Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemeriksaan Injektor Nozzle : 3 Cara Dan Pembongkarannya

Pemeriksaan Injektor Nozzle - Nozzle merupakan bagian dari injeksi mesin diesel yang perlu perawatan. Lalu apa saja pemeriksaan injektor nozzle?

Salah satunya elemen khusus pada mesin diesel ialah injektor nosel. Injektor nosel berperan untuk mengkabutkan (menyemprot) bahan bakar solar ke ruangan bakar (ruangan bakar tambahan atau ruangan bakar khusus).

Untuk hasilkan tenaga yang optimal karena itu proses pembakaran harus baik. Baik tidaknya proses pembakaran, satu diantaranya dikuasai dari factor penginjeksian bahan bakar.

Wujud pengkabutan bahan bakar akan memengaruhi proses pembakaran yang terjadi dan akan memengaruhi tenaga yang dibuat pada motor itu. Oleh karenanya, pemeriksaan injektor nosel sebagai salah satunya hal yang harus dilakukan saat lakukan perawatan motor diesel.

Pemeriksaan injektor nosel mencakup pemeriksaan penekanan injektor, pemeriksaan pengkabutan injektor dan pemeriksaan kebocoran injektor. Pemeriksaan injektor ini bisa dilaksanakan dengan memakai alat nozzle tester (nosel tester) atau injector tester.

Pada artikel ini akan kami bagikan cara mengenai pemeriksaan injektor nozzle pada mesin diesel. Tetapi awalnya sahabat perlu melepaskan nozzle dari mesin lebih dulu dan menyiapkan alat namanya injektor nozzle tester. Berikut ulasan terkait pemeriksaan injektor nozzle.

Pemeriksaan Injektor Nozzle

Di saat lakukan pemeriksaan injektor, hal yang perlu jadi perhatian ialah jangan sampai arahkan semprotan injektor mengarah anggota badan anda karena semprotan injektor ini bisa masuk ke saluran darah dan bisa memunculkan keracunan dalam darah.

Pemeriksaan injektor nozzle terdiri dari:

  1. Pemeriksaan tekanan injektor nozzle
  2. Pemeriksaan bentuk semprotan injektor nozzle
  3. Pemeriksaan kebocoran injektor nozzle

1. Pemeriksaan penekanan injektor nozzle

Pemeriksaan penekanan injektor mempunyai tujuan untuk ketahui berapakah nilai penekanan yang dibuat oleh injektor sekarang ini hingga dia bisa menginjeksikan bahan bakar. Bila nilai penekanan injeksi bahan bakar terlampau rendah (kurang dari nilai penekanan yang direferensikan), biasanya akan memunculkan banyak permasalahan pada mesin diesel, misalnya asap hitam, kurang tenaga, boros bahan bakar, dan sebagainya.

Berikut cara pemeriksaan penekanan injektor nozzle pada mesin diesel

  • Persiapkan alat berbentuk pompa injektor tester
  • Yakinkan solar berisi pada bak pompa injektor tester
  • Pasang injektor nozzle pada pipa dari alat pompa injektor tester, dan untuk saat ini diamkan baut pengikatnya kendor buat buang angin yang terjebak dalam pipa.
  • Pencet tuas pompa injektor tester untuk buang semua udara dalam pipa (bleeding)
  • Mengencangkan baut pengikat di antara pipa dengan injektor.
  • Pencet tuas pompa injektor tester untuk mengawali pemeriksaan penekanan injektor.
  • Baca rasio pemilihan penekanan yang ada di pressure gauge.
  • Penekanan untuk injektor baru = 151 - 159 kg/cm2. Penekanan injektor lama 145 - 155 kg/cm2. (agar semakin persisnya, lihat pada buku servis manual kendaraan tersebut)

Bila hasil penekanan injektor nozzle tidak sesuai standard, kerjakan geprekelan injektor nozzle. Untuk geprekelan penekanan injektor nozzle ini benar-benar bergantung dari mode injektor nozzle yang dipakai.

Ada yang geprekelan penekanan injeksi pada injektor nozzlenya dengan memutar baut geprekelan penekanan, ada juga yang membutuhkan tambahan shim pada pegas penekanan dalam injektor nozzle.

Proses penyetelan tekanan injeksi pada injektor nozzle sampai didapatkan penekanan standard yang sesuai nilai detail penekanan injeksi untuk mobil itu.

pemeriksaan injektor nozzle

2. Pemeriksaan wujud semprotan injektor nozzle

Selainnya pemeriksaan penekanan, untuk memeriksa injektor nozzle butuhkan pemeriksaan wujud semprotan injektor. Wujud semprotan injektor nozzle ini akan memengaruhi proses pengkabutan yang terjadi dalam ruangan bakar.

Untuk pemeriksaan wujud semprotan ini seharusnya dilaksanakan sesudah kita pastikan jika penekanan injektor telah sesuai penekanan standar yang direferensikan oleh buku panduan kendaraan itu.

Berikut cara memeriksa wujud semprotan injektor nozzle

  • Pasang injektor nozzle pada alat pompa nozzle tester
  • Kerjakan buang angin (bleeding) untuk pastikan bahan bakar tersalurkan dengan prima
  • Pencet tuas pompa injektor tester dengan jeda 1 detik 1 kali pompa dengan durasi waktu minimum 15 detik
  • Lihat wujud semprotan dan pengkabutan yang dibuat injektor nozzle sepanjang pemompaan.

Bila hasil pemeriksaan wujud semprotan dan pengkabutan injektor nozzle memperlihatkan pada keadaan yang jelek, karena itu kerjakan pembersihan sampai didapatkan wujud semprotan dan pengkabutan yang baik. Bila dengan pembersihan nozzle hasilnya masih jelek karena itu dibutuhkan pergantian nozzle sama yang baru.

pemeriksaan injektor nozzle

3. Pemeriksaan kebocoran injektor nozzle

Pemeriksaan injektor nozzle yang terkahir ialah pemeriksaan kebocoran injektor nozzle saat dikasih penekanan. Pemeriksaan ini mempunyai tujuan untuk memeriksa injektor nozzle dari kebocoran bahan bakar. Pemeriksaan di pusatkan pada semua sisi injektor nozzle khususnya di bagian ujung nozzle.

Berikut cara pemeriksaan kebocoran injektor nozzle

  • Pasang injektor nozzle pada alat pompa nozzle tester
  • Kerjakan buang angin (bleeding) untuk pastikan bahan bakar tersalurkan dengan prima
  • Pencet tuas pompa injektor tester sampai penekanan bahan bakar dekati penekanan standard (kurang 10-20 kg/cm dari nilai penekanan standard). Misalkan penekanan standard 150 kg/cm, karena itu beri penekanan untuk pemeriksaan kebocoran sekitar 130 kg/cm saja.
  • Diamkan penekanan bertahan sepanjang 10 detik
  • Lihat injektor nozzle dan check kebocoran yang terjadi.

Kebocoran injektor nozzle akan terlihat pada ujung nozzle yang teteskan bahan bakar dan pada ikatan pengikat di antara nozzle dengan bodi injektor nozzle. Bila ada kebocoran, benahi sampai tidak bocor kembali atau kerjakan pergantian injektor nozzle sama yang baru.

pemeriksaan injektor nozzle

Pembongkaran, Penyetelan Dan Perakitan Injektor Nozzle

1. Pembongkaran injektor nozzle 

Jika salah satunya test yang sudah dilakukan hasilnya tidak memberikan kepuasan, terlepas injektor nozzle pada injektor nozzle tester, capit pada ragum dengan alas pencapit alumunium, bedah sesuai posisi pada gambar berikut :

penyetelan injektor nozzle

Keterangan:

  • Baut pemegang
  • Shim
  • Pegas
  • Tangkai penggerak
  • Pemisah jarum
  • Jarum dan body nosel
  • Mur pemegang

2. Penyetelan injektor nozzle 

Cara penyetelan injektor nozzle terdiri dari:

  • Membersihkan semua elemen dengan solar. Kerjakan test luncur jarum, dengan masukkan jarum pada bodynya. jarum harus melaju perlahan-lahan dengan sendiri!
  • Membersihkan elemen
  • Stel penekanan penyemprotan dengan cara mengubah tebal shim (2). Ketidaksamaan tebal 0,04 mm mengubah penekanan penyemprotan 4 bar.

penyetelan injektor nozzle

3. Perakitan injektor nozzle

  • Rakitlah injektor sesudah semua komponennya tergenang dalam solar, untuk menahan karatan. Lihat kebersihan ! Janganlah sampai benang kain dst. ada dalam injektor.
  • Periksa lagi wujud penyemprotan, penekanan penyemprotan dan kebocoran nozzle.

Diatas adalah ulasan terkait berbagai cara pemeriksaan injektor nozzle pada mesin diesel dan cara penyetelan injektor nozzle. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Pemeriksaan Injektor Nozzle : 3 Cara Dan Pembongkarannya"