Ciri Tie Rod Rusak : 3 Ciri Dan Ulasannya

Ciri Tie Rod Rusak - Ada bermacam elemen yang memberikan dukungan kenyamanan dan keselamatan berkendara, diantaranya adalah tie rod. Elemen ini bekerja sebagai penghubung antara kemudi dengan roda. Lantas bagaimana bila terjadi kerusakan pada tie rod? Apa ciri tie rod rusak?

Komponen ini berperan agar kendaraan bisa melaju dengan stabil dan mudah untuk dikendalikan. Letak komponen ini berada di antara steering gearbox (steering rack) dengan knuckle roda depan dan jadi penghubung di antara kedua nya. Bentuk dan nama tie rod mobil sendiri tergantung dari proses kemudi yang digunakan.

Pada proses kemudi yang menggunakan steering rack, karena itu dikenal dua tipe tie rod yakni rack end (long tie rod) dan tie rod end. Long tie rod dipasang dan terhubung pada bagian ujung dari steering rack, sedang untuk tie rod end dipasang dan terhubung dengan knuckle tempat roda mobil ada. Kedua tie rod ini memiliki peran yang perlu untuk proses kemudi.

Tie rod mobil alami pengurangan kinerja atau kerusakan bersamaan pemakaianya. Pertanda yang disebabkan karena kerusakan tie rod bisa dirasa oleh pengendara baik waktu bergulir normal atau pada kecepatan rendah. Untuk lebih jelasnya berkaitan ciri tie rod rusak akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

ciri tie rod rusak

Ciri Tie Rod Rusak

1. Ada getaran waktu steer dibelokan

Tanda pertama berkaitan tie rod yang rusak ialah ada getaran yang anda rasakan waktu membelokan steer. Getaran ini akan muncul dan berasa saat tangan memegang steer. Ini karena oleh ikatan tie rod alami oblak. Mengakibatkan getaran dari roda bisa di rasa sampai roda kemudi.

2. Ada bunyi di kaki-kaki

Disamping itu saat tie rod mulai oblak karena itu getaran sedikit pada roda saja bisa munculkan bunyi cetukan pada kaki-kaki. Bila bunyi cetukan ini keluarkan bunyi waktu ban berbelok kemungkinan ada kerusakan pada tie rod. Karena itu ada bunyi di kaki menjadi salah satunya tanda tie rod rusak.

3. Mobil sering buang ke diantaranya arah

Ciri lain adalah mobil sering buang kesalah satu arah. Ini karena oleh ban mobil oblak kekanan-kiri dengan pojok yang lumayan besar. Mengakibatkan kemampuan ban mobil belok sendiri ke diantaranya arah walaupun tidak terasa. Ini bisa di rasa saat anda berjalan lempeng. Bila biasanya mobil mampu bergerak lurus tapi kesempatan kali ini pergerakan mobil sedikit meleset.

Di atas ialah pembahasan berkaitan ciri tie rod rusak. Jika kamu merasakan ciri di atas pada mobil, seharusnya untuk sesegera membawa mobil ke bengkel. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Ciri Tie Rod Rusak : 3 Ciri Dan Ulasannya"