Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Transmisi Manual : 6 Perawatan Dan Ulasannya

Cara Merawat Transmisi Manual - Mobil dengan transmisi manual memang termasuk masih lumayan banyak dan lumayan disukai karena berkesan sporty saat dipakai. Dari sisi kenyamanan, memang mobil bertransmisi manual kalah dibandingkan dengan mobil matik.

Tetapi demikian, ongkos perawatan pada mobil bertransmisi manual yang lebih murah dibandingkan mobil matik, sering jadi argumen beberapa orang untuk pilih mobil bertransmisi manual. Dalam soal perawatan transmisi manual sesungguhnya termasuk tidak susah karena transmisi manual termasuk elemen mobil yang termasuk tahan lama asal perawatannya dilaksanakan secara benar.

Tidak banyak yang mengetahui jika panduan merawat mekanisme transmisi manual mobil itu sesungguhnya lumayan gampang. Bahkan juga, dapat Anda kerjakan sendiri di dalam rumah tanpa perlu dibawa ke bengkel.

Hingga, keutamaan lakukan perawatan pada mekanisme transmisi manual mobil ini jadi hal dasar yang dapat Anda kerjakan untuk mengawasinya supaya tahan lama dan terhindar dari bermacam tanda-tanda kerusakan.

Nach, terkait dengan masalah itu, ada banyak cara yang dapat Anda menempuh untuk mengaplikasikan perawatan itu. Ingin tau triknya? Untuk lebih jelasnya terkait cara merawat tranmisi manual akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara merawat transmisi manual

Perawatan Transmisi Manual

1. Tukar oli transmisi manual secara periodik.

Langkah pertama sebagai sisi dari perawatan transmisi manual di mobil dengan menukar oli transmisi secara periodik. Biasanya, faksi produsen kendaraan sering menyarankan untuk lakukan pergantian oli transmisi manual tiap 40.000km dan kelipatannya, atau ditukar tiap dua tahun sekali yang mana diraih terlebih dulu.

Misalnya, jarak menempuh belum 40.000km tetapi waktu penggunaan telah dua tahun, karena itu oli perlu ditukar, begitupula kebalikannya, belum dua tahun tetapi telah 40.000km, karena itu oli transmisi perlu ditukar.

Tetapi demikian, untuk menahan kerusakan awal, masih kerjakan pengecekan oli transmisi manual tiap satu tahun sekali atau tiap jarak menempuh telah masuk di 20.000km, pengecekan ini mencakup jumlah oli dan kualitas oli yang ada pada transmisi. Bila diketemukan jika kualitas atau jumlah oli transmisi telah menyusut atau turun jauh, karena itu oli transmisi perlu tetap ditukar.

Oli transmisi yang telah melalui periode gunakan tentu saja akan alami peurunan kualitas dan kekuatan kerja. Bila dipaksanya untuk selalu dipakai, karena itu makin lama elemen gear dan bearing dalam transmisi manual akan cepat hancur, oblak, sampai membuat transmisi sulit masuk gigi atau macet.

2. Pakai oli transmisi berkualitas baik.

Tahap selanjutnya dalam perawatan transmisi manual dengan memakai oli transmisi berkualitas baik. Ciri-ciri pemakaian oli transmisi berkualitas baik dengan pilih oli transmisi yang telah direferensikan oleh faksi pabrikasi atau yang sama dengan referensi itu.

Karena tipe dan merk mobil yang memakai transmisi manual ini benar-benar bermacam, karena itu yakinkan anda memakai oli referensi yang telah tercatat pada buku manual tutorial pemilik kendaraan (owners manual book). Dengan demikian, anda telah lakukan salah satunya cara untuk merawat transmisi manual secara baik.

Kekeliruan dalam penyeleksian dan pemakaian oli transmisi manual bisa menyebabkan kerusakan di bagian transmisinya. Misalnya, referensi oli tentukan jika transmisi mobil anda membutuhkan oli tipe GL4, tetapi anda memakai oli tipe GL5.

Kekeliruan semacam ini, sudah pasti akan berpengaruh pada kerusakan transmisi yang bisa lebih cepat. Karena itu selalu lihat oli yang direferensikan dan pakai tutorial itu sebagai referensi untuk pilih oli transmisi manual.

3. Mengatur setelan kopling

Cara selajutnya sebagai cara merawat transmisi manual dengan selalu memerhatikan keadaan setel pedal kopling secara periodik.

Setelan kopling, memengaruhi saat proses perpindahan gigi transismisi. Tanpa setel kopling yang bagus dan pas, karena itu proses perpindahan gigi transmisi tidak berjalan mulus, dan salah satunya dampaknya dapat menyebabkan kerusakan pada transmisi.

Kerjakan pengecekan ketinggian pedal kopling dan free play (jarak gerak bebas) pada pedal kopling dengan teratur, minimal tiap 10.000km atau enam bulan sekali. Bila diketemukan pengubahan pada pedal kopling, karena itu kerjakan geprekelan yang sesuai rekomenasi geprekelan pda buku petunjuk pemilik.

4. Pindah gigi dengan tepat dan benar

Cara memindahkan gigi ikut memengaruhi tahan lama atau tidaknya pemakaian transmisi manual di mobil anda. Selalu yakinkan anda memindahkan gigi dengan tepat dan benar saat sebelum melepaskan pedal kopling.

Tanda yang termudah untuk pastikan peralihan gigi telah pas atau memang belum ialah suara "Klek" lembut yang didengar saat anda masukkan gigi transmisi.

HIndari memindahkan gigi transmisi dengan terburu-buru, karena kecuali bisa menghancurkan gigi transmisi, peralihan yang dilaksanakan terburu-buru bisa juga berkaibat gigi tidak ingin masuk, dan sudah pasti, ini mencelakakan jika dilaksanakan saat anda ingin mendahului kendaraan lain.

5. Perbaikan bila ada kebocoran oli atau bila ada tanda-tanda kerusakan awal

Cara perawatan transmisi manual mobil yang seterusnya dengan selekasnya membenahi bila ada kebocoran oli transmisi atau bila diketemukan adaya tanda-tanda kerusakan awal misalnya saat berpindah gigi mulai berasa keras, atau saat peralihan gigi mulai berasa kasar dan tidak lembut kembali.

Ketertinggalan dalam membenahi kerusakan yang terjadi tentu saja akan berpengaruh langsung pada performa transmisi tersebut hingga kemungkian transmisi bobol dijalan secara mendadak sangat besar. Karena itu, kerjakan selekasnya perbaikan walau kerusakan yang terjadi "kelihatan" tidak kronis dan tidak begitu penting.

6. Pakai suku cadang berkualitas.

Hal paling akhir yang penting sahabat kerjakan dalam jaga dan merawat transmisi manual mobil supaya masih tahan lama dan nyaman sepanjang dipakai dengan memakai suku cadang yang berkualitas. Diantaranya dengan selalu memakai suku cadang genuine parts, terutama bagi beberapa komponen sisi dalam transmisinya.

Memakai suku cadang yang berkualitas, sudah pasti akan membuat tahan lama serta awet. Disamping itu anda pun terbebas dari perkerjaan bongkar-pasang transmisi yang berkali-kali karena memakai suku cadang palsu dan berkualitas rendah.

Diatas adalah ulasan terkait cara merawat transmisi manual pada kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Transmisi Manual : 6 Perawatan Dan Ulasannya"