Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan Dan Kekurangan Rem Tromol : 4 Kelebihan Dan 3 Kekurangan

Kelebihan Dan Kekurangan Rem Tromol - Kesempatan kali ini akan dibahas berkenaan kelebihan dan kekurangan rem tromol. Rem tromol ini sebagai salah satunya tipe rem yang sering dipakai karena mempunyai keuntungan dan kelemahan tertentu.

Rem adalah komponen motor yang memiliki peran penting, rem bekerja untuk stop gerakan sepeda motor. Selain sebagai sarana pengatur kecepatan gerakan, rem berperanan sebagai peralatan keselamatan atau safety.

Sampai saat ini kita mengenal dua type Pengereman yang ada di kendaraan memiliki roda 2 atau memiliki roda 4 yakni Disc Brake atau yang lebih dekat di Indonesia sebagai Rem Cakram dan Drum Brake atau Rem Tromol yang kedua nya memiliki proses kerja lainnya. Sekarang ini tidak membahas Rem Cakram (Disc Brake) lebih jauh, tapi akan membahas berkaitan kelebihan dan kekurangan Rem Tromol atau Drum Brake.

Rem Tromol bekerja dengan menggesekkan kampas rem pada tuas drum saat diregangkan (diundang) dengan tromol, dalam kerjanya ini membuat Rem Tromol memiliki beberapa Kelebihan dan Kelemahan atau kekurangan. Untuk memperjelasnya berkaitan kelebihan dan kekurangan rem tromol akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.
kelebihan dan kekurangan rem tromol

Kelebihan Dan Kekurangan Rem Tromol

Berikut pembahasan berkaitan keuntungan dan kelemahan rem tromol yang digunakan pada kendaraan:

A. Kelebihan Rem Tromol

1. Tidak mudah diserang kotoran dan debu

Karena berada yang berada di dalam, karenanya rem Tromol tidak mudah dimasuki kotoran atau debu sampai performnya tidak terganggu.

2. Proses Rem yang mudah dan harga yang murah

Pada intinya proses rem tromol ini betul-betul mudah dan simpel sekali, tapi berperforma yang powerful stop kecepatan kendaraan. selain mudah, rem tromol murah pada setiap komponenya (kampas), motor yang menggunakan rem tromol lebih murah dibandingkan yang menggunakan rem cakram.

3. Perform pengerman yang Lembut

Berbeda dengan rem cakram yang ganas karena keakuratannya tinggi, rem tromol menghasilkan pergerakan penghentian/perlambatan yang lebih pelan-pelan atau lembut.

4. Mampu menahan beban Besar

Proses rem ini dikenal bisa menahan beban berat dan besar, dapat ditunjukkan kendaraan memiliki roda 4 seperti Bus dan Truk menggunakan rem tromol.

B. Kekurangan Rem Tromol

1. Rem tidak demikian pakem

Karena penghetianya yang hanya menggunakan proses gesekan dan bukan cengkraman (cakram) tentu hasil pengeremanya tidak demikian pakem dan instan, tidak seperti rem cakram.

2. Pergantian Kampas relatif makin lama dan susah

Tidak seperti rem cakram yang tidak perlu melepaskan as roda dan membuka drum untuk mengganti kampas, di rem tromol pergantian kampas lebih membutuhkan waktu yang lama dibandingkan rem cakram, yang di mana rem cakram tinggal melepaskan baut kaliper.

3. Tidak nikmat disaksikan

Factor keindahan berkurang jika menggunakan rem tromol (relatif), disana ada tuas yang mengganggu objek mata melihat bulatnya ban, berbeda dengan rem cakram yang jelas lebih nikmat disaksikan.

Di atas ialah beberapa kelebihan dan kekurangan rem tromol atau drum brake. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Kelebihan Dan Kekurangan Rem Tromol : 4 Kelebihan Dan 3 Kekurangan"