Penyebab Motor Injeksi Mati Saat Digas : 12 Penyebab & Cara Mengatasi

Penyebab Motor Injeksi Mati Saat Digas - Pada motor injeksi kadang mati mendadak saat digas. Penyebab motor injeksi mati saat digas tentunya ada beberapa macam sehingga perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Lantas apa penyebab motor injeksi mati saat digas? Bagaimana cara mengatasinya?

Proses injeksi pada motor telah dikerjakan dalam skala besar, bahkan sejumlah besar motor yang dibikin, terutamanya yang model terbaru sudah menggunakan proses injeksi. Motor injeksi memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan proses karburator. Tetapi, untuk perawatannya sendiri mesin dengan proses injeksi memang cukup sulit dan mahal. Apabila ada salah satu komponen rusak maka dapat membuat komponen lainnya juga ikut remuk dan membuat mesin motor mati mendadak.

Perawatan teratur harus dilakukan untuk menjaga kondisi mesin motor injeksi Anda agar tidak stop. Ada beberapa penyebab motor injeksi mati mendadak yang tidak dianggap oleh sebagian orang. Untuk memperjelasnya berkaitan penyebab motor injeksi mati saat digas dan cara mengatasinya akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

penyebab motor injeksi mati saat digas

Penyebab Motor Injeksi Mati Saat Digas

Berikut beberapa penyebab motor injeksi mati saat digas:

1. Sirkulasi Tangki Bahan Bakar Yang Macet

Tutup bak bensin memiliki lubang putaran udara yang rawan tersumbat kotoran Penyebab motor mati saat di gas yang pertama adalah tersumbatnya putaran bak bensin. Apa iya bak bensin ada putaran udara? Bukan tertutup rapat?

Bila kamu cek dengan detail, karenanya dengan mudah ditemukan lubang kecil di tutup bak bensin. Itu lubang putaran yang menjaga penekanan udara di bak masih baik.

Bila lubang sampai tertutup, bensin tidak ingin turun ke ruang bakar. Karenanya bisa-bisa membuat motor mati mendadak. Bahkan semua type motor bisa merasainya, terhitung motor matic dan injeksi.

Seterusnya apa yang perlu dikerjakan? Biasanya lubang putaran tertutup karena ada kotoran. Maklum ukuran lubang bak tidak terlalu besar. Jadi endapan pasir memungkinkannya untuk menutupnya.

Jika terjadi demikian, semestinya buka tutup bak dan bersihkanlah pakai sikat atau lap kain sampai lubang perputaran terlihat kembali. Selanjutnya tutup kembali bak bensin dan nyalakan mesin, siapa tahu sudah aktif kembali.

2. Kekurangan Bahan Bakar

Jangan sampai lupa isi bensin, bila tidak mau motor matic mati mendadak di perjalanan. Selanjutnya yang membuat motor mati saat di gas adalah kekurangan bahan bakar. Ini biasa terjadi dan tentu saja membuat motor matic mati, motor injeksi mati, bahkan motor dengan karburator mati.

Bagimana peluang pengendara tidak kenali bahan bakar telah habis? Pemicunya ada banyak. Diawali pada tanda tingkat BBM remuk, atau memang motor yang kamu tunggangi tidak mempunyai.

Baca juga Yamaha R1M dan R1 2020 Dijajakan, Harga 240 Juta-anKalau pertanda tidak remuk, pengendara motor juga bisa terlupa. Namanya juga manusia, tempatnya salah dan lupa.

Jika terjadi seperti ini, karenanya motor obatnya cuman satu yaitu sesegera ke pom bensin terdekat. Saat saat sebelum motor matic mati dan motor injeksi mati, sebenarnya ada penanda bila sebentar kembali kekurangan bensin. Salah satunya motor brebet saat di gas.

Saat saat sebelum ke pom bensin, kamu juga bisa cek keran reservoir. Biasanya komponen ini ada dalam motor karburator seperti Kawasaki W175. Peran keran reservoir untuk membuka stock bensin cadangan dalam bak.

Karena itu bila sampai kekurangan bensin, semestinya putar dulu keran itu. Bukan tidak mungkin masih ada sisa bensin pada tempat cadangan. Cukup buat buat mesin motor bisa aktif kembali sampai ke pom bensin terdekat. Dibandingkan harus dorong, tentu betul-betul melelahkan.

3. Busi Kurang kuat

Beberapa ciri-ciri busi motor sudah remuk, di bagian kepalanya warna hitam pekat Diantaranya yang paling sering jadi penyebab motor mati saat di gas adalah kondisi busi kurang kuat. Ini membuat pengapian jadi tidak sempurna. Seterusnya mesin brebet, dan saat di gas, mesin jadi mati.

Bila ini terjadi, cek kondisi busi dengan melepaskannya. Tapi tidak boleh asal-asalan, kamu harus optimis kondisi mesin telah sejuk. Dari segi memudahkan, pencabutan busi saat mesin masih panas berpotensi membuat drat lubang busi cepat aus.

Bila mesin telah sejuk, terlepas menggunakan kunci busi. Biasanya setiap motor memiliki kunci busi yang ada dalam tool kit bawaan.

Jika sudah terlepas sempurna, tonton segi kepala busi. Bila hitam pekat, karenanya harus diganti. Bila sekedar hanya kotor, busi dapat dibersihkan dengan lap kering. Seterusnya pasang lagi dan coba nyalakan mesin.

4. Bensin Kotor

Selalu isi bensin dengan bahan bakar oktan tinggi, minimal RON 90 untuk kualitas yang lebih baik Penyebab motor mati saat di gas selanjutnya, karena bensin kotor. Kenapa bisa kotor? Argument-nya ada banyak, diawali pada penggunaan bensin oktan rendah atau beli di pinggir jalan, s/d tercemarnya bensin oleh air dan kotoran.

Baca juga Buat SIM C Pertama Kali? Ini Panduan LengkapnyaAir dapat masuk dalam bak bensin, karena hujan. Seterusnya untuk kotoran yang tercampur bensin. Biasanya permasalahan kotoran ini karena karat di bak yang terikut masuk sampai ke ruang bakar.

Imbas paling entengnya motor teras brebet. Namun apabila kotoran dan air masuk dan bersirkulasi kedalam mesin hasilnya bisa membuat motor matic mati dan motor injeksi mati mendadak.

Jalan keluar dari persoalan ini adalah kuras bak bensin. Kerjakan di bengkel terdekat, supaya hasilnya maksimal. Bila kamu ingin lakukan sendiri, optimis sudah seperti proses kuras bak secara benar.

5. Mesin Overheat

Jangan sampai lupa isi oli dan isi air radiator supaya motor tidak overheat di jalan Motor injeksi mati dan motor matic mati mendadak saat digas, pemicunya bisa adalah mesin yang overheat (kepanasan). Kenapa bisa overheat?

Biasanya karena putaran oli dalam mesin tersumbat. Ini membuat ring piston kering dan suhu panas tercipta, karena gesekan yang terjadi dalam mesin. bila panas sudah terlampau berlebihan, karenanya mesin motor bisa mati tiba-tiba.

Diamkan motor dulu sampai kondisi mesinnya sejuk apabila mesin mengalami overheating. Lalu cek kondisi oli. Bila benar olinya kurang, karenanya isi sampai batas optimal.

Begitu juga untuk motor dengan radiator. Cek air radiatornya dan isi sampai batas optimal. Jika semua sudah dikerjakan coba nyalakan mesin kembali.

6. Injektor Bermasalah

Injektor harus selalu dibersihkan untuk meredam brebet, minimal tiap 10.000 Km Motor injeksi mati saat di gas, penyebab yang biasa terjadi adalah injektor mempunyai permasalahan. Ini wajar bila masa pakai motor telah raih usia 5 tahun atau 50.000 Km. Walau demikian, kamu masih bisa memperpanjang umurnya dengan kerjakan servis teratur.

Injektor perlu dirawat minimal tiap 10.000 Km. Peranannya untuk menjaga akurasi debit penyemprotan bahan bakar, sekaligus membersihkan dari berbagai kotoran.

Bila injektor kotor dan remuk, efeknya adalah tarikan motor jadi brebet. Kalau sudah akut, bisa membuat motor mati tiba-tiba. Jalan keluarnya bila ini terjadi, tidak lain datang ke bengkel syah.

7. Terjadi Kerusakan Pada Sensor Injeksi

Diantaranya komponen injeksi yang dicheck seterusnya adalah sensor injeksi. Karena pada saat terjadi kerusakan pada sensor injeksi karenanya tanda mesin ingin cek engine akan berkedip. Kerusakan ini akan memang tidak segera membuat mesin mati tapi kadang cek engine akan berkedip walaupun mesin bisa berjalan dengan normal.

Tetapi cek engine sebagai proses koreksi yang secara otomatis ada di proses injeksi yang akan memberitahukan pada Anda jika ada persoalan di proses injeksi motor Anda.

Untuk kenali persoalan apa yang telah ada pada motor, Anda membutuhkan kontributor scanner, tetapi ada banyak jenis motor yang dapat memperhatikan pola kedipannya supaya bisa kenali sensor injeksi yang mana remuk.

Pada saat sensor remuk telah ditemukan, bukan mempunyai makna sensornya benar-benar remuk ya, karena perasalahannya hanya ada di soket sensor saja yang tidak klop atau kabel sensor yang sudah terkelupas sampai putus.

8. Klep Mesin Ketahan

Klep atau katup bekerja sebagai pintu keluar masuknya material yang ada dari mesin. Sampai material yang digunakan sebagai proses pembakaran seperti udara dan bensin akan masuk melalui katup hisap ini.

Sedang material gas hasil sisa dari pembakaran akan dikeluarkan melalui katup buang. Bila klep ketahan karena itu menyebabkan klep tidak bisa tertutup dengan rapat sampai pada saat cara kompresi, akan membuat material pembakaran keluar melalui celah klep yang tidak rapat ini.

Hal ini sebagai faktor mengapa pembakaran tidak ada dan mengakibatkan mesin mati.

Klep dapat tertutup karena ada karbon sisa pembakaran. Karena pembakaran mesin selekasnya bisa menghasilkan material pengendapan seperti gas karbon monoksida. Selain itu karbon padat juga bisa jadi diantaranya pemicunya.

Karena material yang padat itu jika berjejal klep karena itu secara otomatis mampu membuat klep tidak dapat tertutup secara rapat, ini membuat klep mesin ketahan sampai membuat mesin motor jadi mati.

Masalah ini dapat diatasi dengan membersihkan klep mesin. Trick-nya dengan melepas klep dari mesin melalui segi kepala silinder.

9. Saringan Udara yang Sudah Terlalu Kotor

Saringan udara pada motor injeksi memang memiliki peran yang perlu karena bekerja untuk memfiltrasi udara dari kotoran dan debu yang dapat masuk sampai dapat membuat udara yang masuk dalam ruang bakar dapat menjadi lebih jernih.

Tetapi pada saat saringan udara terlalu kotor akan selekasnya bisa menyebabkan dua persoalan, yakni udara akan terhambat oleh sumbatan dari kotoran yang ada dalam atas saringan. Ini akan memberikan beban pada mesin sampai membuat idle mesin dapat mati secara tiba-tiba.

Lakukan pembersihan untuk filter udara pada interval 5.000 km pada motor injeksi. Tapi memang ini tidak mudah dikerjakan oleh semua orang karena letak filter yang tersembunyi. Sampai cara terbaik dengan tidak melalui jadwal service motor Anda karena pada saat diservice, secara otomatis filter akan dibersihkan.

10. Aki Eror Atau Hancur

Penyebab motor injeksi mati tiba-tiba adalah akinya yang eror. Bila dalam motor biasa aki cuman dipakai untuk proses starter karena itu untuk mekanisme injeksi beda. Dalam motor yang mempunyai mekanisme injeksi, aki berperan untuk jaga konsistensi arus listrik motor. Bila aki tekor karena itu tegangan akan turun dan motor jadi mati. Nach untuk jalan keluarnya kamu dapat menukar baterei aki ini.

11. Fuel Pump Mati

Dalam masalah ini pompa bensin atau fuel pump memang dipunyai oleh kendaraan yang mempunyai tehnologi EFI. Peranan dari fuel pump ini adalah buat memasok bahan bakar motor ke bak aliran bensin. Harus dipahami seandainya fuel pump tidak dapat bekerja secara baik akan membuat penekanan bahan bakar dalam motor. Hingga bensin tidak keluar dari dalam injektor itu. Kamu dapat ketahui fuel pump ini berperan saat kedengar bunyi dengungan dari bak saat kunci contact pada status ON. Jalan keluarnya kamu harus menukar fuel pump.

12. Air yang Masuk di Dalam Mesin

Penyebab motor matik injeksi mati tiba-tiba yang paling akhir adalah air yang masuk di dalam mesin motor. Dalam masalah ini akan terjadi saat kamu ngotot untuk terjang banjir. Volume air yang tinggi bisa mengakibatkan air bisa masuk lewat saringan udara. Dalam masalah ini kamu dapat keringkan budinya terlebih dulu.

Cara Mengatasi Motor Injeksi Mati Saat Digas

Untuk memperbaiki motor injeksi yang mati saat digas ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan misalnya:

  1. Menggunakan type bahan bakar yang jumlah oktannya sama, karena jika jumlah oktannya berbeda karena itu membuat sisa karbon yang menumpuk pada ruang pembakaran motor injeksi.
  2. Cara kedua yaitu penggantian saringan udara motor injeksi pada interval 8.000 km. Karena saringan udara pencemaran karena debu dan kotoran yang yang lain menempel pada saringan udara ini akan membuat ruang pembakaran injeksi motor jadi kotor. Saat ruang pembakaran injeksi jadi kotor, karena itu punya pengaruh buruk untuk mesin yang bisa membuat mesin motor setop mendadak atau stop.
  3. Cara ketiga yaitu memberikan injector cleaner secara teratur atau setiap 4.000 km. Sebenarnya ini akan dikerjakan secara otomatis pada saat Anda kerjakan servis motor secara periodik.
  4. Cara yang terakhir yaitu dengan membersihkan deposit karbon yang ada pada proses pembakaran mesin untuk buat pembakaran jadi sempurna, menghemat bahan bakar, tambahkan perform mesin sampai menghilangkan engine knocking yakni suara seperti tembak yang keluar dari knalpot.

Di atas ialah pembahasan berkaitan penyebab motor injeksi mati saat digas dan cara memperbaikinya. Mudah-mudahan menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Motor Injeksi Mati Saat Digas : 12 Penyebab & Cara Mengatasi"