Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jalur Kiprok Tiger : 5 Kabel Dan Ulasannya

Jalur Kiprok Tiger - Pada sepeda motor terhitung honda tiger ada banyak elemen kelistrikan, diantaranya yakni kiprok. Pada elemen ini ada banyak jalur atau kabel yang mempunyai peranan berlainan. Lantas bagaimana jalur kiprok pada motor honda tiger?

Peranan kiprok penting untuk mengatur arus litrik yang dari aki sebagai salah satu komponen kelistrikan. Dalam kata lain kiprok berperan sebagai pembatas tegangan pengisian dari komponen spull, sampai arus listrik yang bakal keluar masih stabil dan umumnya bertegangan 12 V. Elemen ini juga mempunyai peranan sebagai penyearah arus listrik.

Honda tiger sendiri sebagai motor yang dibuat tahun 2000 an. Karena itu telah jarang-jarang diketemukan sparepart dari honda tiger. Tetapi untuk proses pembaruan umumnya mempunyai kesamaan dengan motor honda keluaran yang terkini. Ini terhitung pada soket kiprok pada honda tiger. Jika terjadi kerusakan pasti perlu pergantian baik pada kabel atau kiprok sehingga dapat berfungsi dengan baik.

Untuk proses pergantian soket kiprok tiger sendiri pun tidak dapat asal-asalan. Diperlukan pengetahuan berkaitan jalur atau kabel yang ada pada soket kiprok. Jika masih standard setiap soket atau warna kabel kiprok mempunyai peranan yang lain.

Tiap soket ini disambungkan dengan elemen yang lain pada kabel kiprok tiger pada saat dilakukan proses penggantian. Agar semakin terangnya berkaitan jalur kiprok tiger akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

jalur kiprok tiger

Jalur kiprok Honda Tiger

Dalam unit kiprok honda tiger ada banyak elemen electronika. Tiap elemen memiliki fungsi yang berbeda namun dengan satu tujuan yaitu sebagai penghubung dengan spul dan penyearah arus listrik karena itu jika terjadi kerusakan pada kiprok bisa mengakibatkan motor macet. Oleh karena itu perlu pengujian pada soket kiprok.

Berkaitan jalur atau soket kiprok perlu dikenali terlebih dahulu sebelum melaksanakan proses perbaikan. Tiap tipe sepeda motor mempunyai jalur kabel yang unik dan berbeda dengan yang lain. Manual repair book adalah solusi utama untuk mengetahui fungsi dari tiap jalur diperbedakan dengan code warna.

Disamping itu pada pemasaran sparepart, soket satu set dengan kiproknya hingga jarang-jarang diketemukan yang dipasarkan terpisah dengan kiprok terhitung pada honda tiger. Karena itu perlu disiasati jika kiprok pada honda tiger masih bisa bekerja secara baik sementara yang hancur cuman pada kabel atau lajurnya saja. Agar semakin terangnya berkaitan peranan atau jalur tiap kabel kiprok pada honda tiger yakni

1. Kabel Warna Merah

Kabel warna merah pada kiprok tiger sebagai jalur kabel positif yang dari dari aki. Pada umumnya arus yang masuk kedalam kiprok akan lewat fuse atau sekring 10 amper terlebih dahulu. Soket ini memiliki peran untuk salurkan arus listrik pengisian dari spull dan dirubah tegangannya dan dilanjutkan ke aki oleh kiprok.

2. Kabel Warna Hitam

Disamping itu pada jalur kiprok tiger ada kabel warna hitam yang berperan sebagai penyalur kiprok ke massa atau ground pada baterei. Jalur ini tidak boleh ada aliran arus listrik.

3. Kabel Warna Coklat

Seterusnya jalur kiprok tiger ada kabel warna coklat yang disebut terminal kabel yang dari spull. Jalur ini berperan untuk penerangan lampu khusus yang awalannya lewat kiprok dan langsung ke sakelar lampu. Di saat lampu berpijar biasanya kabel ini hasilkan tegangan 12 volt sampai 14 volt.

4. Kabel Warna Putih

Jalur kiprok tiger yang paling akhir yakni kabel warna putih. Jalur ini berperan sebagai penyalur arus pengisian dari spull yang masuk di kiprok. Arus pengisian yang masuk dibatasi sekitar 14,5 V supaya tidak ada overcharging yang dapat merusak komponen.

5. Kabel Warna Hitam Dari Spull

Disamping itu pada soket kiprok honda tiger ada terminal satu kembali yang mempunyai kabel warna hitam. Jalur pada kabel ini memiliki peran untuk menyambungkan spull dengan negatif atau ground.

Di atas sebagai pembahasan berkaitan jalur kiprok tiger dan motor dari Honda lainnya. Terminal pada kiprok honda tiger memiliki warna kabel yang berbeda untuk memudahkan dalam proses perbaikan. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Jalur Kiprok Tiger : 5 Kabel Dan Ulasannya"