Ciri Ciri Tutup Radiator Rusak : 5 Gejala Dan Ulasannya

Ciri Ciri Tutup Radiator Rusak - Tutup radiator yang mengalami kerusakan akan menimbulkan ciri atau gejala pada mesin. Terdapat beberapa ciri tutup radiator rusak. Lalu apa saja ciri ciri tutup radiator rusak?

Tutup radiator memang mempunyai peranan utama pada mekanisme pendingin mesin. Sama sesuai namanya, elemen tutup radiator ada pada bagian radiator yang dipakai untuk tutup lubang radiator. Tutup radiator mempunyai dua katup penting yang dikenali bernama pressure valve dan vacuum valve sehingga tidak hanya asal kerja seperti tutup biasa.

Ke-2 katup ini berperanan untuk jaga konsistensi penekanan dalam aliran pendingin karena terjadi peralihan temperatur dan penekanan pada air pendingin radiator. Nach bila tutup radiator ini alami kerusakan, karena itu mesin akan gampang alami permasalahan, dimulai dari overheat sampai wajib melakukan pembaruan dengan turun mesin.

Untuk menghindar hal itu, karena itu pada artikel ini kali ombro akan share info sekitar permasalahan mobil mengenai ciri tutup radiator rusak. Berikut beberapa ciri tutup radiator rusak yang dapat sahabat ketahui untuk menahan kerusakan mesin yang lebih kronis.

ciri ciri tutup radiator rusak

Ciri Ciri Tutup Radiator Rusak

1. Katup vacuum valve lenyap atau pecah

Ciri tutup radiator rusak yang termudah untuk dipahami dengan lakukan pengecekan berdasar fisik yang ada di tutup radiator itu. Ciri fisik perama yang mengisyaratkan bila tutup radiator rusak ialah saat katup vacuum valve lenyap, patah atau pecah.

Vacuum valve berperan sebagai lajur masuk air pendingin dari reservoir tank saat keadaan aliran pada mekanisme pendingin pada keadaan dingin. Saat temperatur dalam aliran mekanisme pendingin panas dan penekanan bertambah, karena itu vacuum valve ini akan tutup rapat aliran yang ke arah reservoir tank hingga air masih tetap ketahan dalam radiator dan mesin.

Saat katup vacuum valve ini rusak, pecah, atau tidak lagi ada, karena itu penekanan dalam radiator dan mesin jadi tidak konstan dan membuat mesin jadi gampang overheat.

Biasanya kerusakan katup vacuum valve ini disebabkan oleh factor umur gunakan yang telah lama hingga sisi holder katup ini jadi berkarat dan patah.

2. Karet katup pressure valve pecah

Ciri tutup radiator rusak yang setelah itu saat karet pada katup pressure valve telah getas , pecah, atau sobek. Pressure valve berperan untuk jaga penekanan dalam aliran mekanisme pendingin supaya selalu konstan dan imbang.

Saat penekanan dalam aliran mekanisme pendingin ini bertambah dan melewati kemampuan pegas pada presssure valve, karena itu air radiator akan mengucur keluar melalu pressure valve ini ke arah reservoir tank radiator.

Saat pressure valve rusak karena itu keadaan umum yang terjadi akan sama saat vaccum valve rusak yakni penekanan dalam aliran mekanisme pendingin jadi tidak konstan hingga mesin gampang overheat.

3. Reservoir tank radiator selalu penuh sampai luber

Selainnya ciri fisik dari tutup radiator berkaitan katup vacuum valve dan pressure valve yang bakal memperlihatkan jika tutup radiator itu rusak, kita bisa juga memerhatikan keadaan mesin dan jumlah cairan pendingin dalam mekanisme pendingin.

Ciri tutup radiator rusak yang dapat disaksikan selanjutnya ialah saat reservoir tank radiator selalu penuh sama air radiator sampai meluber. Disamping itu jumlah cairan pendingin dalam radiator dan aliran pendingin menyusut.

Oleh karenanya, coba check tutup radiator pertama kalinya saat keadaan raservoir tank radiator selelu penuh dan meluber.

4. Mesin overheat (terlampau panas)

Ciri jika tutup radiator rusak ialah mesin overheat. Ciri ini menjadi pertanda bila tutup radiator rusak jika keadaan aliran pada mekanisme pendingin yang lain tidak alami kebocoran.

Maka saat kita mendapati mesin overheat tetapi pada aliran cairan pendingin mesin tidak kelihatan ada pertanda kebocoran air pendingin, karena itu coba untuk mengecek tutup radiator ini dengan cermat.

Tetapi demikian, mesin overheat ini dapat muncul karena bermacam hal. Untuk pastikan keadaan tutup radiator rusak atau mungkin tidak, dibutuhkan alat namanya radiator cap pressure tes yang bisa menghitung kekutaan dan kekuatan katup-katup vacuum dan pressure valve. Dengan alat itu kita dapat tentukan apa tutup radiator itu rusak atau mungkin tidak.

5. Air dalam radiator cepat habis

Ciri tutup radiator rusak yang paling akhir ialah air radiator mobil cepat habis. Dalam radiator ada elemen yang bernama katup pencet dan katup vakum. Ke-2 katup ini bekerja secara berganti-gantian untuk keluarkan dan menghisap udara hingga air berputar-putar dari bak reservoir ke radiator.

Bila ke-2 katup ini rusak, maka menyebabkan perputaran air tidak maksimal. Makin lama, perputaran tidak normal ini mengakibatkan volume air radiator makin sedikit karena tumpah keluar lewat bak reservoir. Pemicu ke-2 katup dan tutup radiator rusak ialah umur gunakan dan kerap dibukanya tutup.

Demikian artikel mengenai beberapa ciri ciri tutup radiator rusak. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Tutup Radiator Rusak : 5 Gejala Dan Ulasannya"