Penyebab Air Radiator Meluap : 5 Penyebab Dan Ulasannya

Penyebab Air Radiator Meluap - Ada banyak penyebab yang membuat air radiator meluap atau tumpah sendirinya. Biasanya air radiator keluar slang pembuangan di tabung reservoir. Pasti ada penyebab yang membuat air radiator meluap atau tumpah sendirinya. Lalu apa saja penyebab air radiator meluap?

Saat sedang diperjalanan kemungkinan kita dikejuti karena ada asap atau uap air yang kelihatan dari balik kap mesin. Yang disebabkan karena air radiator di reservoir mendidih dan keluarkan asap.

Asap atau uap air yang kelihatan keluar kap mesin itu bisa jadi ialah karena air radiator yang tumpah dari tabung reservoir.

Ada permasalahan yang sering terjadi pada radiator yang mengakibatkan cairan pendingin tumpah dari tempat penampungan ( reservoir ). Untuk lebih jelasnya terkait penyebab air radiator meluap akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

penyebab air radiator meluap

Penyebab Air Radiator Meluap

1. Temperature Mesin Terlampau Tinggi

Pack silinder head atau pack kop yang bocor dapat mengakibatkan suhu mesin terlampau tinggi hingga pengaliran air dari radiator ke tempat penampungan tidak jalan secara lancar. Hal ini dapat menjadi salah satu penyebab air radiator meluap.

Akibatnya karena suhu mesin terlampau tinggi atau dapat disebutkan overheating satu diantaranya akan mengakibatkan elemen mesin jadi lunak seperti piston yang dibuat dari aluminium. Hingga, kemampuannya bisa menjadi menyusut pada temperatur tinggi yakni 300 derajat celcius

2. Kerusakan Pada Tutup Radiator

Selain itu penyebab air radiator meluap yang lain adalah tutup radiator yang rusak. Jika tutup radiator hancur, khususnya kerusakan yang terjadi pada relief valve. karena itu berlangsungnya kerusakan pada penutup itu berpengaruh air dari radiator akan mengucur bisa lebih cepat ke reservoir hingga mengakibatkan penimbunan cairan pendingin di reservoir atau tempat penampungan.

Bila memang hancur, dapat beli kembali tutup radiatornya pada harga yang dapat dijangkau. Jika tutup yang hancur ini tidak selekasnya ditukar, suhu mesin akan tinggi ( overheating ) dan ini yang dapat mengakibatkan elemen mesin cepat aus serta lebih fatalnya mesin mati dan harus overhole mesin.

3. Kipas yang Tidak Bekerja

Kipas radiator yang tidak bekerja yang baik makan akan mengakibatkan reservoir penuh karena mesin akan terlampau panas hingga yang terjadi ialah resevoir akan tumpah dan air radioator akan menyusut. Hal ini tentu dapat menjadi penyebab air radiator meluap.

4. V Belt atau Fan Belt

Bila hal itu terjadi, perikslah V-belt yang bakal memutar water pump. Karena ada peluang putus. Peranan v-belt ialah memutar water pump mesin supaya air bersirkulasi. Water pump berperan menyalurkan air radiator ke semua mekanisme pendingin mesin.

Bila sisi ini memiliki masalah karena itu semua mekanisme pendingin akan memiliki masalah. Karena itu yang terjadi sama dengan awalnya yakni overheating mesin mobil. Akibatnya air radiator akan meluap.

5. Peluang lainnya

Penyebab lain air radiator meluap yaitu mungkin karena saat sebelum mobil jalan kita isi air cadangan radiator terlampau penuh.

Kebocoran pada air radiator pada lajur cooling mekanisme mengakibatkan suhu tinggi mesin, tapi tidak mengakibatkan air tumpah dari reservoir, karena air radiator akan habis lebih dulu lewat lokasi yang bocor.

Air tumpah dari tabung cadangan air radiator bisa juga disebabkan karena kebalik penempatan slang yang ada di atas tabung cadangan air radiator seperti gambar di bawah ini, ini ibarat yang sempat saya jumpai.

Bila penempatan slang yang ada pada tutup atas tabung cadangan air radiator kebalik di antara slang IN dan EX, karena itu saat temperatur mesin telah panas, air di dalam tabung akan tergerak keluar lewat slang yang masuk ke tabung.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab air radiator meluap. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Air Radiator Meluap : 5 Penyebab Dan Ulasannya"