Cara Memeriksa Sekring (Fuse) : 4 Cara Dan Ulasannya

Cara Memeriksa Sekring (Fuse) - Fuse adalah komponen kelistrikan yang sering mengalami kerusakan. Oleh karena itu perlu pemeriksaan terhadap fuse atau sekring. Lalu bagaimana cara memeriksa sekring (fuse)?

Fuse atau Sekering ialah elemen yang berperan sebagai pengaman dalam serangkaian electronica atau piranti listrik yang terdiri dari kawat lembut pendek yang bakal menetes dan terputus bila dialiri oleh arArus Listrik yang terlalu berlebih atau berlangsungnya jalinan arus pendek (short sirkuit) dalam sebuah perlengkapan listrik / Electronica.

Arus listrik yang terlalu berlebih itu tidak bisa masuk di dalam komponen lain hingga tidak menghancurkan komponen-komponen lainnya ketika sekring putus. Peran komponen ini bisa membuat perlindungan perlengkapan listrik dan perlengkapan elektronika dari kerusakan karena arus listrik yang terlalu berlebih. Fuse atau sekering kerap dikatakan sebagai Pengaman Listrik.

Fuse yang telah lama digunakan akan alami kerusakan seperti putus atau terbakar ( menetes ). Pemicunya juga berbagai - jenis seperti nilai beban yang terlampau besar atau terjadi jalinan singkat ( short sirkuit ). Dampaknya bila fuse hancur karena itu beban atau elemen kelistrikan tidak bekerja ( mati ). Fuse yang telah hancur bisa diperbarui dengan cara menghubungkan kembali dengan belitan kabel, tetapi ini berefek dan tidak direferensikan. Cara memperbaiki fuse yang putus.

Dengan begitu untuk pastikan apa fuse hancur atau mungkin tidak karena itu harus dilaksanakan pemeriksaan. Pemeriksaan fuse memang dapat lewat cara visual ( menyaksikannya), tetapi ini bukanlah cara terbaik untuk ketahui keadaannya. Kita harus memakai alat ukur AVO Mtr. untuk mengeceknya secara jelas dan cermat.

Pada artikel kesempatan ini akan diulas cara memeriksa fuse (sekring) dengan AVO mtr. untuk ketahui lebih tepat apa keadaan fuse itu putus atau masih pada keadaan baik. Berikut cara memeriksa fuse (sekring):

Cara Memeriksa Fuse (Sekring)

1. Memeriksa Sekring secara Visual

Sekring mempunyai konduktor logam tipis. Konduktor tipis ini akan menetes saat arus yang mengucur kepadanya melewati nilai arus yang tercantum pada rumah sekring. Gambar berikut memperlihatkan gambar sekring yang konduktornya menetes.

Gambar di atas memperlihatkan sekring yang menetes (tanda silang merah) dan sekring bagus (tanda contreng biru). Bila kita jumpai sekring putus, karena itu sebenarnya terjadi jalinan pendek. Jika permasalahan yang menyebabkan jalinan pendek tidak diperbarui, karena itu ditegaskan sekring akan menetes kembali sesudah ditukar. Sebagai contoh pada gambar di bawah, ada skrup kecil yang masuk dalam socket pemantik rokok.

Ada skrup yang menyebabkan berlangsungnya jalinan pendek pada serangkaian pemantik rokok. Tiap kotak sekring umumnya diperlengkapi dengan sekring cadangan. Saat menukar sekring, cuman type sekring yang pas yang bisa kita pakai. Sebagai contoh, pada kasus kita kesempatan ini kita memerlukan sekring 12-Amp. 

cara memeriksa sekring (fuse)

2. Memeriksa Sekring Khusus

Berikutnya yaitu cara memeriksa sekring khusus pada mobil. Pada tiap mobil bisa ditegaskan mempunyai sekring khusus walau itu cuman satu. Umumnya ada di terminal baterei positif atau di kotak sekring, tersambung ke kabel positif baterei. Sering sekring khusus putus saat kita secara tidak menyengaja sentuh terminal baterei yang keliru. Salah satunya tanda dari sekring khusus putus ialah tidak ada daya dan tidak ada satu juga lampu mobil yang hidup. Memeriksa sekring khusus itu gampang. Umumnya kelihatan terang bila sekring itu putus (meledak). Bila sekring khusus putus, karena itu ada peluang sekring kecil yang lain turut putus. 

cara memeriksa sekring (fuse)

3. Memeriksa fuse saat dilepaskan dari instalasi listrik

Cara pertama kali yang dapat dilaksanakan untuk memeriksa fuse secara tepat memakai AVO mtr. dengan lakukan pemeriksaan fuse saat dilepaskan dari serangkaian kelistrikan. Maka untuk melakuan pemeriksaan fuse ini, kita perlu melepaskan fuse dari tempat dia dipasang (fuse box).

Sesudah fuse lepas dari fuse box dan saat sebelum lakukan pengukur, anda bisa juga pastikan keadaan fuse dengan memerhatikan fisik fuse itu. Fuse yang putus biasanya mempunyai beberapa ciri khusus tertentu yang langsung bisa ditegaskan apa fuse tersebut bagus atau tidak bisa dipakai kembali. Baca : Beberapa ciri sekring mobil putus

Nach, bila tidak terlihat beberapa ciri sama seperti yang telah diulas, karena itu, untuk pastikan keadaan fuse itu dengan akrat dan tentu, kita dapat lakukan pengukur dengan memakai AVO mtr., berikut jalannya :

  • Persiapkan AVO mtr. dan Fuse ayang akan di ukur
  • Putar selektor AVO mtr. ke status ohm, lalu sambungkan probe di antara kabel merah dan hitam pada AVO mtr. untuk pastikan nilai pada AVO mtr. ada pada angka 0.00 ohm
  • Mengambil fuse yang bakal diukur, lalu kenakan kabel AVO mtr.. Karena fuse yang dilepaskan ini tidak mempunyai polaritas, jadi status probe merah dan hitam tidak jadi permasalahan walau penempatannnya kebalik.
  • Fuse pada keadaan baik akan memperlihatkan angka 0.00 ohm pada display multimeter, sedang fuse pada keadaan putus akan memperlihatkan "tidak terbatas". Lihat status dan penempatan saat memeriksa fuse berikut hasilnya sama dalam gambar di bawah di bawah ini. 

cara memeriksa sekring (fuse)

4. Memeriksa fuse saat dipasang pada fuse box

Kecuali dengan lakukan pemeriksaan fuse dengan melepaskannya dari fuse box sama dalam cara di atas awalnya, kita bisa juga lakukan pemeriksaan fuse saat fuse dipasang pada fuse box.

Tetapi, untuk menghindar kerusakan pada alat ukur AVO mtr. yang dipakai seharusnya alihkan lebih dulu status selektor ke status (Volt DC) yang berperan untuk menghitung tegangan listrik arus searah (DC).

Lihat cara memeriksa fuse saat dipasang pada fuse box seperti berikut ini

  • Yakinkan selektor pada AVO mtr. telah pada status Volt DC untuk pengukur tegangan
  • Kenakan probe hitam pada negatif baterry (min accu mobil)
  • Pakai probe merah untuk menghitung keadaan fuse. Lihat status penempatannya sama dalam gambar di bawah berikut
  • Lekatkan probe merah di titik A dan B sama dalam gambar di atas, selanjutnya lihat display pada AVO mtr..
  • Bila pada AVO mtr. memperlihatkan nilai tegangan sejumlah 12 Volt saat probe merah di lekatkan di titik A dan B, ini mengisyaratkan jika fuse pada keadaan baik. Bila pada display AVO mtr. memperlihatkan angka 0 Volt, ini memperlihatkan jika keadaan fuse putus.

cara memeriksa sekring (fuse)

Demikian artikel mengenai cara memeriksa fuse (sekring) dengan AVO mtr. Semoga menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Memeriksa Sekring (Fuse) : 4 Cara Dan Ulasannya"