Nozzle Injector Bocor : 4 Penyebab Dan Ulasannya

Nozzle Injector Bocor - Terkadang terjadi kerusakan pada injector salah satunya yaitu nozzle injector bocor. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Lalu apa saja penyebab nozzle injector bocor?

Nozzle / injektor nosel sebagai salah satunya bagian utama pada mekanisme bahan bakar mesin diesel. Nozzle mempunyai peranan untuk menyemprot bahan bakar di dalam ruangan bakar berbentuk spray (kabut).

Tanpa hasil pengabutan yang bagus pada nozzle injektor, biasanya mesin diesel akan alami banyak permasalahan mesin misalnya :

  1. Kurang tenaga
  2. Sulit hidup
  3. Pincang saat hidup
  4. Mesin diesel boros solar.

Hasil pengabutan yang dibuat oleh nozzle injektor ini memiliki peran penting untuk tenaga yang dibuat oleh mesin diesel.

Salah satunya permasalahan pada nozzle injektor hingga dapat berpengaruh buruk pada mesin diesel ini ialah nozzle bocor. Nozzle injector bocor selainnya mengakibatkan mesin jadi boros solar, dia sering jadi peyebab timbulnya asap hitam pada mesin diesel. Berikut ulasan terkait berbagai faktor yang dapat menjadi penyebab nozzle injector bocor.

nozzle injector bocor

Nozzle Injector Bocor

1. Ada kotoran yang menjejal di nozzle

Penyebab nozzle injector bocor yang pertama ialah ada kotoran lembut yang menjejal di noozle. Berbagai kotoran lembut ini akan membentuk sebuah gumpalan hingga melekat dan nyangkut dalam nozzle.

Saat kotoran lembut ini menjejal pada bagian noozle panduan, karena itu nozzle tidak bisa tutup aliran bahan bakar dengan prima. Mengakibatkan, bahan bakar akan menetes keluar nozzle.

Hal ini dapat disebabkan oleh perawatan dan pergantian filter solar yang tidak teratur dan pemakaian bahan bakar solar yang buruk.

2. Terjadi keausan pada dinding nozzle

Peyebab nozzle injector bocor yang selanjutnya ialah karena terjadi keausan pada nozzle. Nozzle injektor bekerja secara turun naik untuk buka dan tutup lubang nozzle. Proses turun naik jarum nozzle ini akan menyebabkan gesekan-gesekan pada nozzle panduan.

Seiring pemakaian maka jarak antara bodi nozzle dengan nozzle jarum ini makin lama bisa menjadi aus. Keausan yang terjadi pada nozzle panduan akan menyebabkan nozzle bocor.

Untuk menanganinya karena itu pergantian nozzle panduan sebagai opsi dan jalan keluar terbaik untuk megatasi nozzle bocor semacam ini.

3. Memakai bahan bakar yang kotor dan memiliki kandungan bahan kimia penghancur

Penyebab nozzle injector bocor yang ketiga yaitu pemakaian bahan bakar yang kotor dan memiliki kandungan bahan kimia penghancur. Bahan bakar yang kotor dan memiliki kandungan bahan kimia penghancur biasanya sering membuat kerja dari fuel mekanisme pada mesin diesel cepat rusak seperti misalnya ialah nozzle bocor.

Keadaan ini umum terjadi pada beberapa daerah yang daerah penebaran bahan bakar solar untuk mesin disel susah diketemukan. Mengakibatkan, harus, dipakailah bahan bakar solar yang terkadang telah kotor serta telah kurang pantas dipakai pada mesin diesel itu.

Pemakaian bahan bakar yang beginilah yang bakal percepat kerusakan nozzle dan jadi pemicu nozzle bocor.

4. Perbaikan nozzle yang salah

Penyebab nozzle injector bocor yang paling akhir ialah proses perbaikan nozzle yang salah. Pemicu yang ini sebagai sisi dan factor dari kelengahan kerja.

Nozzle bocor dapat terjadi jika saat pembaruan tidak diatasi secara tepat seperti misalnya:

  • Saat servis, nozzle jatuh dan mengenai benda keras di lantai
  • Saat membedah pasang nozzle , sisi nozzle panduan tidak direndam solar dan didiamkan kering kelamaan
  • Jarum nozzle terganti di antara nozzle satu sama nozzle yang lain.

Pengatasan nozzle saat pembaruan yang buruk mirip contoh di atas ini dapat menjadi pemicu noozle bocor. Oleh karena itu selalu lihat kualitas bengkel dan teknisi yang bakal tangani pembaruan pada kendaraan anda.

Diatas adalah ulasan terkait berbagai faktor yang menjadi penyebab nozzle injector bocor. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Nozzle Injector Bocor : 4 Penyebab Dan Ulasannya"