengukur lebih satu kali untuk pastikan jika kabel busi dan koil pada keadaan yang diwajibkan. Kerjakan cara 1-6 di atas kesemua kabel busi. Dan janganlah lupa memasangkan kembali kabel busi sesuai Firing Order (FO) pengapian.

Juga penting bila Anda memilih untuk menukar kabel busi yang baru dan Anda semestinya menghitung kendala kabel itu untuk pastikan hambatannya pada keadaan yang dianjurkan. Ini akan semakin aman saat sebelum Anda memasangkannya pada busi.

Diatas adalah ulasan terkait cara cek kabel busi mobil. Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk memeriksa kabel busi. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Kabel Busi Mobil : 2 Cara Dan Ulasannya"