Penyebab Injektor Bocor : 3 Faktor Dan Ulasannya

Penyebab Injektor Bocor - Pada sistem bahan bakar terdapat injektor yang memerlukan berbagai perawatan agar dapat bekerja dengan maksimal. Namun komponen ini juga terkadang mengalami permasalahan, salah satunya bocor. Lalu apa saja penyebab injektor bocor?

Kendaraan yang dilengkapi injektor terkadang stasioner mesin bermotor mereka tidak konstan. Saat mesin dihidupkan dan tuas gas tidak diambil, mendadak suara mesin semakin keras dan kebalikannya.

Ada banyak hal sebagai penyebab, baik karena factor tehnis atau non tehnis yang mengakibatkan injektor bocor. Berikut ulasan terkait penyebab injektor bocor yang dapat terjadi pada mesin injeksi.

penyebab injektor bocor

Penyebab Injektor Bocor

Terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab injektor bocor yaitu:

1. Pemakaian peningkat oktan yang tidak pas

Penyebab pertama injektor bocor yaitu harga Bahan Bakar Minyak (BBM) beroktan tinggi RON 92 ataupun lebih yang mempunyai potensi naik terus. Hal ini menjadikan pemakai kendaraan motor memeras otak untuk mengakalinya. Satu ide yang sering ditampilkan di komunitas dialog, baik langsung atau tidak langsung lewat jagat maya ialah pemakaian Octane Booster atau peningkat angka oktan.

Lalu apa ada dampak negatif jika peningkat oktan itu dipakai?

Saat sebelum memakainya perlu ditegaskan dulu kwalitasnya. Jika kesusahan atau tidak mau memikul resiko, jangan mencoba-coba memakainya. Minta kejelasan ke distributor atau agen pemasaran jika peningkat oktan itu tidak memunculkan zat tersisa di injektor.

Masalahnya jika zat bahan warna yang dipakai tidak dapat diuraikan dan malah memunculkan endapan yang melekat di pipa atau injektor akan memunculkan permasalahan baru. Akibatnya akan menyebabkan proses injeksi tidak maksimal karena lubang injektor tertutup endapan.

Hal tersebut dapat menyebabkan proses pembakaran tidak prima. Itu yang jadikan mesin kerap terganggu atau stasioner tidak konstan. Injektor lama-lama akan hancur.

2.Fuel pump memiliki masalah

Penyebab injektor bocor yang selanjutnya yaitu berkaitan dengan faktor nomor satu. Pemicunya ialah, pemakaian bahan bakar yang detailnya tidak sesuai standard. Hal itu menyebabkan perangkat ini kotor dan tersumbat. Jika fuel pump tidak bobol dan masih berperan karena itu bahan bakar yang dipompa ke injektor kotor dan perangkat itu mampet.

Akhirnya, semburan bahan bakar ke ruangan bakar, walau sudah ditata lewat Elektronik Kontrol Unit (ECU) pun tidak optimal. Itu sebagai status stasioner mesin tidak konstan.

3. ECU memiliki masalah

Yang terakhir penyebab injektor bocor adalah perangkat Elektronik Kontrol Unit (ECU) sebagai otak yang atur keseluruhnya unit injeksi yang mengalami permasalahan. Hingga, jika perangkat ini terusik karena itu kerja injektor tidak jalan seperti mestinya. Satu salah satunya, semburan bahan bakar yang tidak sesuai ukuran.

Mengakibatkan, stasioner mesin pun tidak konstan. Jika tingkat kerusakan di ECU sudah kronis, karena itu kendaraan tidak bisa digerakkan alias berhenti. Ada banyak penyebab kerusakan ECU, salah satunya ialah masalah kelistrikan karena over suplai, voltase sumber kelistrikan rendah, korsleting dan sebagainya.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab injektor bocor yang banyak terjadi pada kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Injektor Bocor : 3 Faktor Dan Ulasannya"