Jalur Kiprok Grand : 4 Kabel Dan Ulasannya

Jalur Kiprok Grand - Ada banyak elemen dalam satu motor yang penting dimengerti terhitung kiprok. Kiprok ini terhitung elemen mekanisme kelistrikan motor yang mempunyai beberapa jalur atau kabel. Lantas bagaimana jalur kiprok dari motor khususnya honda grand?

Jadi salah satunya komponen kelistrikan pada suatu motor karena itu peranan kiprok penting untuk mengatur arus litrik dari aki. Ada banyak jenis kendaraan yang memiliki type kiprok yang sama yang dikeluarkan oleh Honda. Sebagai contoh kiprok pada Honda Grand memiliki jalur yang serupa dengan Honda Supra lama, dan lainnya.

Honda grand sendiri sebagai motor yang dibuat tahun 90 an. Tentu saja ada beberapa part yang tidak dibuat kembali dan kalaulah ada yang original pasti harga cukup mahal. Bagian kabel yang putus atau sudah rapuh ialah elemen motor yang sering terjadi kerusakan pada komponen kiprok. Hal ini tentunya harus diganti dengan kabel yang baru. Dalam kata lain jalur kiprok grand alami kerusakan.

Untuk proses pembaruannya tidak seluruhnya dapat. Ini karena tiap warna pada kabel memiliki faedah atau peranan yang lain. Sebagai contoh seperti jalur ke spul atau jalur ke accu motor. Karena itu dalam peletakan jalur kiprok Grand harus betul agar kiprok bisa bekerja dengan optimal.

jalur kiprok grand

Peranan Kiprok

Kiprok motor ialah komponen kelistikan yang ada dalam satu motor, Kiprok memiliki beberapa komponen dan masing-masing memiliki peran berbeda. Diantaranya komponen dari kiprok ialah Dioda, komponen dioada adalah satu komponen electronica terbagi dalam 2 kutub yang berperanan menyearahkan arus kelistrikan. Komponen itu terdiri dan dua semikonduktor yang dipadankan dan masing masing diberi doping (bahan tambahan) lainnya dan tambahan material konduktor untuk alirkan arus listrik.

Peranan kiprok ialah sebagai pembatas tegangan pengisian dari komponen spull, sampai arus listrik yang bakal keluar masih stabil dan umumnya bertegangan 12 V. Selain itu kiprok motor memiliki peran sebagai penyearah arus listrik, sampai arus listrik yang dari spull ialah arus bolak balik (AC). Sedang untuk arus yang dibutuhkan dalam satu motor ialah DC (Direct Current), nach berikut kiprok mulai bekeja yang mana menyearahkan arus listrik dari spull.

Pemahaman Jalur Kiprok Grand

Dalam satu kiprok motor terhitung honda grand ada banyak elemen electronica. Didalamnya ada komponen seperti Dioda, Resitor, IC, Transitor dan elemen electronic lainnya. Sebagai elemen yang berperanan sebagai penghubung dengan spul dan penyearah arus listrik karena itu jika terjadi kerusakan pada kiprok bisa mengakibatkan motor macet. Jika ini terjadi karena itu perlu dilaksanakan pengujian pada jalur kiprok motor.

Tetapi saat sebelum proses pembaruan karena itu perlu dikenal lebih dulu berkaitan jalur atau serangkaian kiprok honda grand. Ini karena pada tiap motor mempunyai jalur kabel yang berbeda. Untuk memudahkan umumnya pada jalur kiprok diikuti dengan code warna dengan buka manual repair book.

Jalur Kiprok Honda Grand

Jalur kiprok pada honda grand mempunyai peran yang penting. Ini karena jarang-jarang orang ketahui peranan dari tiap kabel pada kiprok honda grand. Pada pemasaran sparepart umumnya jalur kiprok ini menjadi satu dengan kiproknya hingga jarang-jarang diketemukan jalur yang dipasarkan terpisah dengan kiprok.

Sudah pasti jika dilaksanakan pergantian satu set dengan kiprok membutuhkan ongkos yang lumayan mahal. Karena itu beberapa mekanik banyak yang coba mengakali dengan mengganti kabel lama yang baru. Karena itu harus dipahami peranan atau jalur tiap kabel kiprok pada honda grand yakni

1. Kabel Warna Merah

Kabel warna merah pada jalur kiprok ialah kabel positif dari aki dan biasanya lewat fuse atau sekring 10 amper dan sebagainya masuk di kiprok. Sedang untuk faedahnya sendiri salurkan arus listrik pengisian dari spull dan dirubah tegangannya dan dilanjutkan ke aki oleh kiprok.

2.. Kabel Warna Hijau

Disamping itu pada jalur kiprok grand ada kabel warna hijau yang berperan untuk kabel jalur warna hijau umumnya dari motor Honda ialah masa atau ground (Negative) dalam kata lain kabel warna hijau tidak salurkan arus listrik. Apabila jalur ini mengalirkan arus listrik, berarti ada konsleting.

3. Kabel Warna Kuning

Seterusnya jalur kiprok pada honda ada kabel warna kuning yang umumnya jalur kabel yang dari spull untuk penerangan lampu khusus yang awalannya lewat kiprok dan langsung ke sakelar lampu. Saat lampu berpijar, untuk tegangan yang masuk di lampu biasanya 12 V sampai 14 V.

4. Kabel Warna Putih

Jalur kiprok grand yang paling akhir yakni ada kabel warna putih. Jalur kabel ini ialah penyalur arus pengisian dari spull yang masuk di kiprok, sedang arus pengisian yang masuk dibatasi sekitar 14,5 V. Bila melalui angka 14,5 V, kesempatan yang berjalan aki akan meledak karena melalui kekuatan.

Di atas sebagai pembahasan berkaitan jalur kiprok Grand dan motor dari Honda lainnya. Dalam penggunaan warna jalur kabel biasanya setiap produsen motor akan berbeda walaupun sering menggunakan warna yang sama. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Jalur Kiprok Grand : 4 Kabel Dan Ulasannya"