Air Cadangan Radiator Bertambah : 5 Penyebab Dan Ulasannya

Air Cadangan Radiator Bertambah - Jumlah coolant atau air radiator harus tetap stabil. Oleh karena itu apabila diketahui air cadangan radiator yang bertambah maka dapat disimpulkan terjadi permasalahan pada sistem pendingin. Lalu apa saja penyebab air cadangan radiator bertambah?

Saat anda mendapati jika reservoir atau cadangan tank radiator penuh air, anda sebaiknya perlu siaga. Reservoir tank radiator yang sarat dengan air, mengisyaratkan ada ketidak kelaran pada mekanisme pendingin mesin di mobil Anda, ditambah lagi bila air radiator turut menyusut.

Untuk mengetahui faktor penyebab maka perlu meLakukan pengecekan untuk mengetahui air cadangan atau reservoir radiator bertambah atau penuh ialah hal yang wajib kita kerjakan untuk menghindar permasalahan itu. Pada artikel ini akan diulas berkaitan dengan air cadangan radiator yang bertambah beserta penyebabnya.

air cadangan radiator bertambah

Air Cadangan Radiator Bertambah

Apabila mendapati air cadangan radiator tiba tiba bertambah dan penuh maka perlu diperhatikan beberapa penyebabnya sebagai berikut:

1. Tutup radiator memiliki masalah

Hal pertama kali yang menjadi masalah ketika air cadangan radiator tiba tiba bertambah ialah ada permasalahan pada tutup radiator. Silakan baca artikelnya mengenai peranan dan cara kerja tutup radiator yang pernah dipublish awalnya.

Tutup radiator memiliki peran penting untuk jaga penekanan yang berada di dalam mekanisme pendingin mesin terhitung didalamnya ialah radiator. Saat terjadi kerusakan atau ketidak sesuaian penekanan pada tutup radiator, maka ada permasalahan pada mekanisme pendingin mesin.

Selaku contohnya, air radiator kembali lagi ke bak cadangan yang dampaknya akan membuat air radiator menyusut dan reservoir (bak cadangan) penuh air. Lalu, apa kerusakan yang dirasakan oleh tutup radiator hingga dapat menyebabkan air radiator menyusut reservoir penuh ?

2. Vacuum valve hancur / bocor

Vacuum valve pada tutup radiator berperan untuk mengisap air dari dalam reservoir tank. Memiliki bentuk yang lebih kecil, rawan pada kerusakan seperti patah atau pecah hingga vacuum valve ini lenyap.

Lenyapnya vacuum valve akan mengakibatkan tutup radiator kehilangan peranan untuk jaga penekanan udara dalam radiator, mengakibatkan saat penekanan berlebihan terjadi, karena itu air akan mengucur ke arah reservoir dan menyebabkan reservoir penuh air.

Apabila bagian vacuum valve mengalami kerusakan, biasanya air reservoir tidak ingin kembali ke radiator. Perihal ini pula yang pada akhirnya makin lama akan kuras air dalam aliran mekanisme pendingin hingga membuat mesin overheat.

air cadangan radiator bertambah

3. Gasket Pressure Valve hancur / bocor

Pressure Valve pada tutup radiator berperan untuk menyalurkan air ke arah reservoir tank saat penekanan dalam radiator telah melewati batasan penekanan yang dipunyai oleh pegas Pressure Valve.

Saat, Gasket Pressure Valve alami hancur atau sobek hingga menyebabkan bocor, karena itu penekanan dalam radiator akan membuat air mengucur ke arah reservoir lewat lubang pada gasket yang hancur. Mengakibatkan air cadangan radiator bertambah dan reservoir disanggupi air. 

air cadangan radiator bertambah

4. Nilai penekanan pada pegas Pressure Valve tidak sesuai standar

Selainnya kerusakan pada ke-2 valve, penyebab air cadangan radiator bertambah ini bisa juga terjadi karena nilai penekanan pada pegas pressure valve tidak tepat. Ada dua penyebab, dapat karena pegas yang telah menurun atau karena salah pilih nilai penekanan tutup radiator.

Pegas Pressure Valve ini tentukan nilai penekanan yang bisa ditahan oleh tutup radiator. Saat nilai penekanan tutup radiator yang dipakai lebih rendah dari nilai yang semestinya (misalkan, semestinya memakai tutup radiator dengan nilai 1.1, tetapi memakai tutup yang nilainya 0.9) karena itu pegas pada pressure valve tidak bisa meredam penekanan yang terjadi dalam radiator.

Mengakibatkan air radiator akan mengucur di dalam reservoir tank hingga membuat air radiator menyusut dan reservoir penuh air.

Untuk menangani permasalahan air radiator kurang reservoir penuh karena tutup radiator memiliki masalah ini dengan menukar tutup radiator baru yang nilai tekanannya sesuai ketetapan yang disarankan pabrik pembikin mobil itu.

5. Mesin alami overheat

Penyebab air cadangan radiator bertambah yaitu di karenakan mesin alami overheat (panas berlebihan). Mesin yang alami overheat sering membuat reservoir penuh dan air radiator menyusut.

Temperatur dan penekanan dalam mesin yang overheat akan membuat katup pressure valve pada tutup radiator terus-terusan terbuka hingga air dalam mekanisme pendingin terus akan mengucur ke reservoir tank sampai penuh dan mengakibatkan air radiator menyusut.

air cadangan radiator bertambah
Diatas adalah ulasan terkait berbagai penyebab air cadangan radiator bertambah atau penuh. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Air Cadangan Radiator Bertambah : 5 Penyebab Dan Ulasannya"