Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Kebocoran Arus Pada Mobil : 2 Cara Dan Ulasannya

Cara Mengetahui Kebocoran Arus Pada Mobil - Sering kendaraan yang kelihatan normal rupanya memiliki permasalahan pada kelistrikannya. Hingga meskipun aki baru ditukar masih tekor, maknanya ada kebcoran pada mekanisme kelistrikan mobil. Pemicunya dapat bisa saja karena ada kebocoran arus, hingga pada saat kendaraan tidak dihidupkan, aki masih keluarkan arus.

Permasalahan aki tekor dan rusak memang bukan hanya hanya pada mekanisme pengisian aki dan kualitas aki yang buruk saja, tetapi bisa juga dikarenakan oleh ada kebocoran arus aki yang terjadi pada circuit kelistrikan di mobil.

Salah satunya contoh kasusnya ialah saat aki mobil telah ditukar baru tetapi esok harinya aki telah tak lagi kuat dipakai untuk menstarter mesin mobil. Walau sebenarnya, aki mobil itu baru, telah di charge, dan semua elemen kelistrikan di mobil telah dalam status OFF / mati saat sebelum ditinggal.

Keadaan yang seperti di atas memberikan indikasi jika terjadi kebocoran arus listrik dalam circuit kelistrikan di mobil hingga arus listrik yang ada dalam aki terus-terusan terbuang dan keluar dengan sia-sia. Arus yang bocor ini menyebabkan aki mobil jadi cepat tekor dan rusak.

Untuk lebih jelasnya terkait cara mengetahui kebocoran arus pada mobil akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

Cara Mengetahui Kebocoran Arus Pada Mobil

Untuk mengetahui permasalahan kebocoran arus aki ini, ada dua jenis sistem pengujian yang dapat dilaksanakan yakni : Pengujian kebocoran arus aki mobil (parasitic load), dan Pengujian kebocoran pelepasan tegangan permukaan (surface discharge). Untuk lebih jelasnya sebagai berikut.

1. Cara Mengetahui Kebocoran Arus Aki Mobil (parasitic load)

cara mengetahui kebocoran arus pada mobil

Cara pertama untuk mengetahui kebocoran arus aki mobil yaitu pengujian parasitic load. Kebocoran arus aki mobil ini sering dikatakan sebagai parasitic load atau beban parasit. Beban parasit biasanya terbentuk karena ada piranti elektrik di mobil yang tetap menyalurkan arus listrik walau kunci contact telah dalam status OFF.

Berikut beberapa langkah cara mengecek kebocoran arus aki mobil (parasitic load)

  1. Persiapkan multimeter digital dan set pada status DC amper
  2. Putar kunci contact ke status LOCK atau OFF
  3. Matikan semua piranti kelistrikan di mobil seperti AC, beberapa lampu, dan tutup semua pintu rapat-rapat (untuk keamanan, membuka kaca jendela untuk menahan pintu terkunci sendiri saat pengecekan)
  4. Terlepas kabel terminal negative accu
  5. Sambungkan kabel positif multimeter ke kepala terminal negative accu
  6. Sambungkan kabel negatif multimeter ke kabel terminal negative accu seperti kelihatan pada gambar di bawah ini
  7. Baca nilai arus listrik yang mengucur dan lihat keadaannya pada tabel berikut ini
  8. Hasil pengukur Keadaan aki 0.02 - 0.07 Ampere Normal, > 0.1 Ampere Terjadi kebocoran arus

Catatan:

Tunggu 2-3 menit sesudah melepaskan terminal negative accu untuk pastikan semua elemen kelistrikan dimobil telah betul-betul off saat sebelum kita lakukan pengukur beban parasit.

2. Cara Mengetahui Kebocoran Pelepasan Tegangan Permukaan (Surface Discharge)

 cara mengetahui kebocoran arus pada mobil

Cara kedua untuk mengetahui kebocoran arus pada mobil yaitu dengan pengujian surface dischage. Surface discharge atau kebocoran pelepasan tegangan permukaan terjadi karena ada saluran listrik dengan jumlah kecil yang mengucur antara ke-2 kepala terminal aki (positif dan negatif) lewat permukaan kotak aki. Biasanya, surface discharge terjadi karena kepala aki pada keadaan sedikit lembab, basah, dan kotor (banyak kerak atau debu).

Berikut beberapa langkah pengujian surface discharge

  1. Putar kunci contact ke status OFF, matikan beberapa lampu, AC, dan tutup semua pintu mobil
  2. Persiapkan multimeter digital dan set pada status DC volt
  3. Sambungkan kabel negatif multimeter dengan kepala terminal negative accu
  4. Sambungkan kabel positif multimeter dengan permukaan atas boks aki seperti kelihatan pada gambar di bawah ini
  5. Baca nilai tegangan listrik yang mengucur. Bila tegangan yang mengucur lebih dari 0.5 volt, kerjakan pembersihan permukaan boks aki khususnya pada sisi sekitar kepala terminal aki dan keringkan.

Diatas adalah pembahasan mengenai cara mengetahui kebocoran arus pada mobil yang sering dilakukan. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Kebocoran Arus Pada Mobil : 2 Cara Dan Ulasannya"