Cara Membersihkan Injektor : 3 Teknik dan 12 Cara Pembersihan

Cara Membersihkan Injektor - Injektor merupakan bagian sistem bahan bakar EFI yang sering terjadi penyumbatan. Oleh karena itu perlu perawatan secara berkala. Terdapat beberapa cara membersihkan injektor pada kendaraan.
 
Untuk Anda yang masih belum ketahui apakah itu injektor, elemen ini mempunyai peranan untuk mengabutkan bahan bakar ke ruangan bakar mesin. Sebagai penyuplai bahan bakar, karena itu sudah tentu kehadiran dan perannya sangat penting.
 
Perfomanya harus dijaga dengan teratur lakukan pembersihan. Lantas, bagaimana cara membersihkan injektor mobil? Untuk lebih jelasnya terkait cara membersihkan injektor akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.
cara membersihkan injektor

Teknik Membersihkan Injektor

1. Gunakan cairan pencuci ke bak bahan bakar

Sama dengan cara membersihkan radiator mobil, begitupun cara membersihkan injektor mobil yang paling mudah dan dapat Anda kerjakan sendiri dengan memakai cairan pencuci khusus. Cairan pencuci ini dimasukkan pada bak bahan bakar, hingga Anda tak perlu lakukan perombakan pada elemen injektornya langsung. Tetapi, teruslah waspada saat masukkan cairan pencuci ke bak.

Nanti, cairan pencuci akan mengucur ke arah injektor bertepatan dengan bahan bakar untuk membersihkan sisi dalamnya. Saat itu, Anda masih dapat memakai mobil seperti umumnya, tak perlu menanti cairan pencuci lakukan pekerjaannya. Jika pemakaian cairan pencuci ini ialah cara pembersihan paling dasar. Hasil pembersihannya juga kurang optimal karena cairan tercampur dengan bahan bakar dalam bak.​​​​

2. Menyemprotkan cairan pencuci

Di lain sisi, ada pula cairan pencuci yang bisa Anda pakai untuk pembersihan injektor mobil dengan cara disemprot langsung ke lubang injektornya. Apabila menggunakan teknik ini maka diwajibkan membedah dahulu komponennya dan melepaskannya keseluruhan dari mesin. Karena itu, bisa ditegaskan Anda membutuhkan kontribusi teknisi yang mengetahui cara bedah injektor secara benar.

Walau demikian, Anda harus tetap tahu bagaimana cara kerja cairan pencuci ini pada injektor. Maka sesudah dilepaskan dari mesin, pada bagian injektor tempat bahan bakar masuk, akan terpasangkan semprotan pencuci. Saat injektor diaktifkan, karena itu cairan pencuci akan mengucur dan membersihkan kerak atau kotoran yang melekat didalamnya. Saat Anda telah menyaksikan hasil semprotan yang keluar dari injektor berbentuk spray, karenanya bermakna pembersihan telah usai dilaksanakan.

3. Memakai alat khusus pencuci injektor

Ada satu cara membersihkan injektor mobil paling baik yang sanggup mengusung semua bintik atau kerak dari sisi dalamnya. Jalannya diawali dengan membedah injektor dan mengeluarkannya dari mesin untuk sebentar. Saat telah dilepaskan, injektor akan dipendam dengan cairan khusus pencuci dalam sebuah tempat. Supaya cairan dapat mencapai sisi paling dalam dari injektor, tempat akan dipasang getaran ultrasonic untuk bikin cairannya bergerak.

Sesudah cairan pencuci sukses meluruhkan kerak, bintik, dan kotoran, seterusnya injektor akan terpasang ke tabung-tabung kaca supaya hasil penyemprotan cairan pencuci dapat dipandang hasilnya. Hasilnya yaitu dengan membandingkan waktu injeksi yang dilaksanakan dan jumlah bahan bakar. Jika di rasa telah oke, karena itu injektor dapat terpasang balik ke mesin. Tetapi jika masih tidak cukup, karena itu elemen itu akan dipendam kembali ke cairan.

Cara Membersihkan Injektor

Cara membersihkan injektor mobil yang pertama kemungkinan dapat Anda kerjakan sendiri di dalam rumah hanya karena masukkan cairan pencuci ke bak bahan bakar. Namun, cara ke-2 dan ke-3 tentunya tidak dapat Anda kerjakan sendiri karena memerlukan perombakan injektor dari mesin dan cairan khusus untuk membersihkannya.

Sesungguhnya untuk membersihkan injektor mobil, anda perlu bawa mobil anda ke bengkel-bengkel sah agar dibikin bersih langsung dengan teknisi yang telah professional dan pembersihan akan memakai beberapa alat hebat yang lain. Tetapi bila anda masih kurang mempunyai waktu dan ongkos, anda bisa membersihkan sendiri injektor anda. Berikut beberapa langkah yang pas untuk cara membersihkan injektor mobil super cepat.

Pertama yang perlu anda kerjakan saat sebelum membersihkan injektor mobil ialah lakukan pembersihan pada fuel filter atau yang dikenali dengan saringan bahan bakar lebih dulu. Elemen ini penting untuk dibikin bersih karena proses pembersihan pada injektor mobil akan percuma saja bila fuel filter tidak dibikin bersih. Ini karena kotoran yang ada di fuel filter bisa masuk kembali ke ruangan injektor mobil.

Sesudah fuel filter pada keadaan yang bersih selanjutnya anda bisa mengawali untuk membersihkan injektor mobil.

  1. Step pertama untuk membersihkan injektor mobil dengan hidupkan mesin mobil. Selanjutnya membuka sekring injektor (relay fuel plump) untuk putuskan arus listrik yang ke arah fuel pump bensin.
  2. Nantikan sesaat sampai mesin kendaraan mati, ini sebagai tanda jika tidak lagi ada penekanan yang ada di aliran bahan bakar. Hal ini bertujuan agar bahan bakar tidak tumpah di saat anda akan melepaskan ikatan pada pipa bensin atau di saat melepaskan injektor mobil.
  3. Matikan mesin kendaraan lewat kunci contact dan bebaskan terminal pada segi negative accu. Lihat di saat pelepasan aki karena anda membutuhkan geprektingan ulangi pada beberapa elemen kendaraan.
  4. Kemudian, anda bisa buka pipa selang bensin yang berada di dekat injektor mobil (pipa fuel delivery).
  5. Di saat pembukaan injektor lewat delivery pipe ada banyak poin utama yang penting diingat, hati-hatilah di saat proses ini supaya seal injektor yang ada tidak putus, cacat, atau hancur. Bila seal injektor anda alami kerusakan akan lebih bagus bila anda cepat menukarnya dengan elemen yang baru.
  6. Jika injektor mobil telah lepas, selanjutnya anda bisa lakukan cara seterusnya. Bukalah seal injektor dan yakinkan elemen itu pada kondisi yang bagus. Pembukaan injektor mobil dibutuhkan supaya cairan permbersih injektor tidak berkenaan dan menghancurkan elemen itu.
  7. Seterusnya anda bisa membersihkan sisi luar dari injektor mobil dengan memakai pencuci yang diutamakan untuk membersihkan injektor yang dikenali dengan injector cleaner. Bersihkan dimulai dari ujung-ujung injektor mobil, sisi ini yang tersering tertempel karbon-karbon.
  8. Seterusnya anda bisa menempatkan adaptor pada mobil anda, anda bisa beli atau menyusun sendiri adaptor itu. Janganlah lupa mempersiapkan aki dengan daya listrik 12 volt dan pasangan injector cleaner. Kenakan salah satunya kabel yang ada di negative accu pada salah satunya terminal pada injektor mobil. Selanjutnya pasang kabel yang lain ke terminal injektor yang lain. (simak juga: Pemicu Mobil Sulit Distarter)
  9. Pada injektor mobil EFI umumnya mempunyai dua terminal yakni negatif dan positif. Di saat anda menempatkan socket kabel pada dua terminal injektor mobil, janganlah lupa untuk melapis socket dengan isolasi. Ini untuk menahan supaya tidak ada korsleting karena status dari ke-2 terminal cukup bersisihan. Hingga benar-benar dianjurkan untuk memakai socket khusus yang dipakai untuk menghubungkan kabel injektor mobil.
  10. Pencet injektor cleaner sampai cairan pencuci bertekanan bisa berisi dalam adaptor injektor. Yakinkan adaptor yang anda pasang telah diklem dengan kuat supaya tidak gampang lepas. Anda pun perlu waspada supaya cairan pencuci yang dipakai tidak berkenaan mata anda. Karena itu benar-benar dianjurkan memakai alat pengaman seperti sarung tangan dan kacamata perlindungan di saat proses pembersihan injektor mobil.
  11. Jika cairan pencuci injektor mulai masuk di dalam adaptor, seterusnya anda bisa putuskan satu kabel yang ada di injektor persisnya yang ada di terminal aki positif. Anda bisa memakai sakelar untuk putuskannya. Kemudian proses pembersihan lubang kecil yang ada di injektor bisa diawali.
  12. Saat menyambungkan kabel positif injektor mobil dengan terminal aki positif maka semprotan dari injektor cleaner akan keluar. Lihat proses keluar dari cairan pencuci injektor apa kelihatan halus dan baik atau mungkin tidak. Membersihkan semua bagian dari injektor mobil, anda harus mempersiapkan minimum satu sampai dua botol cairan pencuci.
  13. Sesudah anda pastikan jika keadaan injektor mobil telah bersih, anda bisa memasangkan kembali injektor dan seal injektor pada tempat asal. Lihat proses penempatan, kerjakan secara berhati-hati janganlah sampai ada sisi elemen yang hancur. Pasang injektor pada fuel delivery pipe dan pasang juga beberapa komponen yang lain.
  14. Kemudian, anda bisa coba kendaraan anda untuk pastikan ketidaksamaan jika tenaga mesin yang dibuat sesudah injektor mobil dibikin bersih.
  15. Tetapi anda pun perlu lakukan bermacam cara untuk menahan supaya keadaan injektor tidak kotor. Hal yang paling efisien untuk menahan injektor jadi kotor dengan memakai bahan bakar yang pas untuk mobil anda. 

Diatas adalah ulasan terkait cara membersihkan injektor pada kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan Injektor : 3 Teknik dan 12 Cara Pembersihan"