Fungsi Kepala Silinder : 6 Fungsi Dan Ulasannya

Fungsi Kepala Silinder - Salah satunya komponen khusus pembentuk mesin ialah kepala silinder atau cylinder head. Elemen ini mempunyai beberapa fungsi yang penting hingga mesin bisa bekerja optimal. Lantas apa fungsi kepala silinder atau cylinder head?

Untuk mendukung kerja Kepala silinder maka komponen ini dibuat dari bahan aluminum alloy yang sudah diperkuat dengan beberapa gabungan bahan lainnya. Kepala silinder ini harus kuat dan tahan pada temperatur dan tekanan tinggi. Ini karena dalam kepala silinder ada ruangan bakar sebagai tempat berjalannya proses pembakaran yang bakal hasilkan tenaga mesin.

Ada dua bahan yang bisa dipakai untuk bikin kepala silinder, yaitu besi tuangkan dan kombinasi aluminium. Untuk kelebihan yang dimiliki, kombinasi aluminium jauh lebih baik karena mampu kerjakan pendinginan yang jauh lebih baik. Agar semakin terangnya berkenaan fungsi kepala silinder (cylinder head) yang komplet akan dibahas pada artikel di bawah ini.
fungsi kepala silinder

Fungsi Kepala Silinder

1. Tempat Pembakaran Mesin

Fungsi kepala silinder yang pertama sebagai tempat berlangsungnya proses pembakaran mesin. Dalam kepala silinder ada ruangan bakar yang dipakai untuk meledakkan gabungan udara dan bahan bakar hingga dibuat energi untuk gerakkan mesin. Ada banyak jenis bentuk ruangan bakar yang ada dalam kepala silinder, diantaranya yakni ada model wedge (segitiga siku-siku), pentroof (segitiga sama kaki), dan hemispheric (parabola).

2. Tempat Peletakan Busi

Busi adalah komponen penting yang ada di kepala silinder. Tanpa busi jadi tidak kemungkinan terjadi atau muncul api untuk lakukan proses pembakaran di ruangan bakar. Dengan begitu mesin tidak dapat hasilkan tenaga hingga mobil macet. Dalam kata lain status busi sebagai pemantik api langsung ada pada ruangan bakar.

3. Tempat Oli Pelumas Bekerja

Fungsi kepala silinder yang seterusnya sebagai tempat oli pelumas bersirkulasi. Dalam kepala silinder ada banyak aliran oli yang dipakai untuk salurkan oli dari pompa oli hingga bisa memulasi beberapa elemen proses katup yang ada pada kepala silinder.

Saluran oli yang ada dalam kepala silinder ini terhubung dengan oil main galery yang ada dalam silinder blok mesin. Dengan begitu, bermacam elemen katup akan terlumasi oli dan bisa bekerja dengan baik. Proses gesekan yang muncul pada proses katup akan jadi lebih kecil hingga proses katup lebih tahan lama dan tahan aus.

4. Tempat Air Pendingin Bersirkulasi

Mesin dengan kondisi panas dalam waktu lama bisa mengakibatkan berlangsungnya overheat. Ini disebabkan oleh suhu mesin biasanya naik karena proses pembakaran. Karena kepala silinder mempunyai fungsi sebagai tempat bersirkulasinya air pendingin. Air pendingin ini akan bersirkulasi melalui ruangwater jacket yang ada pada kepala slinder.

Putaran air pendingin ini terhubung dengan water jacket yang ada dalam silinder blok dan digunakan untuk mengendalikan suhu mesin yang berjalan karena proses pembakaran di ruangan bakar supaya sesuai standard. Dengan begitu temperatur kerja mesin bisa dikontrol dan masih stabil pada suhu kerja normal.

5. Tempat Kelengkapan Proses Katup

Fungsi kepala silinder seterusnya sebagai tempat kelengkapan proses katup. Proses katup adalah proses yang bakal mengatur kapan katup-katup (valve intake dan exhaust) terbuka atau tertutup. Ini dengan keperluan dan proses kerja mesin yaitu cara hisap(intake), kompresi (compression), pembakaran (combustion), dan cara buang (ekshaust).

Terdapat beberapa elemen pada proses katup yang ada di kepala silinder yakni
  • Camshaft sebagai kutub penghubung yang gerakkan valve
  • Rocker shaft sebagai kutub dudukan rocker arm (pelatuk)
  • Rocker arm sebagai pelatuk untuk menekan valve
  • Valve intake dan valve exhaust sebagai katup untuk saluran intake dan ekshaus
  • Valve spring sebagai pegas pengembali untuk katup (valve)
Elemen pada proses katup disamakan dengan tipe yang dipakai. Sebagai contoh proses katup ganda over head Cam (DOHC) akan berbeda dengan over head cam (OHC), begitu juga dengan proses katup over head valve (OHV). Semua tergantung dari model kepala silinder. Salah satunya untuk DOHC (Ganda Over Head Cam) yang digunakan Toyota New Yaris.

6. ​​​​​​​Saluran Intake dan Exhaust

Disamping itu kepala silinder mempunyai fungsi sebagai tempat saluran intake dan exhaust. Saluran intake adalah saluran masuk udara ke ruangan bakar yang ditata oleh katup masuk. Sementara saluran exhaust adalah saluran pembuangan asap hasil tersisa prose pembakaran dari ruang bakar yang ditata oleh exhaust valve.

Karena ada ke-2 katup ini karena itu mesin bisa lakukan proses kerja. Yang mana akan hasilkan tenaga untuk gerakkan kendaraan.

Di atas sebagai pembahasan berkaitan fungsi kepala silinder yang sering dipakai pada mesin kendaraan. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Fungsi Kepala Silinder : 6 Fungsi Dan Ulasannya"