Kampas Kopling Habis : 7 Ciri Dan Ulasannya

Kampas Kopling Habis - Sering terjadi permasalahan pada kampas kopling, salah satunya yaitu kampas kopling habis. Apabila kampas kopling habis maka akan timbul berbagai gejala, tanda, atau ciri. Lalu apa saja ciri kampas kopling habis?

Kampas kopling mobil sebagai sisi yang lebih dikenali dengan clutch disc. Sisi mobil satu ini memiliki bentuk piringan dan benar-benar bermanfaat dalam pemindah daya pada mesin mobil. Alat ini benar-benar menolong performa mesin dalam mentransfer tenaga dari mesin mobil ke arah transmisi mobil.

Sisi mobil satu ini jadi pendukung supaya mobil bisa berjalan pada keadaan yang nyaman dan aman untuk pemakainya. Kampas kopling sering alami keausan sampai terbakar karena beberapa masalah tertentu. Salah satunya pemicu clutch disc aus dan terbakar ialah pemakaian dalam periode dan penggunaan yang keliru.

Apabila hal ini dibiarkan maka mobil akan macet. Untuk lebih jelasnya terkait kampas kopling habis baik ciri, gejala, atau tandanya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.
kampas kopling habis

Ciri Kampas Kopling Habis

1. Akselerasi Kurang kuat

Akselerasi kurang kuat ialah tanda pertama kampas kopling mobil yang aus atau habis. Keadaan ini umumnya bisa dideteksi saat sopir mencapai pedal gas mobil. Saat akselerasi kurang kuat, pedal gas yang diinjak tidak menyebabkan mobil meluncur cepat tetapi memunculkan suara decitan dan raungan mobil.

Menurunnya akselerasi ini bisa disebutkan sebagai keadaan macet hingga mobil stop tetapi mesin hidup. Keadaan semacam ini bisa memunculkan kecelakaan di jalan, ditambah lagi jika mobil meluncur di tempat tanjakan karena akan beresiko untuk kendaraan ada berada di belakangnya juga.

2. Bau Gosong

Tanda selanjutnya dari kampas kopling yang aus atau habis ialah baunya yang gosong. Berbau gosong yang muncul ini sebagai hasil kampas kopling yang sudah hangus. Kampas kopling yang telah hangus akan penuhi semua ruangan kabin hingga berbau gosongnya menyebar.

Berbau gosong yang ada umumnya akibatnya karena gesekan kampas kopling yang sering hingga hangus. Berbau ini dapat tercium bila pengendara memakai mobil melewati tanjakan atau turunan yang terjal.

3. Perputaran Pada Mesin Tinggi

Tanda kampas kopling aus dan habis selanjutnya ialah perputaran mesin yang tinggi. Keadaan perputaran mesin yang tinggi ini umumnya dipacu oleh kondisi akselerasi mobil yang menurun dan permukaan kampas yang condong licin.

Perputaran mesin yang di luar keadaan normal ini bisa jadikan temperatur mesin kendaraan bertambah secara mencolok. Keadaan mobil yang panas akan kurangi konsumsi untuk sopir dan penumpang.

4. Pemindah Gigi Keras

Tanda kopling alami aus setelah itu pemindah gigi rasanya lebih keras dan kaku. Keadaan kakunya pemindah gigi ini umumnya akibatnya karena mesin transmisi gigi mobil yang terus menerus berputar-putar.

Kerasnya pemindah gigi ini bisa dirasa walau mobil pada kondisi netral sekalinya. Keadaan itu karena transmisi giginya yang sulit tersambung. Tidak gampang tersambungnya transmisi ini disebabkan oleh perputaran mesin gigi yang tidak tepat.

5. Selip Kopling

Kopling mobil yang aus dapat diikuti dengan selipnya elemen ini. Keadaan ini wajar terjadi mobil yang kampasnya tidak dapat dipakai seperti umumnya. Ini tentu saja mengusik pengendara, khususnya untuk yang tidak akrab dengan kerusakan enteng mobil.

6. Jarak Pijak Pedal Kopling Lebih Pendek

Tanda-tanda keausan dan habisnya kampas kopling yang paling akhir ialah jarak pijak pedalnya yang lebih pendek. Keadaan memendeknya jarak pijak pedal clutch disc ini akibatnya karena menipisnya kampas. Umumnya pedal kopling yang pendek bisa diukur karena kehadiranya benar-benar jauh dari lantai mobil.

7. Mesin cepat panas

Mesin mobil berasa panas saat dipakai ialah hal yang wajar. Bagaimana juga, ada beberapa energi yang diproses mesin saat mobil bergerak. Tetapi, Anda harus siaga bila mesin cepat panas. Mesin yang cepat panas adalah beberapa ciri kampas kopling mobil habis.

Saat kampas kopling habis, perputaran mesin akan bertambah. Menipisnya kampas akan membuat permukaan atasnya licin. Licinnya permukaan kampas berikut yang selanjutnya membuat perputaran mesin jadi makin cepat.

Diatas adalah ulasan terkait ciri kampas kopling habis yang banyak terjadi pada kendaraan. Kampas kopling habis tentu akan menyebabkan kinerja kendaraan menjadi kurang maksimal. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Kampas Kopling Habis : 7 Ciri Dan Ulasannya"