Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil : 7 Cara, & Penyebabnya

Cara Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil - Pada central door lock pintu mobil biasanya sering terjadi permasalahan. Oleh karena itu perlu perbaikan dan perawatan agar central door lock dapat bekerja dengan baik. Lalu bagaimana cara memperbaiki door lock pintu mobil?

Permasalahan central lock mobil ini diikuti walau tombol kunci gembok tertutup telah didesak dan kedengar bunyi central lock bekerja pada tiap pintu, tapi pada pintu depan kanan, pintu bisa terbuka saat handle pintu diambil di luar.

Kawat patah pemicu pintu depan kanan tidak terkunci saat pintu digembok memakai remote Permasalahan central lock ini trjadi karena kawat penyambung di antara motor central lock dengan handle lock pintu putus. Hingga walau motor central lock bekerja pintu depan kanan tidak dapat terkunci saat pintu digembok memakai remote, tapi bila pintu digembok dengan anak kunci lock pintu bekerja normal.

Beberapa hal diatas merupakan penyebab door lock pada pintu mobil tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Untuk lebih jelasnya berikut ulasan terkait cara memperbaiki door lock pintu mobil dan perawatan central door lock.

cara memperbaiki door lock pintu mobil

Penyebab Central Door Lock Mobil Tidak Berfungsi

Untuk yang masih belum tahu, feature central door lock mengikutsertakan kendalian automatis dari ECU (Elektronik Komputer Unit). Meskipun disuplai listrik, belumlah pasti pemicunya pada bagian kelistrikan. Ada-ada saja permasalahan mekanis yang dapat ada.

Penyebab umum central door lock pintu mobil tidak berfungsi ialah sopir lebih senang buka kunci dari tuas manual. Saat ada penumpang yang ingin keluar dari mobil, umumnya sopir buka kunci dengan manual dari pintu di sebelahnya.

Dengan demikian semua kunci pintu akan terbuka. Tetapi karena peranan automatis dan manual sama-sama berkaitan lewat seling kawat, karena itu dapat terjadi permasalahan karena rutinitas ini.

Peranan automatis jadi mau tak mau menggerakkan seling kawat ke motor. Walau sebenarnya motor tidak bergerak. Bila dilaksanakan secara terus-terusan, karena itu seiring waktu berjalan, kawat seling jadi jemu sampai dapat patah, seperti kawat yang dibengkokkan berkali-kali.

Disamping itu ada pemicu yang lain yang dapat terjadi. Pertama, motor pendorong yang tidak berhasil berfungsi karena kabel putus atau as motor kotor. Oleh karena itu perlu dilakukan proses perbaikan door lock pintu mobil.

Cara Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil

Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk memperbaiki door lock pintu mobil tidak berfungsi. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa penyebab. Untuk lebih jelasnya berikut cara memperbaiki door lock pintu mobil:

1. Check Kawat Penyambung

Cara pertama memperbaiki door lock pintu mobil yaitu mengecek kawat penyambung. Membuka doortrim pintu yang peranan auto lock-nya tidak berfungsi. Selanjutnya check sisi kawat penyambung motor pendorong dan tuas penutup pintu.

2. Mengecek Fuse Central Door Lock

Selain itu fuse atau sekering perlu diperiksa untuk mengetahui kerusakan central door lock. Biasanya sekering central door lock menjadi satu pada fuse box. Proses pemeriksaan dapat dengan multimeter.

3. Mengecek Modul Central Lock

Untuk mengoperasikan central door lock pada pintu mobil secara jarak jauh maka diperlukan module. Module ini akan mengontrol kerja untuk membuka dan mengunci pintu mobil secara otomatis menggunakan remote. Apabila terjadi kerusakan pada module maka central door lock tidak berfungsi.

Cara mengeceknya tingga cek sumber masuk dan keluar module central door lock. Apabila ada arus maka dapat dipastikan kerusakan bukan terjadi pada module. Selain itu perlu membuka bagian door trim dan operasikan remote, apabila ada arus yang mengalir ke motor maka kerusakan bukan pada module.

4. Mengecek Motor Central Door Lock

Selain itu pada central door lock terdapat motor yang digunakan untuk menarik pengunci pintu secara otomatis. Prinsip kerjanya yaitu menggunakan elektromagnet. Saat dikunci maka magnet timbul dan plunger akan tertarik sehingga lock terkunci.

Untuk mengeceknya cukup dengan memberikan arus + dan - pada masing kaki motor. Apabila motor dapat bergerak masuk atau keluar saat dihubungkan dan diputuskan maka motor masih bekerja dengan baik.

5. Mengecek kondisi kabel

Sebagai rangkaian kelistrikan, maka cara memperbaiki door lock pintu mobil yang selanjutnya yaitu mengecek kondisi kabel. Apabila kabel dan sambungan masih dalam kondisi baik maka dipastikan kondisi kabel dan konektor baik.

6. Kawat Putus

Jika permasalahannya ialah kawat putus, coba ditukar sama yang baru. Proses pergantian ini dapat Anda kerjakan sendiri. Untuk cari tipe yang cocok, membawa saja kawat putus itu ke toko perlengkapan mobil.

​​​​​​​7. Kawat Putus Di Ujung

Jika pemicunya karena ujung kawat putus, Anda mengulur sedikit segi yang lain agar yang putus dapat kembali diikatkan ke baut.

Itu beberapa cara memperbaiki door lock pintu mobil tidak berfungsi. Dengan kehadirannya yang paling utama di dalam mobil dan diinginkan terus berfungsi dengan optimal.

Menyaksikan ada banyak pemicu yang dapat memacu permasalahan ini ada, seharusnya selekasnya buang rutinitas jelek itu.

Cara Analisis Kerusakan Central Door Lock Mobil

Central door lock pintu tidak bekerja saat memakai remote,tapi lampu blink dan sirine bunyi saat tombol remote untuk buka dan tutup pintu mobil di pencet,apa permasalahannya ya? Kurang lebih itu pertanyaan dan bagaimana menganalisis kerusakan yang terjadi pada central door lock yang telah terpadu dengan remote, elemen yang mana tidak bekerja.

Saat tombol remote untuk membuka tutup pintu di pencet lampu blink atau sein nyala, suara atau bunyi sirene kedengar,tapi central door lock tidak bekerja atau macet berikut analisis nya:

  1. Pertama,Check dengan manual apa lock pintu bekerja dengan cara manual tanpa remote, bila tidak bekerja coba periksa sekring central door lock dari sisi pedal gas ada rumah sekring central door lock. Biasanya sekering ini memiliki code D/L.
  2. Ke-2 ,Bila dengan cara manual tanpa memakai remote dengan menarik tuas lock pintu rupanya central door lock bekerja tapi dengan remote tidak ingin bekerja,peluang kerusakan terjadi di motor central lock atau modul remote yang tidak keluarkan tegangan listrik untuk gerakkan motor central door lock.

Untuk memperjelasnya check apa ada tegangan listrik antara dua kabel motor central lock saat remote untuk membuka atau tutup pintu di pencet. Bila ada ketidaksamaan tegangan listrik tapi motor central lock tidak bekerja maknanya motor central lock rusak. Bila tidak ada ketidaksamaan tegangan saat tombol membuka tutup pintu pada remote di pencet maknanya relay di modul remote yang rusak.

Tapi umumnya elemen yang kerap alami kerusakan ialah elemen beban dalam masalah ini ialah motor central lock, tanda-tanda awalannya juga gampang untuk di perhatikan, saat tombol membuka tutup pintu pada remote di pencet, rasakan ada getaran atau bunyi di pintu depan kanan mobil tapi central lock tidak naik dan tidak turun atau central lock macet.

Cara Tukar Motor Central Door Lock Pintu Mobil

Cara mengatasi permasalahan central lock ini sesungguhnya lumayan gampang dapat dilaksanakan sendiri dengan cara menukar kawat pengait motor central lock.

  1. Membuka dek pintu depan kanan, bagaimana cara buka doortrim telah saya catat, silahkan saksikan Cara Melepaskan doortrim depan kanan All New Avanza/Xenia.
  2. Membuka atau terlepas kawat yang patah dari slongsong nya dan tukar dengan kawat berdiameter yang serupa atau hampir serupa, yang perlu kawat dapat bergerak bebas pada slongsong.
  3. Wujud kawat yang baru itu seperti gambar di atas, lihat panjang ukuran kawat, bila kemungkinan kawat terlampau panjang atau terlampau pendek dapat ditata dengan mengendalikan status motor central lock.

Untuk mengendalikan status motor central lock dengan cara mengendorkan baut 10 mm sebagai salah satu pemegang motor central lock.

Untuk tambahan bila pintu tidak dapat dibuka dari dalam tapi dapat dibuka di luar, pemicunya ialah karena kawat handle membuka pintu patah, patah dapat terjadi di bagian dekat handle atau di bagian bawah yang ada di lock pintu.

Diatas adalah ulasan terkait cara memperbaiki door lock pintu mobil, penyebab kerusakan, cara mengecek, dan cara mengganti komponen central door lock pintu mobil. Semoga menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil : 7 Cara, & Penyebabnya"