Cara Menyetel Nozzle Diesel : 3 Cara Dan Ulasannya

Cara Menyetel Nozzle Diesel - Perfoma mesin diesel dipengaruhi oleh tekanan bahan bakar pada nozzle. Oleh karenanya, penting menyetel nozzle supaya mesin diesel bisa hasilkan tenaga yang optimal. Lalu bagaimana cara menyetel nozzle diesel?

Nozzle tersebut sebagai elemen mesin diesel yang berperan sebagai pengkabut bahan bakar. Hasil pengkabutan itu benar-benar memengaruhi hidup dan tidaknya mesin diesel. Hingga, dalam geprekelan keluarnya bahan bakar yang terpancar dari nozzle harus betul-betul tepat.

Penekanan nozzle yang baik, bisa disaksikan dari dari sinaran bahan bakar yang kuat dan megar. Atau dapat diikuti dari bunyi penekanan bahan bakar saat mesin diesel itu diengkol. Bunyi penekanan itu akan kedengar keras dan memiliki tenaga.

Untuk hasilkan penekanan bahan bakar yang baik, perlu dilaksanakan cara menyetel nozzle diesel. Penataan nozzle itu bisa dilaksanakan saat mesin diesel pada kondisi mati maupun hidup. Tetapi, dianjurkan saat mesin hidup, karena lebih gampang saat lakukan geprekelan nozzle sekalian atur kelamsaman mesin. Pada artikel ini akan diulas terkait cara menyetel nozzle diesel.

cara menyetel nozzle diesel

Cara Menyetel Nozzle Diesel

Untuk menyetel nozzle, ada banyak cara yang bisa dilaksanakan. Karena, kontruksi rumah nozzle pada tiap merek mesin diesel umumnya berbeda. Hingga, untuk atur penekanan nozzle itu juga berlainan. Berikut ini sebagai cara yang bisa dilakukan untuk menyetel penekanan nozzle pada mesin diesel.

1. Memutar Baut Penyetel Nozzle

Cara menyetel nozzle diesel yang pertama yakni dengan atur baut penyetelan yang berada ada di belakang rumah nozzle. Bila mesin diesel keluar asap putih yang terlalu berlebih, karena itu pertanda penekanan nozzle kurang kuat. Untuk mengendalikannya, putarlah baut geprekel nozzle itu ke kanan. Bila bunyi mesin diesel keras melengking dan asapanya pedih dimata, pertanda penekanan nozzle terlampau kencang. Untuk menyetelnya, putarlah baut geprekel ke kiri sampai bunyi kedengar lembut.

2.Menambah Shim/Ring Nozzle

Cara yang ke-2 untuk menyetel nozzle diesel bisa dilaksanakan dengan cara menambah atau kurangi ring pengganjal spring nozzle. Bila penekanan nozzle kurang kuat, tambahakan ganjal spring supaya penekanan spring itu semakin kuat. Tetapi, bila penekanan nozzle terlampau tinggi, kurangilah ganjal spring nozzle itu.

3. Menambah Atau Kurangi Packing Bosch Pump

Cara seterusnya untuk menyetel nozzle pada mesin diesel yakni dengan menambah atau kurangi packing pada pompa solar (bosch pump). Bila penekanan nozzle kurang kuat, kurangilah packing bosch pump supaya mekanisme pemompaan bahan bakar jadi lebih kuat. Dan jika penekanan nozzle terlampau kencang, tambahkanlah packing bosh pump itu.

Cara Menyetel Nozzle Mesin Diesel Kubota

Terdapat beberapa ciri nozzle diesel mengalami penuruna tekanan. Dan beberapa ciri dari nozzle yang tekanannya turun bisa dijumpai dari suara sinaran bahan bakar yang tidak kembali kedengar saat mesin diesel diengkol.

Selainnya diikuti dari suara penekanan bahan bakar, nozzle yang alami pengurangan dapat disaksikan dari mesin sulit dihidupkan. Apabila sukses dihidupkan, karena itu mesin akan brebet tidak memiliki tenaga dan lama-lama mati sendiri. Bila alami hal semacam itu, seharusnya check nozzle-nya. Apabila tekanannya rupanya kurang kuat, karena itu lakukan geprekelan sebagai berikut :

  1. Melepas pipa saluran bahan bakar antara injector nozzle dengan bosch pump.
  2. Membuka flange penjepit nozzle dengan head cylinder agar nozzle dapat dilepas.
  3. Kemudian, bongkarlah rumah nozzle sampai semua elemen yang berada di dalamnya lepas.
  4. Langkah yang seterusnya yaitu bentuklah lingkaran yang tengahnya berlubang (serupa sebuah ring) berdiameter sama sesuai tempat spring pada rumah nozzle.
  5. Letakan lingkaran sim yang sudah dibikin pada pangkal tempat spring nozzle (untuk ganjal). Kemudian, buat kembali semua sisi yang sudah dilepaskan awalnya.
  6. Saat sebelum memasangkan kembali rumah nozzle, periksalah lebih dulu penekanan nozzle-nya. Jika kurang kuat, tambah kembali sim-nya sampai tekanannya optimal.
  7. Sesudah penekanan nozzle sesuai yang diinginkan, pasang lagi rumah nozzle pada tempatnya dan selang HPP. Kemudian, coba untuk hidupkan mesin diesel.

Diatas adalah ulasan terkait cara menyetel nozzle diesel. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan tergantung jenis nozzle yang digunakan pada mesin diesel. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Menyetel Nozzle Diesel : 3 Cara Dan Ulasannya"