Kode Sekring Lampu Mobil : 25 Kode, Letak, Dan Cara Penggantian

Kode Sekring Lampu Mobil - Didalam sistem kelistrikan, sekring menjadi salah satu komponen utama. Untuk mempermudah proses identifikasi biasanya dibuat sebuah kode petunjuk pada fuse box. Lalu apa saja kode sekring pada lampu mobil?
 
Permasalahan kelistrikan mobil memang cukup kompleks, kadang permasalahan kecil saja cukup membuat pusing. Ada banyak permasalahan kelistrikan yang cukup umum terjadi, salah satunya headlamp yang mati, lampu rem mulai macet, atau radio tidak berperan sama sekalipun. Walau sebenarnya tiap sisi itu penting untuk selalu bekerja normal tiap dipakai.

Umumnya pemicu dari permasalahan itu ialah sekring yang putus. Jika sudah ini, Anda harus selekasnya menukar sekring putus itu sama yang baru. Tetapi proses pergantian harus berhati-hati. Bukannya membenahi sekring yang putus, Anda justru salah menukarnya. Disamping itu permasalahan seperti korslet bisa juga ada.

Sesungguhnya sekring mobil mempunyai makna kode tertentu yang dapat Anda kenali sendiri. Makna dan kode ini memperlihatkan besaran daya dan elemen tempat mengucurnya arus listrik. Tiap mobil mempunyai makna kode sekring yang berbeda.

Sekring sebagai elemen kelistrikan mobil yang kerap putus, saat sekring putus karena itu kelistrikan yang dilayani sekring itu tidak berperan. Misalnya jika sekring lampu putus automatis lampu mobil akan mati.

Sesungguhnya, untuk menangani ini kita perlu menukar sekring yang putus itu sama yang baru. Tetapi permasalahannya di mana letak sekring lampu itu? Untuk lebih jelasnya terkait kode sekring lampu mobil akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

kode sekring lampu mobil

Letak Sekering Lampu Mobil

Sebuah mobil biasanya mempunyai dua fusebox. Fusebox ialah sebuah kotak yang didalamnya beberapa kumpulan fuse. Jadi semua fuse kelistrikan mobil dihimpun dalam sebuah kotak namanya fusebox. Hingga jika anda akan cari sekring apa saja ada dalam fuse box.

Tetapi umumya mobil punyai dua fuse box, sama dalam Avanza ada fusebox underhood yang terletak di bawah kap mesin dan ada fusebox kabin yang terletak di bawah dasbor.

Sekring yang terkait dengan pencahayaan ekstrior biasanya berada di fusebox underhood yang dapat anda dapatkan di bawah kap mesin. Letak fuse box ini berbeda setiap mobil, tetapi biasanya fusebox berada pada tempat yang gampang sekali dicapai.

Kemudian, membuka penutup fuse box karena itu anda akan menyaksikan denah sekring dan kodenya dibalik tutup fuse box.

Denah dan kode-kode ini ialah rujukan untuk cari tahu letak dan kemampuan sekring lampu mobil.

Kode yang memberikan sekring lampu khusus, ialah H-Lp. Umumnya ada dua buah sekring yaitu H-LP LH dan H-LP RH, ke-2 nya ialah sekring lampu khusus (lampu depan) kanan dan kiri.

Lalu untuk lampu belakang, umumnya ada kode STOP, lampu sein/hazzard mempunyai kode HAZARD, dan lampu kabut kodenya FOGLAMP.

Kemampuan sekring untuk pencahayaan ekstrior umumnya cuman 10 A. Itu maknanya jika arus yang mengucur melewati batasan 10 A karena itu sekring akan putus.

Cara Mengganti Sekring Lampu Mobil

Bisa tetapi itu berefek membuat elemen bohlam/socket lampu terbakar. Karena arus optimal yang mengucur dapat semakin tinggi dibanding 10 A. Tetapi ada pengecualian, saat sekring 10 A terus putus anda dapat sementara menukarnya dengan sekring dengan kemampuan semakin tinggi, (seputar 15 A).

Tetapi ini memiliki sifat sementara, anda perlu bawa mobil ke bengkel untuk menangani ini. Karena jika sekring 10 A terus putus, bermakna ada korsleting di lajur kelistrikan lampu.

​​​​​​​Contoh Daftar Kode Sekring Mobil

Berikut merupakan beberapa contoh kode sekring mobil Toyota Avanza yang dapat digunakan untuk proses perbaikan.

  1. H-LPH RH: Lampu headlamp kanan
  2. H-LP LH: Lampu headlamp kiri
  3. (ABS NO. 2): Anti-lock brake sistem
  4. EFI: Mekanisme injeksi bahan bakar, bahan bakar sequential multiport, mekanisme injeksi, pompa bahan bakar
  5. (A/C NO. 1): Mekanisme AC mobil
  6. TAIL: Lampu belakang, lampu pelat nomor polisi, lampu kabut depan, lampu status depan,, mekanisme injeksi bahan bakar sequential multiport
  7. HORN (KLAKSON): Klakson mobil
  8. (ECU-B): Transmisi automatis
  9. STOP: Kode ini menandakan lampu interior, lampu rem, lampu rem high mounted, mekanisme kontrol shift lock, mekanisme injeksi bahan bakar sequential multiport, anti-lock brake sistem
  10. BACK UP: Mekanisme analisis on-board, mekanisme audio
  11. HTR: Mekanisme air conditioner
  12. POWER: Power window
  13. ECU IG1: Anti-lock brake sistem, electric power steering, SRS airbag sistem
  14. (DEF): Defogger kaca belakang
  15. (D/L): Mekanisme power door lock
  16. HAZARD: lampu sein tanda belok
  17. (CIG): Power outlet
  18. ACC: Mekanisme audio, shift lock control sistem, mekanisme kaca spion luar
  19. ST: Mekanisme injeksi bahan bahan bakar multiport/sequential multiport, starter
  20. (A/C NO. 2): Mekanisme AC mobil

Diatas merupakan ulasan terkait kode sekring lampu mobil, disertai letak dan penjelasannya. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Kode Sekring Lampu Mobil : 25 Kode, Letak, Dan Cara Penggantian"