Cara Memperbaiki Sensor Parkir Mobil : 5 Cara Dan Penyebabnya

Cara Memperbaiki Sensor Parkir Mobil Tidak Bunyi - Sensor parkir pada mobil juga tidak lepas dari permasalahan. Terkadang sensor parkir mobil tidak bunyi sehingga pengemudi kesulitan untuk memarkirkan kendaraan. Lalu apa saja penyebab sensor parkir mobil tidak bunyi? Bagaimana cara memperbaiki sesnor parkir mobil tidak bunyi?

Beberapa mobil keluaran terkini sudah diperlengkapi dengan tehnologi hebat dan kekinian, baik dari segi kenyamanan dan keamanan. Contohhnya saja saat mobil akan parkir, sopir telah dipermudahkan karena ada sensor parkir.

Sensor parkir ada dua tipe yang telah dipakai oleh beberapa merek mobil terkenal di Indonesia, pertama sensor parkir Infrared dan ke-2 sensor parkir camera. Sensor ini mempunyai peranan untuk mengetahui tempat belakang mobil yang bisa menghindar peristiwa menabarak dan lain-lain, pemakaian sensor sangat sangat penting. Maka tidaklah aneh bila beberapa pemilik mobil seperti Avanza, Xenia dan yang lain menempatkan sensor parkir lewat cara manual.

Tetapi, ada banyak pemakai yang alami peristiwa seperti sensor parkir mobil tidak bunyi. Persoalan semacam ini benar-benar sangat lumrah dan umum terjadi, adapun beberapa penyebab mengapa sensor itu tidak mengeluarkan bunyi atau tidak berperan. Untuk lebih jelasnya berikut ulasan mengenai cara memperbaiki sensor parkir mobil tidak bunyi dan penyebabnya.

cara memperbaiki sensor parkir mobil

Penyebab dan Cara Memperbaiki Sensor Parkir Mobil

Bicara berkenaan sensor mobil, apa kalian pernah merasakan sensor parkir mobil tidak mengeluarkan bunyi? Berikut yang akan kita ulas pada tatap muka kesempatan ini. Cara memperbaiki sensor parkir mobil ini ada langkah-langkah yang harus kalian kenali. Tetapi sebelumnya sebaiknya untuk pahami lebih dulu apa penyebab sensor parkir tidak mengeluarkan bunyi atau berperan.

Penyebab itu yang menjadi referensi kita dalam soal pembaruan. Untuk melakukan perbaikan juga kalian bisa mengantarnya ke bengkel sah dengan montir pakar dalam masalah ini supaya sensor itu bisa berperan dengan optimal kembali. Baik langsung kita baca cara memperbaiki sensor parkir mobil tidak mengeluarkan bunyi di bawah ini.

Saat sebelum kalian ke arah cara menanganinya, sebaiknya bila kalian alami permasalahan pada sensor parkir mobil kalian yang tidak mengeluarkan bunyi. Kalian bisa lebih dulu memeriksa apa yang mengakibatkan sensor itu tidak mengeluarkan bunyi atau mati saat mobil dalam status akan parkir. Untuk mengetahuinya berikut beberapa penyebabnya:

Penyebab Sensor Parkir Tidak Bunyi

Jika persoalan seperti itu sedang kalian alami, karena itu cara terbaik untuk menanganinya cukup cari sumber permasalahannya apa. Berikut beberapa penyebab yang umum terjadi berkaitan persoalan seperti itu.

1. Instalasi Kabel Sensor Parkir Putus

Saat sebelum kalian ambil langkah untuk menukar sensor yang baru, sebaiknya check lebih dulu instalasi kabel sensor. Siapa tahu salah satunya kabelnya ada yang putus karena digigit tikus atau terlepas dan lain-lain.

2. Sensor Parkir Mobil Kotor Atau Hancur

Check sisi sensor parkir pada mobil kalian, karena pemicunya dapat dikarekan sensor kotor hingga tidak bekerja seperti seharusnya. Disamping itu dapat karena sensor telah hancur hingga tidak bisa mengetahui tempat dan keluarkan bunyi peringatan.

3. Tegangan Listrik Ke Sensor Parkir Tidak Mengucur

Check tegangan listrik dengan alat pengukuran, apa saluran sampai ke sensor atau tidak. Pasalnya sensor parkir sebuah feature yang memerlukan saluran listrik supaya bisa bekerja seperti seharusnya.

4. ECU (modul) Sensor Mundur Hancur

Ada lumayan banyak penyebab mengapa sensor parkir mobil tidak mengeluarkan bunyi, kadang salah satunya elemen alami kerusakan. Kalian bisa lakukan pengujian ECU atau modul, masihkah berperan atau telah hancur hingga harus ditukar.

5. Switch Sensor Mundur Hancur

Switch Sensor salah satunya elemen yang mempunyai peranan cukup utama pada feature itu, dari beberapa pemakai yang alami peristiwa sensor tidak mengeluarkan bunyi. Pada elemen Switch Sensor mundur hancur atau putus, hingga mengakibatkan sensor tidak keluarkan bunyi.

6. Buzzer Speaker Mati

Saat semuanya sudah di check dan masih normal, tapi tidak bunyi saat mobil akan parkir. Kalian bisa curigai di bagian buzzer speaker, karena ini menjadi salah satunya pemicunya.

7. Fuse lampu Mati

Penyebab seterusnya dapat karena fuse lampu mati, ini bisa mengakibatkan saluran listrik tidak masuk untuk memasok ke sensor parkir. Akhirnya sendor tidak berperan untuk mengetahui tempat sisi belakang dari mobil.

8. Salah Satu Sisi Lepas

Yang paling akhir dapat karena salah satunya sisi dari sensor terlepas, seperti cop kabel terlepas atau salah satunya elemen yang tidak terhubung. Ini jadi sumber permasalahan yang tidak tersangka dari beberapa pemakai, karena awalnya tidak dilihat lebih dulu.

Cara Memperbaiki Sensor Parkir Mobil

Saat sudah tahu sumber permasalahannya, karena itu kalian bisa dengan gampang untuk mengatasi sensor parkir tidak berperan. Nach berikut beberapa cara memperbaiki sesuai pemicunya karena apa.

1. Menyambung Instalasi Kabel yang Putus

Jika pemicunya karena salah satunya kabel terputus, karena itu cara melakukan perbaikan cukup ikat kembali kabel itu. Kemudian kalian periksa lagi, saat sebelum semua elemen terpasang kembali.

2. Bersihkan Sensor Parkir yang Kotor

Sedang pemicunya karena sensor parkir kotor, triknya menanganinya benar-benar gampang sekali. Karena cukup dibikin bersih saja, saat lakukan pembersihan, lebih bagus semua elemen kalian berishkan agar berperan seperti mestinya.

3. Check Tegangan Listrik yang Mengucur Ke Sensor Parkir

Cara memperbaiki yang dapat kalian kerjakan sendiri adalah mengecek supply tegangan listirk, kalian bisa check dengan alat ukur. Karena seperti yang kita kenali, bila elemen ini tidak dapat bekerja jika supply listrik kurang atau tidak konstan.

4. Menukar Elemen Sensor Parkir yang Hancur

Bila sumber permasalahan yang terjadi karena salah satunya elemen alami kerusakan, cukup kerjakan penggantian dengan yang baru. Kami jamin sensor parkir mobil kalian berperan kembali seperti awalnya.

5. Lakukan Pengujian Tiap Elemen yang Terhubung Ke Sensror Parkir

Jika di rasa semua beberapa bagian dari sensor parkir mobil normal dan aman, karena itu cara yang harus dilaksanakan cukup lakukan pengujian dari kabel, elemen, cop dan kelistrikannya saja. Apa semua elemen yang ada di dalam sensor parkir telah dipasang secara benar sesuai seharusnya.

Diatas adalah pembahasan terkait cara memperbaiki sensor parkir mobil yang tidak mengeluarkan bunyi dan penyebabnya. Semoga menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Sensor Parkir Mobil : 5 Cara Dan Penyebabnya"