Cara Buang Angin Rem Mobil : 7 Cara, Penyebab, Dan Urutan Proses Buang Angin

Cara Buang Angin Rem Mobil - Adanya angin (udara) yang terjerat didalam sistem rem tentu saja dapat membuat mekanisme rem tidak berhasil bekerja. Hal ini dapat membuat mobil yang dikemudikan berpotensi yang besar akan berlangsungnya kecelakaan. Lalu bagaimana cara buang angin rem mobil?

Salah satunya penyebab rem blong , ialah timbulnya udara yang terjerat antara aliran dan pipa minyak rem. Salah satu cara mengantisipasi yaitu perlu dilaksanakan dengan lakukan pengurasan dan pergantian minyak rem mobil dengan teratur yang dilaksanakan tiap mobil telah tempuh jarak 40.000 km.

Cara buang angin rem mobil benar-benar sangat harus dipahami oleh tiap pemilik mobil. Kenapa? Karena salah satunya penyebab rem blong dan mobil tidak melamban saat pedal rem diinjak ialah karena masuknya udara di luar ke mekanisme pengereman.

Hal ini memungkinkan terjadinya kemasukan udara atau kanginan. Ingat udara ialah gas yang dapat masuk di bermacam ruangan. Jika saat berkendara, rem tidak pakem maka perlu mengerjakan cara buang angin rem mobil. Untuk lebih jelasnya terkait cara buang angin rem mobil akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara buang angin rem mobil

Penyebab udara masuk pada sistem rem mobil

Cara menukar minyak rem mobil perlu Anda kenali. Saat sebelum mengulas berkenaan cara buang angin rem mobil, lebih dulu Anda harus tahu bagaimana udara dapat masuk di mekanisme hidrolik rem. Banyak hal yang dapat mengakibatkan udara masuk ke aliran hidrolik rem di antara lain;

1. Kekurangan Minyak rem

Udara dapat masuk ke mekanisme hidrolik berawal dari reservoir yang ada pada keadaan kurang atau bahkan juga kosong. Pasti udara akan gampang masuk dan mengakibatkan rem masuk angin.

2. Karena pergantian minyak rem

Pergantian minyak rem sebaiknya dilaksanakan dengan seorang pakar, karena ada tehnik khusus supaya minyak rem dapat ditukar tanpa gelembung udara yang masuk di mekanisme. Tetapi saat anda rasakan rem ngempos setelah pergantian minyak rem, itu dapat dikarenakan oleh ada udara yang turut masuk saat proses pergantian minyak rem.

3. Karena pergantian elemen hidrolik rem

Sama dengan poin nomor dua, tetapi untuk elemen hidrolik rem mempunyai kesusahan semakin tinggi. Misalnya pada pompa ABS. Elemen ini harus ditukar memakai alat khusus berbentuk scan supaya proses bleeding berjalan secara benar.

Cara Buang Angin Rem Mobil

Berikut merupakan cara atau tahapan yang perlu dilakukan untuk membuang angin yang terdapat pada rem mobil:

  1. Taruh kendaraan pada status datar dan imbang. Lantas, naikkan dengan memakai dongkel yang tepat. Jika tempatnya telah naik, pasang jack stand.
  2. Cara buang angin rem mobil selanjutnya ialah pengecekan minyak rem. Membuka tutup reservoir bak minyak rem dan yakinkan minyak masih pada keadaan penuh.
  3. Siapkan kunci nipel rem dan botol yang berisi minyak rem seperlunya. Kemudian selang dipasang dengan posisi satu ujung tercelup minyak rem dalam botol dan ujung lainnya dipasang pada nipel rem. Yakinkan diameter selang telah cocok.
  4. Selanjutnya ialah proses bleeding. Proses ini ialah yang khusus untuk keluarkan angin dari mekanisme pengereman kendaraan. Mulai bleeding pada roda yang terletak paling jauh dari master rem. Untuk posisinya dapat seperti ini; kiri belakang, kanan belakang, kiri depan, dan kanan depan.
  5. Posisikan transmisi pada kondisi netral, rem tangan non aktif, dan hidupkan mesin mobil bila kendaraan memakai boster rem. Minta kontribusi seseorang untuk mendesak pedal rem tiga sampai 5 kali dan meredamnya. Saat pedal rem ketahan, Anda dapat putar nipel rem 1/2 perputaran bersimpangan dengan arah jarum jam. Saksikan bagaimana semprotan pada selang terbuka, sesudahnya mengencangkan kembali nipel rem.
  6. Berikutnya, ulang cara ke-5 sampai Anda percaya jika angin dalam mekanisme pengereman telah sukses keluar semua. Cara buang angin rem mobil ini memerlukan kesabaran dan proses berulang-ulang untuk pastikan tidak lagi ada udara dalam rem yang menghalangi kerjanya. Hingga saat semprotan minyak rem pada botol tak lagi memiliki kandungan gelembung saat nipel diputar bersimpangan jarum jam, baru Anda dapat stop.
  7. Kalau satu roda telah sukses dikeluarkan anginnya, karena itu Anda dapat berpindah ke roda selanjutnya sesuai posisi yang berada di cara ke-4. Saat bleeding di roda selanjutnya juga, Anda dapat lakukan prosesnya sampai seringkali sampai betul-betul percaya semua angin telah keluar.

Urutan Cara Buang Angin Rem Mobil

Dikendaraan ada dua mode mekanisme pipa minyak rem yakni type bersilang (cross piping) dan type split ( front dan rear). Model pipa minyak rem yang digunakan pada kendaraan akan menentukan bagaimana posisi bleeding rem mobil (buang angin rem).

Untuk lakukan buang rem angin mobil, hal yang terpenting untuk dikenang ialah selalu kerjakan buang angin di bagian roda yang paling jauh dari Master silinder rem. Lihat posisi cara buang angin rem mobil pada ke-2 type lajur pipa minyak rem di bawah ini

1. Type cross piping (bersilang)

Type cross piping sebagai mekanisme pipa rem yang tempatnya dibikin sama-sama bersilangan, di mana rem roda kanan belakang akan tersambung dengan rem roda kiri depan, dan rem roda belakang kiri akan tersambung dengan rem roda depan kanan, begitupun kebalikannya.

Type cross piping ini banyak dan umum dipakai pada kendaraan beberapa jenis sedan dan low MPV. Lihat posisi cara buang angin rem mobil sama dalam gambar di bawah ini untuk pipa rem mekanisme bersilang.

pipa rem mobil model cross

2. Type Split Piping

Type split piping sebagai mekanisme pipa rem yang tempatnya terdiri di antara depan dan belakang, di mana roda kiri depan akan tersambung dengan roda kanan depan, sedang roda kiri belakang akanterhubung dengan roda kanan belakang.

Type split piping lebih sering dipakai pada beberapa mobil tipe Pick Up yang memakai pendorong roda belakang. Lihat posisi cara buang angin rem mobil type split piping pada gambar di bawah ini.

Khusus untuk mobil yang memakai mekanisme pipa semacam ini kadang kita sering tidak mendapati baut nepel untuk buang angin rem mobil di salah stu segi roda sisi belakang, mirip contoh pada gambar di atas yang biasa di dapatkan ialah pada posisi no 2. Pada split piping biasanya hanya perlu proses pembuangan angin rem pada posisi 1,3,dan 4 saja.

pipa rem mobil model split

​​​​​​​​​​​​​​Diatas adalah ulasan terkait cara buang angin rem mobil yang benar, urutan cara buang angin rem mobil, serta penyebab masuknya udara pada sistem rem mobil. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Buang Angin Rem Mobil : 7 Cara, Penyebab, Dan Urutan Proses Buang Angin"