Akibat Knalpot Mobil Bocor : 4 Dampak Dan Ulasannya

Akibat Knalpot Mobil Bocor - Mekanisme knalpot umumnya menjadi satu diantara elemen yang jarang-jarang jadi perhatian. Terletak yang ada di kolong mobil, membuat orang akan susah dan malas untuk memeriksanya.

Elemen mekanisme knalpot sebetulnya akan jarang alami kerusakan, tetapi tidak berarti tidak dapat hancur. Pada beberapa kasus, elemen mekanisme knalpot bisa alami kerusakan, seperti bocor.

Bocornya knalpot mobil itu umumnya karena ada bolongan atau rengat pada pipa-pipa knalpot. Hal tersebut dapat terjadi akibat factor umur atau karena pernah terbentur dengan aspal jalanan. Khusus untuk kasus terbentur atau mentok, biasanya terjadi pada beberapa mobil ceper.

Berlangsungnya kebocoran pada mekanisme knalpot, pasti jangan diabaikan demikian saja. Masalahnya bocornya mekanisme knalpot pada mobil akan berpengaruh pada perform dan konsumsi bahan bakar.

Bila knalpot mobil bocor dapat memberinya akibat dan dampak yang jelek untuk mobil atau untuk pemakai mobil itu, lalu apa akibat yang dapat diakibatkan oleh knalpot mobil bocor? Berikut 4 akibat knalpot mobil bocor.

akibat knalpot mobil bocor

Akibat Knalpot Mobil Bocor

Terdapat beberapa dampak atau akibat apabilan knalpot mobil bocor yaitu:

1. Suara knalpot berbeda

Akibat knalpot mobil bocor yang paling berasa ialah beralihnya suara knalpot mobil. Ya, salah satunya peranan khusus dari knalpot mobil sebagai peredam suara ledakan yang terjadi dalam mesin.

Karena ada knalpot, karena itu frekwensi suara ledakan yang terjadi akan diredam oleh knalpot hingga volume suara ledakan dari dalam mesin akan kedengar lebih kecil dan lembut.

Bila awalnya suara knalpot mobil kedengar lembut dan tidak bising, karena itu saat knalpot mobil bocor suara knalpot akan kedengar lebih kasar serta lebih bising dari umumnya. Hal tersebut dapat timbul akibat adanya frekuesni gelombang suara ledakan yang melalui lubang kebocoran.

2. Tenaga mesin menyusut

Akibat knalpot mobil bocor yang ke-2 ialah tenaga mesin akan menyusut. Ini searah dengan lenyapnya dampak back pressure yang semestinya dibuat saat keadaan knalpot mobil normal.

Back pressure diperlukan pada beberapa mesin mobil normal untuk jaga supaya kombinasi udara dan bahan bakar yang baru ditempatkan tidak turut tergerak keluar lewat exhaust valve saat terjadi overlapping di antara valve intake dengan valve exhaust.

Dengan demikian, karena itu kombinasi udara bahan bakar yang cukup dapat selalu terlindungi dan dapat hasilkan tenaga mesin yang optimal.

Apabila ada kebocoran pada knalpot dapat menyebabkan tekanan balik akan menyusut atau bahkan juga lenyap hingga tidak ada penekanan balik yang bisa menahan kombinasi bahan bakar udara baru keluar. Mengakibatkan kombinasi bahan bakar jadi tidak bagus hingga mengakibatkan tenaga mesin jadi menyusut.

Campuran udara dan bahan bakar yang maju ke exhaust maifold dapat menimbulkan terjadinya self ignition hingga akan terdengar ledakan yang dari header knalpot.

3. Konsumsi bahan bakar jadi boros

Borosnya konsumsi bahan bakar akan dirasa akibat knalpot mobil bocor. Hal ini searah dengan berkurangnya tenaga mesin hingga memberinya dampak ke sopir untuk tingkatkan tenaga dengan menambahkan injakan pada pedal gas. Maksudnya ialah supaya mesin dapat berakselerasi seperti keinginan sopir.

Tetapi demikian, pertambahan injakan pada pedal gas yang sering tentu saja akan berpengaruh pada kenaikan konsumsi bahan bakar. Mengakibatkan, bahan bakar dapat jadi lebih boros dibandingkan bila knalpot mobil tidak bocor

4. Memunculkan gas beracun yang beresiko untuk kesehatan

Akibat knalpot mobil bocor yang paling akhir yaitu munculnya gas beracun yang beresiko untuk kesehatan terutamanya untuk pemakai mobil itu.

Gas buang tersisa pembakaran akan hasilkan gas berbentuk carbon monoksida (co), carbon dioksida (co2), Hidrocarbon (hc), dan sebagainya yang paling beresiko untuk kesehatan manusia. Karena ada knalpot, gas itu akan disaring lebih dulu lewat catalytic converter hingga emisinya bisa menyusut.

Bila knalpot bocor, karena itu gas buang dari knalpot mobil yang bocor bisa masuk ke kabin. Tanda-tanda pusing, mata perih,sampai mual-mual bisa jadi terjadi saat penumpang mengisap gas beracun itu. Bahkan juga pada beberapa kasus, gas beracun ini bisa memunculkan kematian untuk orang yang kelamaan mengisapnya.

Karena itu tidak untuk meremehkan keadaan knalpot mobil bocor, sebaiknya kebocoran itu langsung diperbaiki untuk menghindar kerugian-kerugian yang semestinya dapat diperhitungkan lebih dulu.

Demikian artikel mengenai 4 akibat atau dampak knalpot mobil bocor yang dapat berikan, mudah-mudahan dapat berguna. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Akibat Knalpot Mobil Bocor : 4 Dampak Dan Ulasannya"